Langsung ke konten utama

Pengelompokkan Groupset Sepeda Roadbike dan MTB, Gravel-GRX

 

May 2024

Sedikit upaya untuk membuat shortlist urutan groupset, berdasarkan harga dan level, yang dilakukan dengan market assesment cepat melalui online e-commerce dalam(Indonesia) dan luar negeri.

Saya buat gambaran sedikit.

Pada umumnya sepeda yang dijual di market menggunakan groupset basic, entry dan mid range.

Setelah itu baru ada sedikit enthusiast.

Sedangkan untuk Race dan Pro, ini biasa yang digunakan para atlit.

Roadbike GroupSet rank dari paling atas:

Shimano
DuraAce > Ultegra>105>Tiagra>Sora>Claris

SRAM
Red>Force>Rival>Apex

MTB/gravel GroupSet dari paling atas 

Shimano
XTR>XT>SLX>Deore>Alivio>Acera>Altus>Tourney

SRAM
XX1>X1>X9>X7>X5>X4>X3

Kenapa harganya bisa jauh terpaut, ini selalu masalah bobot, semakin mahal semakin ringan, tapi kekuatan nya sama, jadi material nya yang berbeda, untuk ukuran akan mirip-mirip, maksud ukuran disini adalah jumlah gigi chainring dan sprocket.

Penghematan bobot atau ringan dilakukan dengan cara menggunakan material yang lebih baik, contoh, dari chromoly steel, ke alloy, ke carbon fibre. Dari material saja sudah terpaut jauh harga dasarnya. Pada umumnya groupset high end akan selalu hampir seluruhnya carbon, termasuk baut-bautnya, ini yang membuat harga nya sangat tinggi.



Sedikit dijelaskan tabel diatas, 
  • Young modules atau modulus elastisitas mudahnya adalah ke kakuan.
  • Yield strength adalah kemampuan suatu material di berikan beban dan kembali ke bentuk semula. 
  • Tensile adalah batasan, misal besi kita buat sampai bengkok, berarti sudah melebih tensile. 
  • Elongation adalah persentase bisa mulur sampai berapa ketika di tarik sebelum putus.
  • Densitas mudah itu kepadatan material.


Sedangkan untuk frame ada stainless steel dan titanium yang bobotnya diantara chromoly dan carbon.

Titanium masih tetap lebih berat dari carbon, tetapi lebih enteng dari stainless steel, dengan kekuatan mechanical properties setara atau lebih dari stainless steel. Titanium dan stainless cukup populer di sepeda gravel, tapi tidak di roadbike, roadbike akan dominan carbon fibre. Carbon fibre ini cukup kuat, tapi tidak terlalu kuat atas beban impact, makanya MTB, hanya beberapa manufacturer yang berani membuat frame MTB dari carbon fibre. Sudah banyak kejadian frame MTB terbelah saat jumping atau landed di bike park.

Tapi namanya sepeda, weight adalah faktor yang sangat penting, kenapa? karena saat bersepeda kita dihitung Calorie = Joule / second = Newton meter / second = kg m/s2 meter / second

Ada satuan kg diatas, berarti semakin kecil kg yang kita punya (termasuk berat badan) semakin kecil kalori yang kita bakar, jadi kita bisa bersepeda lebih jauh atau lebih cepat.

Dari tabel dibawah menunjukkan bahwa tiap naik "tingkat" crank "saja" ada selisih 100gram, ya hanya 100gram, tapi ini sangat berpengaruh. Bila lompatannya 2 tingkat dari crank saja, kita bisa saving berat >200gram. Bayangkan crank yang kaki anda berikan torsi, kekuatan sama, tapi 200gram lebih enteng, kita mengayuh pedal bisa ribuan atau ratusan ribu kali, jadi jangan remehkan selisih tipis disini.


Kira-kira dari penjelasan diatas, sudah kebayang kenapa groupset high end sangat mahal? dapat kan ya penjelasan teknikal nya?, bukan gaya-gaya an ya. Toh pada akhirnya yang jadi parameter performa pesepeda adalah average speed atau distance travel in one ride.

Data bobot crank groupset road bike, 11sp, 10sp, 9sp.



Data bobot crank MTB 12 dan 11 sp (dibawah 11 sp terlalu banyak)





bacaan lain tentang sepeda

Cara mengurangi bobot sepeda MTB https://www.27augusta.web.id/2023/11/polygon-heist-x2-diet-bobot-sepeda.html

cara mengurangi bobot roadbike https://www.27augusta.web.id/2024/01/ide-buat-ngurangin-bobot-sepeda-road.html

ukuran ban sepeda https://www.27augusta.web.id/2024/04/macam-macam-ukuran-ban-sepeda-2024.html

heist ganti RD https://www.27augusta.web.id/2024/01/modifikasi-polygon-heist-rear.html

Grandfondo itu 100km ride satu kali jalan https://www.27augusta.web.id/2023/11/grand-fondo-november-2023.html

Ganti crank untuk meningkatkan avg https://www.27augusta.web.id/2022/06/cara-naik-in-average-speed-sepeda-kalau.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Qatar Karting Championship 2024 Round 4, Highspeed with M-Shape Track Layout

3-4 Jun 2024 Favorite M-Shape layout by Miss Paige, personally I don't really like it, since I will be dive brake there and everyone will not be happy, I cannot battle the temptation, all my life, and my riding style is late braking, so If you saw me behind you at "warzone" and I'm in battle mode, be cautious, karting is a little "too safe" for me, little scrub will happened. However, if I'm in friendly mode, when battle for 0 zero points, I will let you pass or let you take the turn too safely. During QTT, I got kart no 17, the most fast kart, problem, QTT need to slow down, I want to go to below 10 group, easy group. So I will be able to score some points. Pre final race Warzone, chaos, everybody bumping, just enjoying the ride. Grand Final Honestly I got very bad kart (not trying to make excuse here), position 11 until 20 is ZERO points, so what to do? just finish the race, I have nothing to chase, so next round last round 5, I will do it my way. I al...

Tujuan Manusia diciptakan adalah untuk beribadah kepada Allah dan mengharapkan Ridho Allah semata

7 Apr 2025 Pernah ada fasa memikirkan apa guna nya hidup di umur kepala 2x, kalau dulu s.d masa kuliah masih no clue, ya banyak impian apalagi hasil tontonan film 90an s.d 2000, hidup menarik sekali, jadi superhero, jadi kaya, bisa beli mainan apa saja. Banyak kegiatan menantang yg bisa di coba, tiap hari bangun punya drive baru untuk dilakukan, punya target baru yg harus dikejar. Semakin tua banyak impian yg bisa, tidak bisa dan ada yg mustahil dicapai, apalagi dari kecil terbiasa result driven, kalau nda dapat apa2 buat apa berusaha. Sulit sekali nanti hanya utk sekedar bangun tidur hari itu saja sudah tidak ada drive apa2 lagi. Nanti ada masa nya, semua drive atau tujuan dunia tidak memenuhi dahaga lagi, disini lah peran agama, ya yg idealnya harus di pupuk sedari kecil, tapi tidak ada kata terlambat, kapan pun kita mulai mendekat ke agama itu memang waktu yg terbaik dan memang Allah yg memberikan hidayahnya. Sekarang ambisi dan agresifitas sudah berkurang di diri saya, kondisi seka...

Soluna Matic Tiba - Tiba tidak bisa distarter

13-Juni-17 Pagi hari setelah isi bensin, saya coba start soluna matic saya, wahh ga ada tanda tanda sama sekali. Minta tolong petugas SPBU untuk dorong kepinggir. Saya ingat-ingat apakah karena aki yang sudah berumur. Tapi di bodi aki, tahun 2016 yang ditulis penjual aki dengan spidol. Setelah menunggu sekitar 15 menit, seperti yang disarankan petugas keamanan security "panas aja pak, tar juga bisa lagi". Benar saja, saat kunci kontar di putar langsung bisa starter. Hah?wah aneh sekali.

GoPro Hero 8 Kena Air Laut, Apa Kabarnya?

 29 Jan 2021 Ini punya salah satu customer dia punya hero 7 dan 8. GoPro Hero 7 & 8 yang katanya tahan air laut tanpa casing tambahan, dibawalah berenang di laut. GoPro Hero 7 & 8 are said to be air and sea resistant without additional casing, they can be taken for swimming in the sea. Blepp Tau-tau ga mau nyala lagi it wont turn on anymore GoPro dikirim ke saya untuk di cek, apa isi nya? silahkan disimak. Gopro being sent to me for checking, we will see what inside? keep up with me dear readers. Nah itu dia kondisinya Those picture is the condition Mainboard berkarat putih-putih, utk hero 8 cenderung mainboard saja White rust in the mainboard, for hero 8 tend the rust on the mainboard only. Kalau hero 5 6 7, sering tapi ga selalu, mainboard kena, dan juga LCD juga kena. For hero 5 6 7, often but not always, mainboard damaged and also the LCD screen damaged due to seawater. Solusi? Solution? Kalau sudah begini sih ga ada cara lain selain ganti mainboard, karena percuma di g...

DIY [Do It Yourself] Perbaikan Kisi - kisi Blower AC Mobil Soluna yang patah

Mau share sedikit ilmu yang didapat dari browsing - browsing di internet, Cara hemat dan murah memperbaiki kisi - kisi AC mobil Soluna atau mobil lain yang tipe nya sama / mirip (keluaran tahun 2000 an). Biasanya kisi - kisi jenis ini problemnya adalah sudu - sudu pengarah arah anginnya sudah tidak bisa di perintah bergerak kiri atau kekanan, dan problemnya karena batang penyatu semua sudu - sudu getas dan patah.