Langsung ke konten utama

Coba-coba ganti fork depan Sepeda dari RIGID 26 ke Shockbreaker 27.5

14 Sep 2020

Ini benar-benar iseng dan coba-coba, karena ada yang jual Fork depan sepeda pacific ex roda 27.5inch.

Sepeda saya sendiri Senator MTB Road Bike Cross Country, ukuran ban 26 inch (saya tidak akan ganti ban ke 27.5)

Tapi sebelum beli saya pastikan dulu diameter as fork (steer tube) nya.


Pacific fork standard itu sekitar (steer tube) 28.6mm (1 1/8 inch)

Sama persis dengan fork bawaan sepeda saya (hasil ukur 28.8mm) ya sebelas dua belas lah, beda 0.2mm itu setipis kertas.


Sorry editan foto dibawah setengah niat, lagi malas, itu fork sudah terpasang di frame, semua tinggal plug and play, tanpa beli part tambahan.






Dibawah fork lama, sudah terlepas, panjang total for sekitar 60cm, fork pacific panjang total 70cm, jadi ada beda 10cm


Sebelum fork depan diganti

Setelah fork depan diganti
Perubahan;

1. Sepeda jadi lebih tinggi

2. Jarak antara pedal crank dan roda depan jadi ada tambahan, sebelumnya karena frame saya pendek, sering gesek ke sepatu/sendal saat belok U-turn (istilahnya toe overlap), dengan fork baru, jadi ga pernah kena lagi sepatu saya saat belok U-Turn.

3. Yang jadi masalah adalah V-Brake, karena dudukan V Brake fork pacific di posisikan untuk ban diameter 27.5, jadi dengan ban 26, posisi karet rem terlalu tinggi, jadi sulit setel untuk menghindari gesekan ke karet roda. Hasilnya, saya harus melakukan papas ke bibir V-brake arm, dibuat lebih turun (pakai bor tuner). Masalah gesekan ke roda sudah clear.

Masalah lain adalah karena fork shockbreaker ini lebar, membuat V-Brake arm saat melakukan pengereman sangat kedalam, jadi bisa gesek ke karet ban, apalagi nanti kalau karet rem sudah semakin tipis.

Solusi untuk masalah di poin 3 = Ganti Rem Cakram, tapi saya tidak akan lakukan, saya akan tetap mempertahankan V-Brake haha, kenapa? karena tinggal beli karet rem aja lebih sering, yang tetap saja lebih murah daripada upgrade ke rem cakram, harga karet rem satunya max 10rb, berarti bisa sampai ganti 30-40x ganti baru (2set) sama dengan harga upgrade ke rem cakram mekanis hahaha.

*estimasi upgrade ke rem cakram mekanis = 500-600ribu (set cakram, set hub, jari-jari)

tapi menurut saya rem cakram mekanis membuat jari kita harus menggenggam lebih keras saat melakukan rem, karena diameter kontak jadi mengecil (yang tadinya mencengkram velg (diameter 26inch = 660mm), jadi cuma mencengkram cakram/piringan (diameter 160-200mm). 

In nutsheel, cakram Vbrake itu = cakram mekanis menggunakan piringan segede velg. Ya pasti lebih pakem V-Brake. *ini menurut saya, belum tentu benar, saya bukan pakar sepeda.

Jadi kalau mau upgrade harus ke rem cakram hidrolik. (makin saya tidak mau upgrade)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pompa Air Booster Shimizu PS 135 E Otomatis Bermasalah & Cara Menangulangi nya

Pengunaan pompa air untuk Booster sering kali digunakan untuk rumah bertingkat. Biasanya pompa booster bekerja otomatis, bisa menggunakan pressure switch atau flow switch. Penggunaan pressure switch lebih banyak, karena lebih murah dan kebanyakan sudah merupakan fitur standar dari manufaktur pompa. Kali ini saya akan membagi pengalaman menggunakan Pompa Booster Shimizu PS-135 E menggunakan pressure switch. Pembelian pompa 11 April 2015 sudah cukup berumur 4tahun usianya. Problem yang biasa terjadi untuk pompa booster tipe pressure switch. 1. Pompa On-Off dengan jeda sangat pendek ketika keran di buka 1/4 atau setengah, bahasa lainnya cetak cetek, cetek cetek 2. Pompa On terus tidak pernah mati 3. Pompa tidak mau menyala Kita bahas satu persatu

[JUAL] KYT Alpha Venom Special Edition Doni Tata Pradita #7

28-Feb-2018 Helm yang saya beli dari tahun 2014, cukup awet, dulu dipakai harian dari Fatmawati ke daerah Megakuningan. Tahun itu pilihan helm lokal tidak terlalu banyak, dan KYT Alpha Venom ini salah satu pioner double visor. Kenapa saya memilih double visor, karena terkadang saat pulang kerja ada beberapa jalan yang benar-benar menghadap ke barat, dimana matahari terbenam. Sila

Catatan Noob Dad : Denver II Test Perkembangan Kemampuan Motorik, Bahasa, Sosial

Kalau Denver II ini guidance ilmiah, di umur berapa kita expect anak kita melakukan apa. Ya selaen kata orang tua, ini dia guidance nya, dan ga perlu di banding-bandingkan dengan anak tetangga. Karena test ini pun ada persentase nya.

Substitusi Tutup Arm Supertrack RX-King dengan Vixion

RX King 2001 pakai swing arm supertrack, saat jalan, tutup arm sebelah kiri lepas, karena getaran dan baut (sialnya hanya satu) lambat laun mengendur. Sial nya lagi saat itu saya tidak sadar, jadi hilang lah tutup arm sebelah kiri. Kesalahan saya yang lain adalah, lupa memasang baut double di setelan rantai RX King Supertrack saya, harusnya jika double, baut tidak akan mudah terputar. Saya coba cari apakah ada yang jual tutup arm persis atau produk sparepart supertrack, ternyata sangat sulit, yang tersedia hanya penjualan satu set swing arm, masa iya, hilang tutup arm saja, saya harus beli satu set. Setelah cari-cari dan membandingkan ternyata dimensi tutup arm supertrack RX king hampir sama dengan tutup arm Yamaha New Vixion kode part 1PA-F2174-00. Tes pasang, pas. Bagi teman-teman pengguna RX-King, jika mengalami hal yang sama, bisa jadi opsi, ganti ke tutup New Vixion. Seperti gambar dibawah, perbandingan dimensi tutup arm supertrack dan tutup arm Yamaha  New   ...

Tabel Dinamo Tamiya Mini4WD STB Side Damper STO

Sedikit sharing data tabel dari motor guide tamiya Dibawah tabel tamiya single shaft alias as satu STB Pro boleh memakai tuned series tanpa boleh mengganti brush / arang Side Damper hampir sama tuned series, rev tuned, atomic atau torque tuned, boleh mengganti brush menggunakan batu karbon, terkadang ada beberapa kelas membolehkan light dash Rev tuned biasa digunakan chassis S2 dinamo belakang Torque Tuned digunakan oleh chassis Super FM dinamo depan Dinamo Dibawah adalah untuk double shaft, alias dinamo tengah hanya ada 6 pilihan dari official TAMIYA. STO menggunakan Hyper Dash atau Mach Dash, baik STO pivot atau anchor Tentunya semua dinamo di break-in dulu supaya didapat potensi RPM tertinggi dari dinamo tersebut, dan semua dinamo tidak akan sama persis, tergantung dari kualitas sampai detail terkecilnya, makanya untuk pembalap tamiya yang benar-benar pro, biasanya tiap event akan beli langsung 2 lusin dinamo, alias 24 dinamo, dan di breakin, dan biasanya hanya sekitar 30% yang bisa...