Langsung ke konten utama

Ganti Seal Oli dan Seal Debu Shockbreaker Depan Yamaha RX King 2001

24 November 2018

Sudah agak lemah terasa, bantingan shockbreaker Rx King 2001 saya sudah tidak nyaman, memang sudah terlihat dengan mata, diarea suling / batang shock yang chrome ada oli rembes yang melapisi, ini merupakan tanda-tanda shockbreaker tipe teleskopik bocor. 

Dipengaruhi umur seal karet yang sudah uzur membuat karet getas dan tidak memiliki kemampuan mencengkram batang shock dengan baik. Juga tingkat kebersihan, karena bagian ini terpapar langsung udara luar.

Solusi. Ganti Seal.


Saya sempat coba kerjakan sendiri, tapi karena keterbatasan, alat saya urungkan, kalau untuk sekedar ganti seal shockbreaker motor bebek lebih simple dan gampang, tidak perlu alat khusus. Untuk motor sport/laki ternyata harus pakai kunci khusus yang memiliki panjang yang cukup untuk mencapai mur di bagian dasar bagian bawah tabung shock depan.

Disamping itu saya juga tidak punya kunci L Hex ukuran 12 (besar sekali) untuk membuka tutup shock depan bagian atas. Saya coba tanya ke toko tools, untuk kunci L ukuran besar ini harganya lumayan mencapai delapan puluh ribu rupiah, mending sekalian ke bengkel saja buat mereka kerjakan, toh siklus ganti seal shock mungkin 2-3tahunan.

Oh iya, untuk part list
Rx King 2002 sampai dengan 2008
Seal Dust atau Sil Debu 3HB-F3144-00 Harga di Yamaha Catalog Rp.33.000,- per pcs
Seal Oil atau Sil Oli 3HB-F3145-00 Harga di Yamaha Catalog Rp.46.000,- per pcs

Takaran Oli standar adalah 177ml didapat dari berbagai sumber

Pengerjaan saya serahkan ke bengkel spesialis service shock di daerah WR Supratman Ciputat

Maps nya ada di bawah



Proses pengerjaan kira kira 1.5jam, biaya bongkar pasang termasuk oli khusus dari mereka adalah seratus ribu rupiah.

Oli diberikan takaran 200ml. 13% Lebih banyak dari standar 177ml. Efeknya gerakan naik turun shock lebih lambat (rebound lambat).



Seperti terlihat difoto diatas, ada kunci khusus yang panjang untuk cabut baut L hex bagian tabung bottom shockbreaker depan.

Dari proses pengerjaan yang saya perhatikan, terlihat kalau bengkel ini memang sudah cukup berpengalaman mengurus shockbreaker, tidak ada proses bingung langkah dan part-part sensitif yang harus dijaga kebersihannya diberi perhatian khusus.

Suling atau batang shock chrome, diperhatikan benar, dan gores-gores bawaan coba dihaluskan dengan amplas halus + semacam cairan.

Saya cukup puas.

Saat proses bongkar, cukup sulit melepas sil oli yang lama, karena sudah bertahun. Setelah lepas bagian dudukan sil di amplas halus, dibersihkan.

Oh iya karena sil debu saya beli bukan yang orisinil, tapi substitusi punya Suzuki Thunder 125, ada penyesuaian yang harus di lakukan, bibir sil debu di papas gerinda dikit agak pas masuk ke tabung shock.

Clip sil oli juga sempat patah, saya carikan saja ketoko sparepart terdekat, walaupun saran dari bengkel ini tidak perlu pakai clip sebenarnya clip hanya sebagai pengaman, tapi saya kurang yakin jadi mending diganti clip baru.

Selesai pengerjaan, saya rasakan perbedaan yang signifikan, shock lebih mantap atau ajeg, tidak ambles seperti sebelumnya, dan bagian suling/batang shock tidak ada cairan rembes lagi.



Komentar

  1. Sebenarnya gak harus juga pakai kunci L untuk buka tutup tabung atas..caranya pakai mur baut sesuai ukuran tutup tabung..setelah mur baut dikencangkan..baru buka pakai kunci sok / ring...untuk buka suling..pakai baut 10 yg dilas dgn besi panjang...semoga bermanfaat

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tujuan Manusia diciptakan adalah untuk beribadah kepada Allah dan mengharapkan Ridho Allah semata

7 Apr 2025 Pernah ada fasa memikirkan apa guna nya hidup di umur kepala 2x, kalau dulu s.d masa kuliah masih no clue, ya banyak impian apalagi hasil tontonan film 90an s.d 2000, hidup menarik sekali, jadi superhero, jadi kaya, bisa beli mainan apa saja. Banyak kegiatan menantang yg bisa di coba, tiap hari bangun punya drive baru untuk dilakukan, punya target baru yg harus dikejar. Semakin tua banyak impian yg bisa, tidak bisa dan ada yg mustahil dicapai, apalagi dari kecil terbiasa result driven, kalau nda dapat apa2 buat apa berusaha. Sulit sekali nanti hanya utk sekedar bangun tidur hari itu saja sudah tidak ada drive apa2 lagi. Nanti ada masa nya, semua drive atau tujuan dunia tidak memenuhi dahaga lagi, disini lah peran agama, ya yg idealnya harus di pupuk sedari kecil, tapi tidak ada kata terlambat, kapan pun kita mulai mendekat ke agama itu memang waktu yg terbaik dan memang Allah yg memberikan hidayahnya. Sekarang ambisi dan agresifitas sudah berkurang di diri saya, kondisi seka...

Macam-macam ukuran ban sepeda 2024 reference Schwalbe

16 April 2024 Drop Bar & Hybrid Ban 700C RB Gravel Komuter Ban nya roadbike , tapi sepeda komuter dan sepeda gravel juga Pada umumnya ban 700c yang tipis dan slick (tanpa pola) bagus untuk kecepatan di jalan yang mulus. Ukuran 23mm, 25mm , 32mm biasa terpakai di roadbike, saya sendiri menggunakan 28mm karena jalanan Indonesia tidak terlalu mulus, dari pengalaman jarang bocor karena ban lebih tebal daripada 23mm (pure roadbike).  

Share : Perbaikan Kaki - kaki Toyota Soluna September 2014

3 September 2014 Setelah ga nyaman dengar suara gluduk-gluduk dari bagian roda kiri dan kanan si luna, akhirnya menyempatkan juga buat jajan part kaki - kaki.  Kebetulan sebelumnya setelah servis 140.000km di Auto2000 cilandak, di kasih masukan oleh technical advisor Pak Oleh kalo balljoint getas & shockbreaker sudah lemah juga boot drive shaft kanan robek. Terimakasih juga sudah di kasih list sparepart yang mesti di ganti, berhubung di auto2000 ga ready stock, jadi beli sendiri aja, disamping itu kalo beli sendiri ada selisih harga. Setelah dapet referensi dan search - search di google, diputuskan untuk beli sparepart nya di Alam Motor Duta Mas ITC Fatmawati Jakarta Selatan, sebelum kesana telpon dulu ke Pak Sugeng di 02172793719 buat estimasi harga dan biar partnya di siapin. Oh iya biar ga bingung, posisi alam motor itu gampang banget, di bagian terluar dari toko - toko onderdil.

Wifi GoPro Hero 4 5 6 7 Tidak Menyala

Paling sering di tanyain, wifi saya ga mau nyala, LED biru(hero4) ga idup dll dll. Kadang pas kita simpan GoPro, dengan keadaan batre terlepas, wifi identification didalam GoPro itu terhapus, karena batre CMOS di mainboard GoPro sudah habis atau ada error minor di hape atau gopro nya. Sama hal nya dengan Wifi yang coba di on, eh tau tau balik off sendiri (ini karena wifi tidak ada identitas maka dia tidak mau di hidupkan sebelum di pairing lagi, ga usah panik, biasa ajaa hehehe. Solusinya simple; Hidupkan GoPro, masuk ke setup (gambar gear) Reset Camera Reset Wifi Di smartphone (forget smua hasil wifi pairing gopro), khusus utk Iphone, forget juga pairing bluetooth dengan gopro. Selanjutnya; Masuk Ke setup - wifi, Pair, to gopro app Lakukan proses Pairing seperti biasa Masukkan Pin Code yang tertera di LCD depan atau LCD belakang Pair Accepted Kasih nama baru dan password baru Selesai  Error lagi? ulangi aja cara di atas sampai bosan hehehe Khusus untu...

Bongkar GoPro Hero 5 - Touch Screen Tidak Fungsi

15 Februari 2018 Hero 5 yang dibongkar punya masalah di bagian LCD belakang, LCD belakang yang seharusnya punya fungsi touch screen tidak respon terhadap sentuhan tangan.