Langsung ke konten utama

Land Cruiser J200 Indikator ABS dan Rem Tangan Menyala serta suara beep di speedometer

30 Nov 2024
Land Cruiser J200 2010, with 230.xxx kilometer on going.
Suddenly ABS, handbrake indicator and beeeeepppp sound appear for no reason.

The brake pedal felt heavy and no feel of brake booster, the brake also irresponsive.
Succeed to bring back the car home, utilizing manual break pedal together with handbrake, drive slow and maintain safe distance.
-----
Skip to this morning, after scanning google maps and land cruiser facebook group, with little confidence there is something wrong with the brake booster and ABS module, I drive the car to Industrial street 25 gate 24 ABWRQ garage, that claim that they are specialist of brake system and ABS. 

Note: magically when I drove the car to garage (17km), the problem suddenly gone and all work well, like nothing wrong, but still I bring to garage for check. This after inner talk with the car haha, said "calm down I bring you to garage to check, don't be upset" It is work haha.


Reach the garage at around 8.00 in the morning, talk with mechanic (with short uncomplicated word) we both make conclusion that yes the brake booster system, need to be checked, like only 5 minutes the whole brake booster system already taken down, I even haven't complete my packed breakfast. So fast.

Another 5-10 minutes, the system disassembled, they show me the culprit, it is the DC electric motor of the booster, the body mounting made of somekind hard plastic that gone brittle, yea, considering the car already 14 years old, it is reasonable, so solution proposed is to change the whole electric motor complete with the mounting. He offer QR900, I don't bargain, it is just my personal preference, since I have been work as mechanic also, so I now how it felt working on garage like this.

The solution proposed is inline with what I have observed and symptom;
1. The brake pedal when the booster run quite tingling like vibrate too much >> I think it is because the motor rotor move around do to the body mounting brittle
2. Sudden down and sudden normal of the booster system >> perhaps the motor is jammed when it is too inclined inside the motor housing, the bearing condition is good though, but where it is mount is the problem.

around 9.30AM ish all work done, just need to pay the man, only cash accepted, so we go to ATM together, The mechanic name is Ubaid (50272829), he gave the receipt with 15 days warranty, with offer to drink chai before I go.

If you have similar problem with your brake system ABS, any brand of car this ABRWQ is a place to go, they are indeed specialist.

Just a suggestion to cover your car carpet with paper and expect some dirty oil hand and shoes sole, because yea we work with mechanic with brake oil, we don't go to the mall that clean all the time.









Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pompa Air Booster Shimizu PS 135 E Otomatis Bermasalah & Cara Menangulangi nya

Pengunaan pompa air untuk Booster sering kali digunakan untuk rumah bertingkat. Biasanya pompa booster bekerja otomatis, bisa menggunakan pressure switch atau flow switch. Penggunaan pressure switch lebih banyak, karena lebih murah dan kebanyakan sudah merupakan fitur standar dari manufaktur pompa. Kali ini saya akan membagi pengalaman menggunakan Pompa Booster Shimizu PS-135 E menggunakan pressure switch. Pembelian pompa 11 April 2015 sudah cukup berumur 4tahun usianya. Problem yang biasa terjadi untuk pompa booster tipe pressure switch. 1. Pompa On-Off dengan jeda sangat pendek ketika keran di buka 1/4 atau setengah, bahasa lainnya cetak cetek, cetek cetek 2. Pompa On terus tidak pernah mati 3. Pompa tidak mau menyala Kita bahas satu persatu

[JUAL] KYT Alpha Venom Special Edition Doni Tata Pradita #7

28-Feb-2018 Helm yang saya beli dari tahun 2014, cukup awet, dulu dipakai harian dari Fatmawati ke daerah Megakuningan. Tahun itu pilihan helm lokal tidak terlalu banyak, dan KYT Alpha Venom ini salah satu pioner double visor. Kenapa saya memilih double visor, karena terkadang saat pulang kerja ada beberapa jalan yang benar-benar menghadap ke barat, dimana matahari terbenam. Sila

Catatan Noob Dad : Denver II Test Perkembangan Kemampuan Motorik, Bahasa, Sosial

Kalau Denver II ini guidance ilmiah, di umur berapa kita expect anak kita melakukan apa. Ya selaen kata orang tua, ini dia guidance nya, dan ga perlu di banding-bandingkan dengan anak tetangga. Karena test ini pun ada persentase nya.

Substitusi Tutup Arm Supertrack RX-King dengan Vixion

RX King 2001 pakai swing arm supertrack, saat jalan, tutup arm sebelah kiri lepas, karena getaran dan baut (sialnya hanya satu) lambat laun mengendur. Sial nya lagi saat itu saya tidak sadar, jadi hilang lah tutup arm sebelah kiri. Kesalahan saya yang lain adalah, lupa memasang baut double di setelan rantai RX King Supertrack saya, harusnya jika double, baut tidak akan mudah terputar. Saya coba cari apakah ada yang jual tutup arm persis atau produk sparepart supertrack, ternyata sangat sulit, yang tersedia hanya penjualan satu set swing arm, masa iya, hilang tutup arm saja, saya harus beli satu set. Setelah cari-cari dan membandingkan ternyata dimensi tutup arm supertrack RX king hampir sama dengan tutup arm Yamaha New Vixion kode part 1PA-F2174-00. Tes pasang, pas. Bagi teman-teman pengguna RX-King, jika mengalami hal yang sama, bisa jadi opsi, ganti ke tutup New Vixion. Seperti gambar dibawah, perbandingan dimensi tutup arm supertrack dan tutup arm Yamaha  New   ...

Tabel Dinamo Tamiya Mini4WD STB Side Damper STO

Sedikit sharing data tabel dari motor guide tamiya Dibawah tabel tamiya single shaft alias as satu STB Pro boleh memakai tuned series tanpa boleh mengganti brush / arang Side Damper hampir sama tuned series, rev tuned, atomic atau torque tuned, boleh mengganti brush menggunakan batu karbon, terkadang ada beberapa kelas membolehkan light dash Rev tuned biasa digunakan chassis S2 dinamo belakang Torque Tuned digunakan oleh chassis Super FM dinamo depan Dinamo Dibawah adalah untuk double shaft, alias dinamo tengah hanya ada 6 pilihan dari official TAMIYA. STO menggunakan Hyper Dash atau Mach Dash, baik STO pivot atau anchor Tentunya semua dinamo di break-in dulu supaya didapat potensi RPM tertinggi dari dinamo tersebut, dan semua dinamo tidak akan sama persis, tergantung dari kualitas sampai detail terkecilnya, makanya untuk pembalap tamiya yang benar-benar pro, biasanya tiap event akan beli langsung 2 lusin dinamo, alias 24 dinamo, dan di breakin, dan biasanya hanya sekitar 30% yang bisa...