Langsung ke konten utama

ICTC Friday Ride from Lusail Metro - Finish at Qatar Touring Car and Superstock Championship Round-2





ICTC Friday Ride from Lusail Metro - Finish at Qatar Touring Car and Superstock Championship Round-2, Lusail International Circuit, lucky to get invitation to pitstop/paddock area.

Little bit talk about this championship.
Racing talk about Safety, Rules and Consistency.

First we talk about consistency, as you can see on above round-1 result, since I love Lotus Elise, this car become my center of attention, beauty curve, small, agile, with powerful engine. Car number (1) able to record fast lap almost the same as 1st winner, 2:20.804, means this car have potential to be a winner car. However, seems the car or the driver inconsistent, only able to record 8laps, seems it tends to mechanical failure. Means the driver also good and have potential, he drive fast though.

TOP SPEED

These car that compete QTCC have it all, beauty, curve, power and SPEED!
213km/hour top speed at the straight line in grand stand of Lusail Circuit, she roarrr!!!
96 Honda S2000
42 Honda Civic (not sure which one, Genio, EK9 or Type R)
5 Honda S2000
89 Acura RSX Type S (still honda)
11 Honda Civic
1 Lotus Elise (finally non HONDA)

Oke Soichiro, for this case, you won, eventhough I'm Yamaha beliefs, yes Honda is great, you earn it. (but Honda motorcycle below 200cc, still shame though hahahahaa also motogp 2023-2024, you need to rise from your grave to spank your current 2023-2024 engineers!)


NEXT, We go to boring things, it is rules, rules, rules!





I extract small fraction of racing rule book, which subject that I really interest to, it is technical rules, yes I'm Nerd Engineer!.

Checked the rules, seems there will be HP/weight ratio that will be optimum, as per book, engine NA (Naturally Aspirated) or TA (Turbocharged Aspirated), but turbo shall be standard not tweaked even the boost pressure, bore able to oversize until 0.5mm (OS500).

Finally i read the sacred word in rules! "FREE" camshaft and pulley FREEE, COMPRESSION RATIO FREE, VALVEs freee, gear ratio free, coil, ECU free, crankshaft, rod free!



STROKE remain standardd boooo!!



Lastly the most important thing, SAFETY, many section ruling this.
One thing that excite me about the fuel tank, it still allowed to use standard fuel tank, buat need to be modified in certain way, so there will be no surge, leak shall be contained, via "safety or foam-filled bladder tank.



Racing is interesting, it is almost like doing Rotating Engineering jobs, it is easy right, just all about budget! hahahahaa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pompa Air Booster Shimizu PS 135 E Otomatis Bermasalah & Cara Menangulangi nya

Pengunaan pompa air untuk Booster sering kali digunakan untuk rumah bertingkat. Biasanya pompa booster bekerja otomatis, bisa menggunakan pressure switch atau flow switch. Penggunaan pressure switch lebih banyak, karena lebih murah dan kebanyakan sudah merupakan fitur standar dari manufaktur pompa. Kali ini saya akan membagi pengalaman menggunakan Pompa Booster Shimizu PS-135 E menggunakan pressure switch. Pembelian pompa 11 April 2015 sudah cukup berumur 4tahun usianya. Problem yang biasa terjadi untuk pompa booster tipe pressure switch. 1. Pompa On-Off dengan jeda sangat pendek ketika keran di buka 1/4 atau setengah, bahasa lainnya cetak cetek, cetek cetek 2. Pompa On terus tidak pernah mati 3. Pompa tidak mau menyala Kita bahas satu persatu

[JUAL] KYT Alpha Venom Special Edition Doni Tata Pradita #7

28-Feb-2018 Helm yang saya beli dari tahun 2014, cukup awet, dulu dipakai harian dari Fatmawati ke daerah Megakuningan. Tahun itu pilihan helm lokal tidak terlalu banyak, dan KYT Alpha Venom ini salah satu pioner double visor. Kenapa saya memilih double visor, karena terkadang saat pulang kerja ada beberapa jalan yang benar-benar menghadap ke barat, dimana matahari terbenam. Sila

Catatan Noob Dad : Denver II Test Perkembangan Kemampuan Motorik, Bahasa, Sosial

Kalau Denver II ini guidance ilmiah, di umur berapa kita expect anak kita melakukan apa. Ya selaen kata orang tua, ini dia guidance nya, dan ga perlu di banding-bandingkan dengan anak tetangga. Karena test ini pun ada persentase nya.

Substitusi Tutup Arm Supertrack RX-King dengan Vixion

RX King 2001 pakai swing arm supertrack, saat jalan, tutup arm sebelah kiri lepas, karena getaran dan baut (sialnya hanya satu) lambat laun mengendur. Sial nya lagi saat itu saya tidak sadar, jadi hilang lah tutup arm sebelah kiri. Kesalahan saya yang lain adalah, lupa memasang baut double di setelan rantai RX King Supertrack saya, harusnya jika double, baut tidak akan mudah terputar. Saya coba cari apakah ada yang jual tutup arm persis atau produk sparepart supertrack, ternyata sangat sulit, yang tersedia hanya penjualan satu set swing arm, masa iya, hilang tutup arm saja, saya harus beli satu set. Setelah cari-cari dan membandingkan ternyata dimensi tutup arm supertrack RX king hampir sama dengan tutup arm Yamaha New Vixion kode part 1PA-F2174-00. Tes pasang, pas. Bagi teman-teman pengguna RX-King, jika mengalami hal yang sama, bisa jadi opsi, ganti ke tutup New Vixion. Seperti gambar dibawah, perbandingan dimensi tutup arm supertrack dan tutup arm Yamaha  New   ...

Tabel Dinamo Tamiya Mini4WD STB Side Damper STO

Sedikit sharing data tabel dari motor guide tamiya Dibawah tabel tamiya single shaft alias as satu STB Pro boleh memakai tuned series tanpa boleh mengganti brush / arang Side Damper hampir sama tuned series, rev tuned, atomic atau torque tuned, boleh mengganti brush menggunakan batu karbon, terkadang ada beberapa kelas membolehkan light dash Rev tuned biasa digunakan chassis S2 dinamo belakang Torque Tuned digunakan oleh chassis Super FM dinamo depan Dinamo Dibawah adalah untuk double shaft, alias dinamo tengah hanya ada 6 pilihan dari official TAMIYA. STO menggunakan Hyper Dash atau Mach Dash, baik STO pivot atau anchor Tentunya semua dinamo di break-in dulu supaya didapat potensi RPM tertinggi dari dinamo tersebut, dan semua dinamo tidak akan sama persis, tergantung dari kualitas sampai detail terkecilnya, makanya untuk pembalap tamiya yang benar-benar pro, biasanya tiap event akan beli langsung 2 lusin dinamo, alias 24 dinamo, dan di breakin, dan biasanya hanya sekitar 30% yang bisa...