Langsung ke konten utama

Yamaha Mio J ga bisa di starter, jangan buru-buru ganti Aki

 22 Oktober 2022

Yamaha Mio J 2014, dah mayan senior.

Tiba-tiba starter kadang bisa kadang enggak, pas panas lancar bisa starter.

Awalnya saya kira, ah ini sih aki, orang di pencet tombol starter cuma ngek ngek, ga jreng.

Iseng2 ukur voltase aki pake multimeter sanwa


Voltase aki pas mesin lagi nyala 13.7volt (normal lagi di cas berarti sama spul dan kiprok)
motor di matikan, tegangan aki masih di angka 12.7 - 13.2volt (normal juga)

Pencet starter, voltase drop sampai cuma 5V, dan recover lagi ke 12Volt setelah lepas tombol starter.

Wah ini sih kayaknya bukan aki.

Langsung cek bendik (relay) starter.
Fisik sih dah mulai karat2.

Daripada penasaran ke toko sparepart beli bendik starter, yang ori mahal 98rb, jadi beli aspira buat Honda(50rb) saya pastikan dulu bentuk soketnya, sama persis (Harga Balikpapan memang jauh lebih mahal dari Jabodetabek)

ini yang aspira buat honda soket sama aja ama buat yamaha mio J



Ini yang asli




Saya pasang dan so far jadi lancar starter, besok bakal saya verifikasi dengan coba ukur lagi voltase saat tombol starter di pencet, drop tetap ada harusnya tapi ga sampai cuma 5Volt


Berarti bendik sudah banyak pengotor di bagian kontakor nya, membuat hambatan besar yg mengambil semua tenaga aki.


Gambar diatas saya buatkan kira-kira arah arus seperti itu (yang bendik di sederhanakan), padahal aslinya, bendik punya kabel langsung dari aki yang cuma bisa tersambung kalau tombol starter ditekan. 


Kenapa kira2?

karena memperpendek jarak antara aki sebagai sumber utama tegangan besar ke dinamo start, dan memisahkan antara kabel arus besar dengan kabel arus kecil.

berikut skema lengkapnya


28 Oktober 2022
Tambahan saya juga mengganti brush / arang / carbon di dinamo starter

gambar dibawah tutup dinamo start yang ada arang / brush nya. yang kotak itu, dia yang bertugas menghantarkan voltase 12volt dan ampere besar, gesek ke shaft dinamo untuk berputar, jadi yang mempengaruhi adalah kerapatan kontak antara brush dan shaft yang akan menentukan besarnya torsi putar, kalau kurang kontak ya ngek ngek....

Gambar dibawah adalah set carbon brush untuk mio j kode part nya dimulai dengan 54P
saya kebetulan sempat salah beli 5TL untuk mio lama/jupiter/f1zr, nggak bisa. Karena dudukan brush di rumah dinamo nya lebih kecil, arang 54P atau mio J kecil. Jadi jangan salah beli.


Saya juga melakukan pengisian aki kering, ya walaupun AGM atau gell. saya coba isi dengan air aki (demin) bukan yang zuur ya.
karena sepertinya gell nya mulai kering jadi berkurang kemampuan menyimpan tegangan dan arus, seperti baterai basah tapi airnya kering, voltase mungkin terbaca 12V tapi ampere yang misal harusnya 3.5Ah malah sisa 1Ah, sekali pencet starter langsung habis.

Saya cek menggunakan multimeter sanwa, saat standby 12.3volt, saat starter di pencet drop ke 10volt, dan motor bisa di starter. So far aman.

Kesimpulan solusi
1. Ganti Bendik starter (30rb) (pengerjaan dilakukan sendiri)
2. Ganti Arang/Carbon/Brush dinamo start (10rb) + biaya pasang 30rb
3. Isi air aki (beli air aki 10rb) (pengerjaan dilakukan sendiri)

biaya 80rb

dibanding kalau ganti aki baru GS GTZ5 170rb, Yuasa YTZ5 200rb.

Akan dilaporkan perkembangannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pompa Air Booster Shimizu PS 135 E Otomatis Bermasalah & Cara Menangulangi nya

Pengunaan pompa air untuk Booster sering kali digunakan untuk rumah bertingkat. Biasanya pompa booster bekerja otomatis, bisa menggunakan pressure switch atau flow switch. Penggunaan pressure switch lebih banyak, karena lebih murah dan kebanyakan sudah merupakan fitur standar dari manufaktur pompa. Kali ini saya akan membagi pengalaman menggunakan Pompa Booster Shimizu PS-135 E menggunakan pressure switch. Pembelian pompa 11 April 2015 sudah cukup berumur 4tahun usianya. Problem yang biasa terjadi untuk pompa booster tipe pressure switch. 1. Pompa On-Off dengan jeda sangat pendek ketika keran di buka 1/4 atau setengah, bahasa lainnya cetak cetek, cetek cetek 2. Pompa On terus tidak pernah mati 3. Pompa tidak mau menyala Kita bahas satu persatu

[JUAL] KYT Alpha Venom Special Edition Doni Tata Pradita #7

28-Feb-2018 Helm yang saya beli dari tahun 2014, cukup awet, dulu dipakai harian dari Fatmawati ke daerah Megakuningan. Tahun itu pilihan helm lokal tidak terlalu banyak, dan KYT Alpha Venom ini salah satu pioner double visor. Kenapa saya memilih double visor, karena terkadang saat pulang kerja ada beberapa jalan yang benar-benar menghadap ke barat, dimana matahari terbenam. Sila

Catatan Noob Dad : Denver II Test Perkembangan Kemampuan Motorik, Bahasa, Sosial

Kalau Denver II ini guidance ilmiah, di umur berapa kita expect anak kita melakukan apa. Ya selaen kata orang tua, ini dia guidance nya, dan ga perlu di banding-bandingkan dengan anak tetangga. Karena test ini pun ada persentase nya.

Substitusi Tutup Arm Supertrack RX-King dengan Vixion

RX King 2001 pakai swing arm supertrack, saat jalan, tutup arm sebelah kiri lepas, karena getaran dan baut (sialnya hanya satu) lambat laun mengendur. Sial nya lagi saat itu saya tidak sadar, jadi hilang lah tutup arm sebelah kiri. Kesalahan saya yang lain adalah, lupa memasang baut double di setelan rantai RX King Supertrack saya, harusnya jika double, baut tidak akan mudah terputar. Saya coba cari apakah ada yang jual tutup arm persis atau produk sparepart supertrack, ternyata sangat sulit, yang tersedia hanya penjualan satu set swing arm, masa iya, hilang tutup arm saja, saya harus beli satu set. Setelah cari-cari dan membandingkan ternyata dimensi tutup arm supertrack RX king hampir sama dengan tutup arm Yamaha New Vixion kode part 1PA-F2174-00. Tes pasang, pas. Bagi teman-teman pengguna RX-King, jika mengalami hal yang sama, bisa jadi opsi, ganti ke tutup New Vixion. Seperti gambar dibawah, perbandingan dimensi tutup arm supertrack dan tutup arm Yamaha  New   ...

Tabel Dinamo Tamiya Mini4WD STB Side Damper STO

Sedikit sharing data tabel dari motor guide tamiya Dibawah tabel tamiya single shaft alias as satu STB Pro boleh memakai tuned series tanpa boleh mengganti brush / arang Side Damper hampir sama tuned series, rev tuned, atomic atau torque tuned, boleh mengganti brush menggunakan batu karbon, terkadang ada beberapa kelas membolehkan light dash Rev tuned biasa digunakan chassis S2 dinamo belakang Torque Tuned digunakan oleh chassis Super FM dinamo depan Dinamo Dibawah adalah untuk double shaft, alias dinamo tengah hanya ada 6 pilihan dari official TAMIYA. STO menggunakan Hyper Dash atau Mach Dash, baik STO pivot atau anchor Tentunya semua dinamo di break-in dulu supaya didapat potensi RPM tertinggi dari dinamo tersebut, dan semua dinamo tidak akan sama persis, tergantung dari kualitas sampai detail terkecilnya, makanya untuk pembalap tamiya yang benar-benar pro, biasanya tiap event akan beli langsung 2 lusin dinamo, alias 24 dinamo, dan di breakin, dan biasanya hanya sekitar 30% yang bisa...