Langsung ke konten utama

Tambal Ban Sistem Patch Tiptop atau dari dalam area Ciputat Bintaro

23 Mei 2018

Mumpung waktu kerja selesai lebih awal jadi sempet deh ngurus si Luna.
Sudah dari lama niat rotasi ban, karena ban belakang lebih muda umurnya 1 tahun.

Sambil nunggu waktu berbuka, bawa mobil ke tempat service ban



Namanya Zefa Ban, Lokasinya disebelah RM Melayu Deli







Penampilannya sih kayak tambal ban pinggir jalan biasa.
Tapi kalau sudah liat sendiri baru tau kalau ini bukan tempat tambal ban biasa, ini udah semacam wheel and tire service. Alat-alatnya ngalah-ngalahin bengkel gede yang menang modal tempat tunggu AC doang hahaha.


Oke dia punya alat pneumatic (pake kompresor udara) untuk melepas ban, jadi kagak ada cerita di congkel-congkel sampe bopeng itu velg.
Mesin Pembuka Ban
Oh iya sebelum didudukin di mesin pelepas ban ini, dari awal di kerjakan, baut-baut roda dilepasin bukan dengan kunci manual, tapi pake kunci pneumatic juga. Saya udah kesengsem ini melihat alat-alat dia. 

Kelebihan pakai kunci angin (pneumatic) adalah torsi pada saat melepas dan mengencangkan baut tidak berlebihan karena kunci pneumatic ada auto release kalau torsi melewati setelan, ga usah takut mur sleg atau baut sampai patah. Kagak ada istilah pake kunci manual terus nyuruh kenek ambil besi panjang buat ngencengin (so primitive) hahaha.

Saya ada keluhan juga roda kanan depan bocor halus, di cari lah pelan-pelan. Kalau metode cari bocor ya dah saklek dari sono nya. Di kasih air sabun, lihat buih-buih, kalo ga ketemu juga, pakai tahap kedua yaitu di tenggelemin di air, dicari gelembung-gelembung udara. Pas banget untuk ban saya bocor nya sehalus jarum, asli. Ban kempes tiap 2 minggu, kantong jebol juga nambah nitrogen mulu. Mana 1-station bintaro sedang ditutup lagi gara-gara mau buat transpark (curhat), ga ada nitrogen gratisan (khusus pembeli ban di 1-station).

Eh balik lagi, mengatasi bocor halus ini ban di copot separuh, rim atau velg bagian bibirnya di bersihkan, sebentar doang, kuas-kuas, pasang, isi angin kelar.

Lanjut rotasi ban, ban belakang kiri-kanan pindah kedepan smua. paling 2 menit kelar ini, lamaan ngedongkrak nya kwkwkwk. Oh iya ni tempat ban dongkraknya cukup besar untuk angkat Toyota Soluna bagian kiri roda depan dan belakang sampai ga nyentuh tanah, jadi cepet banget mindahin roda nya, ga perlu ngedongkrak 4 kali tiap posisi ban, trus mesti di jack stand atau pakai 2 dongkrak. wus wus wus. Kelar.

Curhat lagi, ni ban kanan belakang yang dipindahin kedepan pernah kena paku, dan karena saat itu saya cari-cari di daerah bintaro rebek alias susah buat dapetin tempat tambal ban metode patch atau Tip Top (tiptop), yaudah dengan sangat terpaksa pake metode cacing atau tusuk-tusuk kuno itu. Makin hari saya perhatikan bekas tambelannya bikin area karet ban retak di bagian karet tambal tersebut, ya memang sudah seharusnya begitu sih, orang kita paksa masukin atau jejelin lem tambalan segede telunjuk, ya karet ban nya kalah.


Ehh abangnya bilang, mending di tambal dalam aja pak. Perasaan pernah baca ngerjainnya lama, kata si abang ini ga lama-lama banget kok. Yaudah masih sejam ini dari Adzan Maghrib, gas dah tambel tip top.

Saya kira karena bekas tambal tusuk-tusuk tu sisa karet yang nongol didalam ban bakal nyusahin, si abangnya kalem aja, dia rakit lagi alat pneumatic selanjutnya, saya sering liat sih bor tuner pneumatic, nah kalo ini versi gedenya, pake kepala cenderung bulat, gunanya buat menggerinda sisa karet tambal tusuk-tusuk tadi. dan sekalian membuat kupasan gitu.

Setelah terkupas merata, dikasih semacam lem cair, tunggu sebentar, ambil patch atau semacam bulatan lakban (bentuknya kayak tompel maenan hahaha)

Di tempel diratakan, selesai, paling lama toko ini mengerjakan 10 menit untuk tambal tip top ini. Luar biasa. Harga nya pun normal untuk tambal tip top.

Secara kasar urutan mengatasi permasalahan ban, dari termurah ke termahal(terbaik)
1. Tambal Cacing Tusuk
2. Tambal Cold Patch atau Tip Top
3. Tambal Hot Patch
4. Ganti Ban Baru (mending ga usah tulis kali ya hahaha)


Isi angin full sebelum di cek bocor

Ban Sudah Terlepas, selang berujung tools warna merah itu grinder/bor tuner


Hasil tambal tiptop (mirip tompel)


Additional info,
Kalau pemain lama repair ban sih Tripanca
Lokasi di Kebayoran lama

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tujuan Manusia diciptakan adalah untuk beribadah kepada Allah dan mengharapkan Ridho Allah semata

7 Apr 2025 Pernah ada fasa memikirkan apa guna nya hidup di umur kepala 2x, kalau dulu s.d masa kuliah masih no clue, ya banyak impian apalagi hasil tontonan film 90an s.d 2000, hidup menarik sekali, jadi superhero, jadi kaya, bisa beli mainan apa saja. Banyak kegiatan menantang yg bisa di coba, tiap hari bangun punya drive baru untuk dilakukan, punya target baru yg harus dikejar. Semakin tua banyak impian yg bisa, tidak bisa dan ada yg mustahil dicapai, apalagi dari kecil terbiasa result driven, kalau nda dapat apa2 buat apa berusaha. Sulit sekali nanti hanya utk sekedar bangun tidur hari itu saja sudah tidak ada drive apa2 lagi. Nanti ada masa nya, semua drive atau tujuan dunia tidak memenuhi dahaga lagi, disini lah peran agama, ya yg idealnya harus di pupuk sedari kecil, tapi tidak ada kata terlambat, kapan pun kita mulai mendekat ke agama itu memang waktu yg terbaik dan memang Allah yg memberikan hidayahnya. Sekarang ambisi dan agresifitas sudah berkurang di diri saya, kondisi seka...

Macam-macam ukuran ban sepeda 2024 reference Schwalbe

16 April 2024 Drop Bar & Hybrid Ban 700C RB Gravel Komuter Ban nya roadbike , tapi sepeda komuter dan sepeda gravel juga Pada umumnya ban 700c yang tipis dan slick (tanpa pola) bagus untuk kecepatan di jalan yang mulus. Ukuran 23mm, 25mm , 32mm biasa terpakai di roadbike, saya sendiri menggunakan 28mm karena jalanan Indonesia tidak terlalu mulus, dari pengalaman jarang bocor karena ban lebih tebal daripada 23mm (pure roadbike).  

Share : Perbaikan Kaki - kaki Toyota Soluna September 2014

3 September 2014 Setelah ga nyaman dengar suara gluduk-gluduk dari bagian roda kiri dan kanan si luna, akhirnya menyempatkan juga buat jajan part kaki - kaki.  Kebetulan sebelumnya setelah servis 140.000km di Auto2000 cilandak, di kasih masukan oleh technical advisor Pak Oleh kalo balljoint getas & shockbreaker sudah lemah juga boot drive shaft kanan robek. Terimakasih juga sudah di kasih list sparepart yang mesti di ganti, berhubung di auto2000 ga ready stock, jadi beli sendiri aja, disamping itu kalo beli sendiri ada selisih harga. Setelah dapet referensi dan search - search di google, diputuskan untuk beli sparepart nya di Alam Motor Duta Mas ITC Fatmawati Jakarta Selatan, sebelum kesana telpon dulu ke Pak Sugeng di 02172793719 buat estimasi harga dan biar partnya di siapin. Oh iya biar ga bingung, posisi alam motor itu gampang banget, di bagian terluar dari toko - toko onderdil.

Wifi GoPro Hero 4 5 6 7 Tidak Menyala

Paling sering di tanyain, wifi saya ga mau nyala, LED biru(hero4) ga idup dll dll. Kadang pas kita simpan GoPro, dengan keadaan batre terlepas, wifi identification didalam GoPro itu terhapus, karena batre CMOS di mainboard GoPro sudah habis atau ada error minor di hape atau gopro nya. Sama hal nya dengan Wifi yang coba di on, eh tau tau balik off sendiri (ini karena wifi tidak ada identitas maka dia tidak mau di hidupkan sebelum di pairing lagi, ga usah panik, biasa ajaa hehehe. Solusinya simple; Hidupkan GoPro, masuk ke setup (gambar gear) Reset Camera Reset Wifi Di smartphone (forget smua hasil wifi pairing gopro), khusus utk Iphone, forget juga pairing bluetooth dengan gopro. Selanjutnya; Masuk Ke setup - wifi, Pair, to gopro app Lakukan proses Pairing seperti biasa Masukkan Pin Code yang tertera di LCD depan atau LCD belakang Pair Accepted Kasih nama baru dan password baru Selesai  Error lagi? ulangi aja cara di atas sampai bosan hehehe Khusus untu...

Bongkar GoPro Hero 5 - Touch Screen Tidak Fungsi

15 Februari 2018 Hero 5 yang dibongkar punya masalah di bagian LCD belakang, LCD belakang yang seharusnya punya fungsi touch screen tidak respon terhadap sentuhan tangan.