Langsung ke konten utama

Pengelompokkan Groupset Sepeda Roadbike dan MTB, Gravel-GRX

 

May 2024

Sedikit upaya untuk membuat shortlist urutan groupset, berdasarkan harga dan level, yang dilakukan dengan market assesment cepat melalui online e-commerce dalam(Indonesia) dan luar negeri.

Saya buat gambaran sedikit.

Pada umumnya sepeda yang dijual di market menggunakan groupset basic, entry dan mid range.

Setelah itu baru ada sedikit enthusiast.

Sedangkan untuk Race dan Pro, ini biasa yang digunakan para atlit.

Roadbike GroupSet rank dari paling atas:

Shimano
DuraAce > Ultegra>105>Tiagra>Sora>Claris

SRAM
Red>Force>Rival>Apex

MTB/gravel GroupSet dari paling atas 

Shimano
XTR>XT>SLX>Deore>Alivio>Acera>Altus>Tourney

SRAM
XX1>X1>X9>X7>X5>X4>X3

Kenapa harganya bisa jauh terpaut, ini selalu masalah bobot, semakin mahal semakin ringan, tapi kekuatan nya sama, jadi material nya yang berbeda, untuk ukuran akan mirip-mirip, maksud ukuran disini adalah jumlah gigi chainring dan sprocket.

Penghematan bobot atau ringan dilakukan dengan cara menggunakan material yang lebih baik, contoh, dari chromoly steel, ke alloy, ke carbon fibre. Dari material saja sudah terpaut jauh harga dasarnya. Pada umumnya groupset high end akan selalu hampir seluruhnya carbon, termasuk baut-bautnya, ini yang membuat harga nya sangat tinggi.



Sedikit dijelaskan tabel diatas, 
  • Young modules atau modulus elastisitas mudahnya adalah ke kakuan.
  • Yield strength adalah kemampuan suatu material di berikan beban dan kembali ke bentuk semula. 
  • Tensile adalah batasan, misal besi kita buat sampai bengkok, berarti sudah melebih tensile. 
  • Elongation adalah persentase bisa mulur sampai berapa ketika di tarik sebelum putus.
  • Densitas mudah itu kepadatan material.


Sedangkan untuk frame ada stainless steel dan titanium yang bobotnya diantara chromoly dan carbon.

Titanium masih tetap lebih berat dari carbon, tetapi lebih enteng dari stainless steel, dengan kekuatan mechanical properties setara atau lebih dari stainless steel. Titanium dan stainless cukup populer di sepeda gravel, tapi tidak di roadbike, roadbike akan dominan carbon fibre. Carbon fibre ini cukup kuat, tapi tidak terlalu kuat atas beban impact, makanya MTB, hanya beberapa manufacturer yang berani membuat frame MTB dari carbon fibre. Sudah banyak kejadian frame MTB terbelah saat jumping atau landed di bike park.

Tapi namanya sepeda, weight adalah faktor yang sangat penting, kenapa? karena saat bersepeda kita dihitung Calorie = Joule / second = Newton meter / second = kg m/s2 meter / second

Ada satuan kg diatas, berarti semakin kecil kg yang kita punya (termasuk berat badan) semakin kecil kalori yang kita bakar, jadi kita bisa bersepeda lebih jauh atau lebih cepat.

Dari tabel dibawah menunjukkan bahwa tiap naik "tingkat" crank "saja" ada selisih 100gram, ya hanya 100gram, tapi ini sangat berpengaruh. Bila lompatannya 2 tingkat dari crank saja, kita bisa saving berat >200gram. Bayangkan crank yang kaki anda berikan torsi, kekuatan sama, tapi 200gram lebih enteng, kita mengayuh pedal bisa ribuan atau ratusan ribu kali, jadi jangan remehkan selisih tipis disini.


Kira-kira dari penjelasan diatas, sudah kebayang kenapa groupset high end sangat mahal? dapat kan ya penjelasan teknikal nya?, bukan gaya-gaya an ya. Toh pada akhirnya yang jadi parameter performa pesepeda adalah average speed atau distance travel in one ride.

Data bobot crank groupset road bike, 11sp, 10sp, 9sp.



Data bobot crank MTB 12 dan 11 sp (dibawah 11 sp terlalu banyak)





bacaan lain tentang sepeda

Cara mengurangi bobot sepeda MTB https://www.27augusta.web.id/2023/11/polygon-heist-x2-diet-bobot-sepeda.html

cara mengurangi bobot roadbike https://www.27augusta.web.id/2024/01/ide-buat-ngurangin-bobot-sepeda-road.html

ukuran ban sepeda https://www.27augusta.web.id/2024/04/macam-macam-ukuran-ban-sepeda-2024.html

heist ganti RD https://www.27augusta.web.id/2024/01/modifikasi-polygon-heist-rear.html

Grandfondo itu 100km ride satu kali jalan https://www.27augusta.web.id/2023/11/grand-fondo-november-2023.html

Ganti crank untuk meningkatkan avg https://www.27augusta.web.id/2022/06/cara-naik-in-average-speed-sepeda-kalau.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Catatan Noob Dad : Denver II Test Perkembangan Kemampuan Motorik, Bahasa, Sosial

Kalau Denver II ini guidance ilmiah, di umur berapa kita expect anak kita melakukan apa. Ya selaen kata orang tua, ini dia guidance nya, dan ga perlu di banding-bandingkan dengan anak tetangga. Karena test ini pun ada persentase nya.

Tujuan Manusia diciptakan adalah untuk beribadah kepada Allah dan mengharapkan Ridho Allah semata

7 Apr 2025 Pernah ada fasa memikirkan apa guna nya hidup di umur kepala 2x, kalau dulu s.d masa kuliah masih no clue, ya banyak impian apalagi hasil tontonan film 90an s.d 2000, hidup menarik sekali, jadi superhero, jadi kaya, bisa beli mainan apa saja. Banyak kegiatan menantang yg bisa di coba, tiap hari bangun punya drive baru untuk dilakukan, punya target baru yg harus dikejar. Semakin tua banyak impian yg bisa, tidak bisa dan ada yg mustahil dicapai, apalagi dari kecil terbiasa result driven, kalau nda dapat apa2 buat apa berusaha. Sulit sekali nanti hanya utk sekedar bangun tidur hari itu saja sudah tidak ada drive apa2 lagi. Nanti ada masa nya, semua drive atau tujuan dunia tidak memenuhi dahaga lagi, disini lah peran agama, ya yg idealnya harus di pupuk sedari kecil, tapi tidak ada kata terlambat, kapan pun kita mulai mendekat ke agama itu memang waktu yg terbaik dan memang Allah yg memberikan hidayahnya. Sekarang ambisi dan agresifitas sudah berkurang di diri saya, kondisi seka...

Kajian Muslim Indonesia Bada Solat Jumat Masjid Amr bin Jundub West Bay Doha Qatar 26 Juli 2024

Ustad Zubair sudah pulang cuti kembali ke lombok, khitbah jumat tentang Ikhtiar sebelum Tawakkal

Buat Paspor Bayi di IMIGRASI BSD Ruko Golden Boulevard

Selasa, 26 Maret 2019 Pagi-pagi modal nekat saja datang (baru kali ini saya minim persiapan seperti ini), mau coba urus paspor anak saya yang masih bayi 2-3bulan, karena  dalam seminggu kedepan akan keluar INDO. Kenapa nekat?karena saat saya goggling, bahwa aturan sekarang, untuk antrian paspor HARUS melalui app  https://play.google.com/store/apps/details?id=id.go.imigrasi.layananwni&hl=en  atau melalui website  https://antrian.imigrasi.go.id/ . Kemaren tanggal Senin, 25 Maret 2019 saya coba keduanya, tidak bisa, karena kuota sudah habis. (info nya, kuota itu dibuka setiap hari JUMAT jam 2 siang sampai dengan MINGGU, untuk hari SENIN-JUMAT berikutnya) Jam 7.30an saya sampai di area Imigrasi BSD (Ruko Golden Boulevard) Di depan pintu kantor imigrasi yang masih tertampang tulisan TUTUP, ada beberapa bapak-bapak dan ibu-ibu lanjut usia yang mau urus paspor juga, dan sama kondisinya dengan saya tidak tau/tidak dapat kuota antri online. Alhamdulillah se...

Ulsan ke Incheon Airport via intercity express bus Ulsan Lotteria

28 Maret 2025 Tulisan kali ini membahas secara brief moda transportasi menggunakan bus express direct dari Ulsan ke Incheon Airport. Schedule flight jam 00.20 29-Maret-2025, karena baru pertama kali jadi safety margin di set sangat lebar, yaitu dengan membeli tiket bus Jam 14.30 tgl 28Mar25 seharaga won 49.100,- di cek menggunakan naver maps waktu perjalanan harusnya 5jam 30an menit. Jika kita stay di akomodasi area Dong-Gu Ulsan (Ulsan sisi selatan timur) maka untuk mencapai Ulsan Intercity Bus Station lebih dekat, dengan biaya taxi 17.000,- an won. sekitar 10 km. Saya bergerak dari lokasi akomodasi saya jam 13.30. Tidak buru2 20-30menit sampai di Ulsan Intercity Bus Station(Lotteria Ulsan) Saya record touch down di Inchen Airport ternyata di Jam 20.33 jadi sekitar 6 jam real perjalanan, ada beberapa kepadatan lalu lintas di jalan tol dekat seoul. Kelebihan lain menggunakan bus dari ulsan adalah tidak perlu banyak pindah moda, cukup naik bus dan duduk manis, langsung sampa...