Langsung ke konten utama

Mutasi Masuk Samsat Ciputat dari Samsat Jakut/Jakpus Gunung Sahari

1 Agustus 2017


Tulisan ini lanjutan dari proses cabut berkas Sepeda Motor(Roda 2) saya di Samsat Gunung Sahari
Cabut Berkas Motor Mati Pajak 2 Tahun di Samsat Jakarta Utara (Hari 1)
Cabut Berkas Motor Mati Pajak 2 Tahun di Samsat Jakarta Utara (Hari 2)


Jam 7.50 pagi

Sampai di Samsat Ciputat langsung menuju loket lantai 2.
Ruangan cukup nyaman karena AC.
Bundel dokumen yang didapat dari Samsat Gunung Sahari saya letakkan saja di depan loket, hanya ada dokumen saya saja (inilah untungnya datang pagi)


Isi bundel dokumen

1. Arsip dokumen (isinya: STNK asli pertama ada semacam kertas karbonnya, formulir permohonan STNK pertama, mungkin formulir ini pengganti Kartu Induk BPKB sesuai yang ada di checklist formulir B, Faktur Asli, NIK Asli)
2. STNK asli + copy
3. Copy KTP pemilik baru (saya)
4. Kwitansi Pembelian Asli
5. Cek Fisik Asli
6. Fiskal Asli

Catatan : Jangan lupa memfoto kopi sebanyak 2 lembar: 
  • Kwitansi Pembelian
  • Cek Fisik 
karena akan di perlukan untuk urus BPKB nanti di POLDA Komdak Semanggi.

Jam 8.00

Loket buka, diberikan formulir mutasi, kita diminta mengisi data kendaraan dan pemilik baru


  • Diminta biaya Rp.50.000,- (tanpa tanda terima)


Jam 8.27

Saya di beritahu, hari ini ada gangguan koneksi untuk input komputer jadi saya diminta untuk sabar menunggu. Sembari menunggu petugas menyarankan ke lantai 1, ke loket TU dengan membawa bundle berkas tadi.

Serahkan bundle berkas, di TU di perlukan untuk pendataan (saya kurang paham ini pendataan manual atau input komputer? tapi kenapa 2x ya). Ya mengikuti prosedur saja.

Disini menunggu agak lama, yasudah sembari menunggu saya sekalian urus blokir STNK motor lama saya yang sudah saya jual

Loket blokir STNK ada di lantai 2, paling kiri, minta formulir ke petugas, kita disuruh isi.

Yang diperlukan
  • Copy KTP
  • Copy KK (tapi waktu mengurus saya tidak bawa dan bertanya ke petugas apakah harus, petugas membolehkan untuk tidak di sertaka,Alhamdulillah)
  • Materai 6rb
Formulir di isi, materai di tempel dan kita tanda tangan, setelah ini formulir harus di fotocopy.
Fotocopy ada di belakang gedung, kemarin saya fotocopy 1 lembar diminta Rp.1000,-

Kembali lagi ke loket blokir STNK (CPU), serahkan Formulir asli bermaterai + Copy nya, Copy KTP.
Menunggu sebentar, petugas memblokir data kita di komputer, dan fotocopy formulir di tanda tangani petugas dan diberi keterangan tulisan tangan oleh petugas (semacam bukti).

Jam 8.52

Saya kembali lagi ke loket TU lantai 1, ternyata sudah selesai, dikembalikan lagi bundle dokumen, kembali ke lantai 2 loket mutasi. Komputer masih error.

Jam 9.15

Petugas loket mutasi memberitahu input sudah selesai, saya diarahkan ke loket Dispenda di ujung kanan, disini ramai karena berbarengan dengan orang-orang yang bayar pajak tahunan dan 5 tahunan.

Tunggu saja memang agak lama, kalau ada tempat duduk syukur, kalau tidak berdiri saja tapi tidak perlu di depan loket, karena mengganggu orang yang lewat.

Loket dispenda pertama di beri tagihan. Siapkan uang

Menunggu lagi dipanggil kasir
Dipanggil kasir, bayar sejumlah yang tertera. dapat cap di kertas tagihan tadi "LUNAS".
Rincian Biaya
  • PKB (sesuai tiap kendaraan)
  • SWDKLLJ Rp.32.000,- dikali 2 ditambah denda Rp.24.000,-, total Rp.84.000,- mungkin karena SWDKLLJ saya yang terbayar di Samsat sebelumnya cuma s.d. 16 Sep 2016. 2 kali SWDKLLJ ini untuk pembayaran 16 Sep 2016 - 16 Sep2017, serta 16 Sep 2017 - 1 Agustus 2018
  • Biaya Administrasi STNK Rp.100.000,-
  • Biaya Administrasi TNKB Rp. 60.000,- (Plat Nomor)
---------------------------------------------------------
Yang menarik PKB saya naik, karena nilai jual kendaraan atau nilai taksir kendaraan di Tangerang Selatan/ Ciputat ini lebih tinggi 3 kali lipat dari Jakarta, yang dulunya nilai jual di jakarta 3.3juta, ditangerang selatan di taksir 9.6juta.
Dulunya PKB di Jakarta Rp.66.000,- (Pajak 2% dari nilai jual), di Ciputat PKB saya Rp.144.000,-(Pajak 1.5% dari nilai jual)

Saya tahu harga jual taksiran samsat melalui cek PKB online jakarta, caranya saya bahas di link ini: 
http://www.27augusta.com/2017/08/cara-cek-pajak-kendaraan-dan-nilai-jual.html

---------------------------------------------------------
Menunggu lagi dipanggil loket STNK
Dipanggil dan di berikan STNK asli, petugas mengarahkan ke lantai 1 untuk mengurus TNKB atau plat nomor atau "kaleng"

Jam 9.40

Ke Loket TNKB, serahkan STNK kertas yang lembar pajak (yang ada angka-angka PKB, SWDKLLJ, dll)
Menunggu lagi

Jam 9.50

Selesai, Plat nomor dan STNK asli sudah di tangan.

Sambil siap-siap pulang saya cek, waduuuhh, ada kesalahan satu huruf di alamat rumah saya, yang harusnya huruf "I" ditulis jadi angka "1" satu oleh petugas.


Yasudah sabar saja. Urus perbaikan.

Perbaikan pertama ke loket CPU atau komputer di lantai 2, loket yang sama dengan mengurus blokir kendaraan. Disini cuma sebentar karena tidak ada antrian.

Diarahkan lagi ke Lantai 1 bagian TU tadi. Jangan lupa bilang, koreksi komputer di lantai 2 sudah. 

Menunggu, disini agak lama karena ada antrian. Saya kurang paham juga apa yang dilakukan petugas TU. Mungkin mencatat secara manual di semacam pembukuan ya.

Selesai, STNK dikembalikan dengan koreksi di satu huruf yang salah itu semacam di tipe-x dan di tulis manual dengan mesin tik.

Petugas komputer di lantai 2, memberitahu kalau perbaikan ini penting, karena BPKB nanti hanya akan menulis sesuai dengan input di Samsat Ciputat ini, daripada bolak balik dan 2kali koreksi (koreksi STNK & BPKB) lebih baik di perbaiki semua.

Jam 10.30

Semua selesai
Yang didapat STNK asli dengan perbaikan dan Plat Nomor Baru

---------------

Dapat info kalau bisa urus BPKB kolektif di Samsat sini, setelah tanya-tanya, ternyata biaya Jasanya saja Rp.200.000,- diluar biaya cetak BPKB resmi di POLDA Semanggi Rp.225.000, jadi total biaya untuk diuruskan BPKB Rp.425.000,-. 
Saya memutuskan urus sendiri saja toh sudah pernah, uangnya bisa dipakai buat yang lain.

Catatan, jika diwakilkan, misal mengurus pajak kendaraan atas nama kakak atau orang tua satu rumah, baiknya buat surat kuasa diatas materai, dan bawa KTP asli yang mengurus dan KTP atas nama kendaraan, karena saya liat kemarin ada beberapa yang ditolak petugas karena diwakilkan tapi tidak ada bukti surat kuasa dll. Mungkin copy KK jika satu alamat rumah diperbolehkan ya.


Oh iya jangan lupa pakai celana panjang kalau ke kantor-kantor pemerintahan seperti urus pajak, urus KK, urus akte lahir. Ada satu orang yang saya liat sendiri tidak diperbolehkan masuk karena pakai celana pendek.


Lanjut ke Bagian Akhir Hari ke-4 Urus BPKB di POLDA METRO KOMDAK

Hari ke-1

Hari ke-2
Hari ke-3




































Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pompa Air Booster Shimizu PS 135 E Otomatis Bermasalah & Cara Menangulangi nya

Pengunaan pompa air untuk Booster sering kali digunakan untuk rumah bertingkat. Biasanya pompa booster bekerja otomatis, bisa menggunakan pressure switch atau flow switch. Penggunaan pressure switch lebih banyak, karena lebih murah dan kebanyakan sudah merupakan fitur standar dari manufaktur pompa. Kali ini saya akan membagi pengalaman menggunakan Pompa Booster Shimizu PS-135 E menggunakan pressure switch. Pembelian pompa 11 April 2015 sudah cukup berumur 4tahun usianya. Problem yang biasa terjadi untuk pompa booster tipe pressure switch. 1. Pompa On-Off dengan jeda sangat pendek ketika keran di buka 1/4 atau setengah, bahasa lainnya cetak cetek, cetek cetek 2. Pompa On terus tidak pernah mati 3. Pompa tidak mau menyala Kita bahas satu persatu

[JUAL] KYT Alpha Venom Special Edition Doni Tata Pradita #7

28-Feb-2018 Helm yang saya beli dari tahun 2014, cukup awet, dulu dipakai harian dari Fatmawati ke daerah Megakuningan. Tahun itu pilihan helm lokal tidak terlalu banyak, dan KYT Alpha Venom ini salah satu pioner double visor. Kenapa saya memilih double visor, karena terkadang saat pulang kerja ada beberapa jalan yang benar-benar menghadap ke barat, dimana matahari terbenam. Sila

Catatan Noob Dad : Denver II Test Perkembangan Kemampuan Motorik, Bahasa, Sosial

Kalau Denver II ini guidance ilmiah, di umur berapa kita expect anak kita melakukan apa. Ya selaen kata orang tua, ini dia guidance nya, dan ga perlu di banding-bandingkan dengan anak tetangga. Karena test ini pun ada persentase nya.

Substitusi Tutup Arm Supertrack RX-King dengan Vixion

RX King 2001 pakai swing arm supertrack, saat jalan, tutup arm sebelah kiri lepas, karena getaran dan baut (sialnya hanya satu) lambat laun mengendur. Sial nya lagi saat itu saya tidak sadar, jadi hilang lah tutup arm sebelah kiri. Kesalahan saya yang lain adalah, lupa memasang baut double di setelan rantai RX King Supertrack saya, harusnya jika double, baut tidak akan mudah terputar. Saya coba cari apakah ada yang jual tutup arm persis atau produk sparepart supertrack, ternyata sangat sulit, yang tersedia hanya penjualan satu set swing arm, masa iya, hilang tutup arm saja, saya harus beli satu set. Setelah cari-cari dan membandingkan ternyata dimensi tutup arm supertrack RX king hampir sama dengan tutup arm Yamaha New Vixion kode part 1PA-F2174-00. Tes pasang, pas. Bagi teman-teman pengguna RX-King, jika mengalami hal yang sama, bisa jadi opsi, ganti ke tutup New Vixion. Seperti gambar dibawah, perbandingan dimensi tutup arm supertrack dan tutup arm Yamaha  New   ...

Tabel Dinamo Tamiya Mini4WD STB Side Damper STO

Sedikit sharing data tabel dari motor guide tamiya Dibawah tabel tamiya single shaft alias as satu STB Pro boleh memakai tuned series tanpa boleh mengganti brush / arang Side Damper hampir sama tuned series, rev tuned, atomic atau torque tuned, boleh mengganti brush menggunakan batu karbon, terkadang ada beberapa kelas membolehkan light dash Rev tuned biasa digunakan chassis S2 dinamo belakang Torque Tuned digunakan oleh chassis Super FM dinamo depan Dinamo Dibawah adalah untuk double shaft, alias dinamo tengah hanya ada 6 pilihan dari official TAMIYA. STO menggunakan Hyper Dash atau Mach Dash, baik STO pivot atau anchor Tentunya semua dinamo di break-in dulu supaya didapat potensi RPM tertinggi dari dinamo tersebut, dan semua dinamo tidak akan sama persis, tergantung dari kualitas sampai detail terkecilnya, makanya untuk pembalap tamiya yang benar-benar pro, biasanya tiap event akan beli langsung 2 lusin dinamo, alias 24 dinamo, dan di breakin, dan biasanya hanya sekitar 30% yang bisa...