Langsung ke konten utama

Perpanjang Istimara Mobil Secara Mandiri di Qatar

31 Oktober 2024

Istimara atau semacam kepemilikan dan kartu kelayakan jalan mobil, di Qatar tidak ada BPKB dan STNK hanya kartu Istimara namanya. dan data tersimpan di server Ministry of Interior, karena terkait dgn pelanggaran tilang dsb nya. Setiap ada jual beli mobil hampir selalu secara instan balik nama terjadi hanya dgn menggunakan app methrash2.

Kebeulan si LC J200 Istimara berakhir di 30 Nov 2024. H-30 sudah bisa proses perpanjang.



Ada 2 syarat untuk mobil diatas 3tahun dari tahun produksi di app methrash2;
1. Perpanjang 3rd party insurance atau asuransi pihak ketiga yg menjamin org lain yg kita tabrak atau senggol, untuk asuransi mobil kita sendiri ini opsional.
2. Fahes check atau inspeksi kendaraan yg dilakukan di Fahes center.

ASURANSI 3RD PARTY
Untuk asuransi cukup cek di methrash2 pojok kanan atas profile kita, tap dan pilih vehicle, akan terlihat nama asuransi, nomor asuransi dan dokumen number.

langsung saja ke web asuransi tsb, untuk contoh saya Qatar insurance Company. langsung cek asuransi kita dan ikuti saja prosedur untuk perpanjang yg bisa dilakukan secara online, biaya saat ini adalah QR600 utk 3rd party insurance. Masa berlaku akan +12bulan dari masa aktif sebelumnya walaupun. dilakukan 1bulan sebelum.

FAHES
Inspeksi utk area doha ada 3 cabang lokasi Wadi Al banat, mesaiimer dan wakra.
Booking atau appointment bisa dilakukan menggunakan app Woqood.
biaya inspeksi untuk mobil QR150.

Fahes yg buka sampai jam 9 malam hanya Wadi Al banat utk saat ini.

Note: saya book jam 19.30, saya sampai terlalu early di jam 18.40, dari petugas disarankan menunggu sampai jam 19.00 saja baru masuk krn sistem hanya bisa 30menit lbh cepat.

saya liat juga mobil2 yg go-show juga banyak karena cukup cepat dan lancar utk keputusan pass atau fail nya.

APA YG DI CEK DI FAHES?
Step 1.
mobil masuk bay pengetesan, pengemudi diminta turun, roda diputar maksimum kekiri (sepertinya melihat fungsi kemudi dan kebocoran di power steering) emisi di cek. seluruh fungsi lampu, klakson, lampu sign.

Step 2.
Mobil maju perlahan ke area brake check
kedua roda depan masuk ke semacam roller dan petugas menginjak rem dgn kuat, monitor akan memperlihatkan kekuatan pengereman, hijau artinya pass. Dilakukan hal sama dgn kedua roda belakang.

Step 3.
Mobil maju lagi ke area akhir, roda depan di posisikan diatas plat yg akan menggoyangkan mobil, bukan hanya goyang tapi di hentak, petugas ada di basement bawah melihat kolong mobil dan sepertinya melakukan cek di integritas kaki2 san chassis.

Selesai.

Jika lolos akan update secara real time di methrash2, jika fail maka akan di beri to do list, sepertinya tes ulang (logikanya ya bayar lagi QR150)

Tahap akhir perpanjang istimara, tinggal ke bagian traffic, vehicle renewal, jika 2 syarat sudah tanda hijau, bisa bayar secara online istimara QR100 jika ambil sendiri kartu di traffic dept. atau +20QR jika mau diantar qatarpost kerumah.

lesson learned: untuk FAHES jika yakin mobil akan pass baiknya lakukan dekat-dekat mas berlaku habis, karena masa berlaku jadi dihitung dari hari dan tgl FAHES dilakukan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pompa Air Booster Shimizu PS 135 E Otomatis Bermasalah & Cara Menangulangi nya

Pengunaan pompa air untuk Booster sering kali digunakan untuk rumah bertingkat. Biasanya pompa booster bekerja otomatis, bisa menggunakan pressure switch atau flow switch. Penggunaan pressure switch lebih banyak, karena lebih murah dan kebanyakan sudah merupakan fitur standar dari manufaktur pompa. Kali ini saya akan membagi pengalaman menggunakan Pompa Booster Shimizu PS-135 E menggunakan pressure switch. Pembelian pompa 11 April 2015 sudah cukup berumur 4tahun usianya. Problem yang biasa terjadi untuk pompa booster tipe pressure switch. 1. Pompa On-Off dengan jeda sangat pendek ketika keran di buka 1/4 atau setengah, bahasa lainnya cetak cetek, cetek cetek 2. Pompa On terus tidak pernah mati 3. Pompa tidak mau menyala Kita bahas satu persatu

[JUAL] KYT Alpha Venom Special Edition Doni Tata Pradita #7

28-Feb-2018 Helm yang saya beli dari tahun 2014, cukup awet, dulu dipakai harian dari Fatmawati ke daerah Megakuningan. Tahun itu pilihan helm lokal tidak terlalu banyak, dan KYT Alpha Venom ini salah satu pioner double visor. Kenapa saya memilih double visor, karena terkadang saat pulang kerja ada beberapa jalan yang benar-benar menghadap ke barat, dimana matahari terbenam. Sila

Catatan Noob Dad : Denver II Test Perkembangan Kemampuan Motorik, Bahasa, Sosial

Kalau Denver II ini guidance ilmiah, di umur berapa kita expect anak kita melakukan apa. Ya selaen kata orang tua, ini dia guidance nya, dan ga perlu di banding-bandingkan dengan anak tetangga. Karena test ini pun ada persentase nya.

Substitusi Tutup Arm Supertrack RX-King dengan Vixion

RX King 2001 pakai swing arm supertrack, saat jalan, tutup arm sebelah kiri lepas, karena getaran dan baut (sialnya hanya satu) lambat laun mengendur. Sial nya lagi saat itu saya tidak sadar, jadi hilang lah tutup arm sebelah kiri. Kesalahan saya yang lain adalah, lupa memasang baut double di setelan rantai RX King Supertrack saya, harusnya jika double, baut tidak akan mudah terputar. Saya coba cari apakah ada yang jual tutup arm persis atau produk sparepart supertrack, ternyata sangat sulit, yang tersedia hanya penjualan satu set swing arm, masa iya, hilang tutup arm saja, saya harus beli satu set. Setelah cari-cari dan membandingkan ternyata dimensi tutup arm supertrack RX king hampir sama dengan tutup arm Yamaha New Vixion kode part 1PA-F2174-00. Tes pasang, pas. Bagi teman-teman pengguna RX-King, jika mengalami hal yang sama, bisa jadi opsi, ganti ke tutup New Vixion. Seperti gambar dibawah, perbandingan dimensi tutup arm supertrack dan tutup arm Yamaha  New   ...

Tabel Dinamo Tamiya Mini4WD STB Side Damper STO

Sedikit sharing data tabel dari motor guide tamiya Dibawah tabel tamiya single shaft alias as satu STB Pro boleh memakai tuned series tanpa boleh mengganti brush / arang Side Damper hampir sama tuned series, rev tuned, atomic atau torque tuned, boleh mengganti brush menggunakan batu karbon, terkadang ada beberapa kelas membolehkan light dash Rev tuned biasa digunakan chassis S2 dinamo belakang Torque Tuned digunakan oleh chassis Super FM dinamo depan Dinamo Dibawah adalah untuk double shaft, alias dinamo tengah hanya ada 6 pilihan dari official TAMIYA. STO menggunakan Hyper Dash atau Mach Dash, baik STO pivot atau anchor Tentunya semua dinamo di break-in dulu supaya didapat potensi RPM tertinggi dari dinamo tersebut, dan semua dinamo tidak akan sama persis, tergantung dari kualitas sampai detail terkecilnya, makanya untuk pembalap tamiya yang benar-benar pro, biasanya tiap event akan beli langsung 2 lusin dinamo, alias 24 dinamo, dan di breakin, dan biasanya hanya sekitar 30% yang bisa...