Langsung ke konten utama

Ganti Seal Oli dan Seal Debu Shockbreaker Depan Yamaha RX King 2001

24 November 2018

Sudah agak lemah terasa, bantingan shockbreaker Rx King 2001 saya sudah tidak nyaman, memang sudah terlihat dengan mata, diarea suling / batang shock yang chrome ada oli rembes yang melapisi, ini merupakan tanda-tanda shockbreaker tipe teleskopik bocor. 

Dipengaruhi umur seal karet yang sudah uzur membuat karet getas dan tidak memiliki kemampuan mencengkram batang shock dengan baik. Juga tingkat kebersihan, karena bagian ini terpapar langsung udara luar.

Solusi. Ganti Seal.


Saya sempat coba kerjakan sendiri, tapi karena keterbatasan, alat saya urungkan, kalau untuk sekedar ganti seal shockbreaker motor bebek lebih simple dan gampang, tidak perlu alat khusus. Untuk motor sport/laki ternyata harus pakai kunci khusus yang memiliki panjang yang cukup untuk mencapai mur di bagian dasar bagian bawah tabung shock depan.

Disamping itu saya juga tidak punya kunci L Hex ukuran 12 (besar sekali) untuk membuka tutup shock depan bagian atas. Saya coba tanya ke toko tools, untuk kunci L ukuran besar ini harganya lumayan mencapai delapan puluh ribu rupiah, mending sekalian ke bengkel saja buat mereka kerjakan, toh siklus ganti seal shock mungkin 2-3tahunan.

Oh iya, untuk part list
Rx King 2002 sampai dengan 2008
Seal Dust atau Sil Debu 3HB-F3144-00 Harga di Yamaha Catalog Rp.33.000,- per pcs
Seal Oil atau Sil Oli 3HB-F3145-00 Harga di Yamaha Catalog Rp.46.000,- per pcs

Takaran Oli standar adalah 177ml didapat dari berbagai sumber

Pengerjaan saya serahkan ke bengkel spesialis service shock di daerah WR Supratman Ciputat

Maps nya ada di bawah



Proses pengerjaan kira kira 1.5jam, biaya bongkar pasang termasuk oli khusus dari mereka adalah seratus ribu rupiah.

Oli diberikan takaran 200ml. 13% Lebih banyak dari standar 177ml. Efeknya gerakan naik turun shock lebih lambat (rebound lambat).



Seperti terlihat difoto diatas, ada kunci khusus yang panjang untuk cabut baut L hex bagian tabung bottom shockbreaker depan.

Dari proses pengerjaan yang saya perhatikan, terlihat kalau bengkel ini memang sudah cukup berpengalaman mengurus shockbreaker, tidak ada proses bingung langkah dan part-part sensitif yang harus dijaga kebersihannya diberi perhatian khusus.

Suling atau batang shock chrome, diperhatikan benar, dan gores-gores bawaan coba dihaluskan dengan amplas halus + semacam cairan.

Saya cukup puas.

Saat proses bongkar, cukup sulit melepas sil oli yang lama, karena sudah bertahun. Setelah lepas bagian dudukan sil di amplas halus, dibersihkan.

Oh iya karena sil debu saya beli bukan yang orisinil, tapi substitusi punya Suzuki Thunder 125, ada penyesuaian yang harus di lakukan, bibir sil debu di papas gerinda dikit agak pas masuk ke tabung shock.

Clip sil oli juga sempat patah, saya carikan saja ketoko sparepart terdekat, walaupun saran dari bengkel ini tidak perlu pakai clip sebenarnya clip hanya sebagai pengaman, tapi saya kurang yakin jadi mending diganti clip baru.

Selesai pengerjaan, saya rasakan perbedaan yang signifikan, shock lebih mantap atau ajeg, tidak ambles seperti sebelumnya, dan bagian suling/batang shock tidak ada cairan rembes lagi.



Komentar

  1. Sebenarnya gak harus juga pakai kunci L untuk buka tutup tabung atas..caranya pakai mur baut sesuai ukuran tutup tabung..setelah mur baut dikencangkan..baru buka pakai kunci sok / ring...untuk buka suling..pakai baut 10 yg dilas dgn besi panjang...semoga bermanfaat

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pompa Air Booster Shimizu PS 135 E Otomatis Bermasalah & Cara Menangulangi nya

Pengunaan pompa air untuk Booster sering kali digunakan untuk rumah bertingkat. Biasanya pompa booster bekerja otomatis, bisa menggunakan pressure switch atau flow switch. Penggunaan pressure switch lebih banyak, karena lebih murah dan kebanyakan sudah merupakan fitur standar dari manufaktur pompa. Kali ini saya akan membagi pengalaman menggunakan Pompa Booster Shimizu PS-135 E menggunakan pressure switch. Pembelian pompa 11 April 2015 sudah cukup berumur 4tahun usianya. Problem yang biasa terjadi untuk pompa booster tipe pressure switch. 1. Pompa On-Off dengan jeda sangat pendek ketika keran di buka 1/4 atau setengah, bahasa lainnya cetak cetek, cetek cetek 2. Pompa On terus tidak pernah mati 3. Pompa tidak mau menyala Kita bahas satu persatu

[JUAL] KYT Alpha Venom Special Edition Doni Tata Pradita #7

28-Feb-2018 Helm yang saya beli dari tahun 2014, cukup awet, dulu dipakai harian dari Fatmawati ke daerah Megakuningan. Tahun itu pilihan helm lokal tidak terlalu banyak, dan KYT Alpha Venom ini salah satu pioner double visor. Kenapa saya memilih double visor, karena terkadang saat pulang kerja ada beberapa jalan yang benar-benar menghadap ke barat, dimana matahari terbenam. Sila

Catatan Noob Dad : Denver II Test Perkembangan Kemampuan Motorik, Bahasa, Sosial

Kalau Denver II ini guidance ilmiah, di umur berapa kita expect anak kita melakukan apa. Ya selaen kata orang tua, ini dia guidance nya, dan ga perlu di banding-bandingkan dengan anak tetangga. Karena test ini pun ada persentase nya.

Substitusi Tutup Arm Supertrack RX-King dengan Vixion

RX King 2001 pakai swing arm supertrack, saat jalan, tutup arm sebelah kiri lepas, karena getaran dan baut (sialnya hanya satu) lambat laun mengendur. Sial nya lagi saat itu saya tidak sadar, jadi hilang lah tutup arm sebelah kiri. Kesalahan saya yang lain adalah, lupa memasang baut double di setelan rantai RX King Supertrack saya, harusnya jika double, baut tidak akan mudah terputar. Saya coba cari apakah ada yang jual tutup arm persis atau produk sparepart supertrack, ternyata sangat sulit, yang tersedia hanya penjualan satu set swing arm, masa iya, hilang tutup arm saja, saya harus beli satu set. Setelah cari-cari dan membandingkan ternyata dimensi tutup arm supertrack RX king hampir sama dengan tutup arm Yamaha New Vixion kode part 1PA-F2174-00. Tes pasang, pas. Bagi teman-teman pengguna RX-King, jika mengalami hal yang sama, bisa jadi opsi, ganti ke tutup New Vixion. Seperti gambar dibawah, perbandingan dimensi tutup arm supertrack dan tutup arm Yamaha  New   ...

Tabel Dinamo Tamiya Mini4WD STB Side Damper STO

Sedikit sharing data tabel dari motor guide tamiya Dibawah tabel tamiya single shaft alias as satu STB Pro boleh memakai tuned series tanpa boleh mengganti brush / arang Side Damper hampir sama tuned series, rev tuned, atomic atau torque tuned, boleh mengganti brush menggunakan batu karbon, terkadang ada beberapa kelas membolehkan light dash Rev tuned biasa digunakan chassis S2 dinamo belakang Torque Tuned digunakan oleh chassis Super FM dinamo depan Dinamo Dibawah adalah untuk double shaft, alias dinamo tengah hanya ada 6 pilihan dari official TAMIYA. STO menggunakan Hyper Dash atau Mach Dash, baik STO pivot atau anchor Tentunya semua dinamo di break-in dulu supaya didapat potensi RPM tertinggi dari dinamo tersebut, dan semua dinamo tidak akan sama persis, tergantung dari kualitas sampai detail terkecilnya, makanya untuk pembalap tamiya yang benar-benar pro, biasanya tiap event akan beli langsung 2 lusin dinamo, alias 24 dinamo, dan di breakin, dan biasanya hanya sekitar 30% yang bisa...