Langsung ke konten utama

Podium 3 Underbone 4T NonPlus di Seri-3 D Event 6 Mei 2018 Sentul International Karting Circuit

Minggu pagi sekitar jam 7 saya baru sampai di sirkuit, R-Flamboyan Racing Family sudah sampai jam 6 pagi.

Paddock dan motor sudah tertata rapih.
Dijadwalkan sesi free practice pertama jam 7 pagi, untuk kelas Bebek atau Underbone ada di urutan kedua.


Pada seri kali ini free practice dilakukan 4 kali, yang biasanya hanya 3 kali saja, masing-masing tiap sesi selama 15 menit.
Saya manfaatkan maksimal kesempatan ini, karena memang karena keterbatasan waktu berhubung saya bekerja office hour. Jadi tidak bisa latihan saat weekdays.
Sesi 1 cukup aman dilakukan karena belum banyak peserta yang masuk ke sirkuit, saya dapat bestime sekitar 1:08, jauh dari time optimal saya. Faktor-faktor yang berpengaruh karena belum tune in dengan motor dan sirkuit juga agak lembab, dan di beberapa tikungan, di dekat gravel air masih ada.

Sesi 2 bisa melahap 6 laps, best time meningkat, menjadi 1:06.

Sesi 3, keadaan cukup ramai, saya hanya menjalani 3laps saja, best time memburuk di angka 1:07.

Sesi 4, sudah sangat ramai, saya hanya punya satu kesempatan melakukan clean lap, selain itu selalu di terhalang oleh peserta lain, best time makin buruk di angka 1:08.

Jam 9 sesi Free Practice untuk semua kelas selesai.

Kelas yang saya ikuti Underbone 4T nonplus, dijadwalkan jam 9.30, atau sesi balap yang kedua setelah kelas All Matic.

Keberuntungan masih milik saya, dapat grid start secara random di grid ke 3, posisi paling dalam, dari tikungan pertama kekanan.

Dari mulai start saya langsung melejit di posisi 1, tapi ditikungan kedua langsung diambil alih oleh posisi 2. Di lap ke-2 saya ada trouble sedikit, miss gear, posisi saya di rebut lagi dan saya di posisi ke-3. Tidak lama posisi ke-4 mengejar saya dan mengambil alih, masih karena miss gear dan memang secara data best time saya kurang baik dari 3 pesaing saya.

Tapi harapan masih ada, rival didepan saya high side ditikungan pertama di lap-3, kepercayaan dirinya mulai kendur dan saya bisa mendekat, benar saja di R-10 atau tikungan 10 di lap 3, rival saya di depan mengalami engine problem parah, mesinnya macet alias jammed, dia terjatuh cukup parah.
Sedikit cuplikan saat kejadian



Lap ke-4 sempat ada perlawanan dari rival dibelakang saya, tapi masih bisa saya cover. Last lap saya jalani tanpa masalah dan berhasil finish di posisi 3.



Terimakasih kepada semua orang yang ikut membantu dan support.
Kepada R-Flamboyan Racing Family, Bang Ale, Bang Udjie, Opa.
Yang menyediakan motor yang kompetitif dan reliable alias daya tahan tinggi. Sudah  1 tahun lebih dan jika tidak salah hitung sudah ikut event 6 seri alias 6 kali balapan tanpa ada komponen utama yang di ganti, cylinder head, cylinder blok, piston ring piston, semua masih seperti saat pertama mesin naik di April 2017. LUAR BIASAAA!!!

Tanpa kalian saya mungkin tidak akan pernah menikmati naik podium di Sentul International Karting Circuit.

Investasi mesin itu sangat penting, gunakan part yang berkualitas, memang benar akan lebih mahal di awal, tapi jika dihitung jangka panjang, justru lebih hemat, apalagi di dukung mekanik yang mengerti betul cara set barang berkualitas tersebut, ini sudah terbukti sekali di motor saya sendiri, nol zero 0 trouble di bagian mesin.

Bayangkan jika anda mengikuti 6 seri dan 6 seri tersebut anda harus ganti part utama orisinil seperti piston ring piston, cash flow anda bisa jebol.

Saya sudah melihat sendiri team team lain yang coba menghemat, hasilnya, mesin mereka tidak reliable, saat race motor keluar asap di lap-lap akhir. Yang paling kasihan pembalap nya kalau sampai crash karena mesin yang jebol.

Terimakasih juga kepada sponsor
muslimapp.id

Penonton yang memadati sirkuit lebih banyak dari biasanya, kemungkinan dikarenakan ini race terakhir sebelum bulan ramadhan tiba.


Video editing hasil kreatif dibawah, for fun only ya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tujuan Manusia diciptakan adalah untuk beribadah kepada Allah dan mengharapkan Ridho Allah semata

7 Apr 2025 Pernah ada fasa memikirkan apa guna nya hidup di umur kepala 2x, kalau dulu s.d masa kuliah masih no clue, ya banyak impian apalagi hasil tontonan film 90an s.d 2000, hidup menarik sekali, jadi superhero, jadi kaya, bisa beli mainan apa saja. Banyak kegiatan menantang yg bisa di coba, tiap hari bangun punya drive baru untuk dilakukan, punya target baru yg harus dikejar. Semakin tua banyak impian yg bisa, tidak bisa dan ada yg mustahil dicapai, apalagi dari kecil terbiasa result driven, kalau nda dapat apa2 buat apa berusaha. Sulit sekali nanti hanya utk sekedar bangun tidur hari itu saja sudah tidak ada drive apa2 lagi. Nanti ada masa nya, semua drive atau tujuan dunia tidak memenuhi dahaga lagi, disini lah peran agama, ya yg idealnya harus di pupuk sedari kecil, tapi tidak ada kata terlambat, kapan pun kita mulai mendekat ke agama itu memang waktu yg terbaik dan memang Allah yg memberikan hidayahnya. Sekarang ambisi dan agresifitas sudah berkurang di diri saya, kondisi seka...

Macam-macam ukuran ban sepeda 2024 reference Schwalbe

16 April 2024 Drop Bar & Hybrid Ban 700C RB Gravel Komuter Ban nya roadbike , tapi sepeda komuter dan sepeda gravel juga Pada umumnya ban 700c yang tipis dan slick (tanpa pola) bagus untuk kecepatan di jalan yang mulus. Ukuran 23mm, 25mm , 32mm biasa terpakai di roadbike, saya sendiri menggunakan 28mm karena jalanan Indonesia tidak terlalu mulus, dari pengalaman jarang bocor karena ban lebih tebal daripada 23mm (pure roadbike).  

Share : Perbaikan Kaki - kaki Toyota Soluna September 2014

3 September 2014 Setelah ga nyaman dengar suara gluduk-gluduk dari bagian roda kiri dan kanan si luna, akhirnya menyempatkan juga buat jajan part kaki - kaki.  Kebetulan sebelumnya setelah servis 140.000km di Auto2000 cilandak, di kasih masukan oleh technical advisor Pak Oleh kalo balljoint getas & shockbreaker sudah lemah juga boot drive shaft kanan robek. Terimakasih juga sudah di kasih list sparepart yang mesti di ganti, berhubung di auto2000 ga ready stock, jadi beli sendiri aja, disamping itu kalo beli sendiri ada selisih harga. Setelah dapet referensi dan search - search di google, diputuskan untuk beli sparepart nya di Alam Motor Duta Mas ITC Fatmawati Jakarta Selatan, sebelum kesana telpon dulu ke Pak Sugeng di 02172793719 buat estimasi harga dan biar partnya di siapin. Oh iya biar ga bingung, posisi alam motor itu gampang banget, di bagian terluar dari toko - toko onderdil.

Wifi GoPro Hero 4 5 6 7 Tidak Menyala

Paling sering di tanyain, wifi saya ga mau nyala, LED biru(hero4) ga idup dll dll. Kadang pas kita simpan GoPro, dengan keadaan batre terlepas, wifi identification didalam GoPro itu terhapus, karena batre CMOS di mainboard GoPro sudah habis atau ada error minor di hape atau gopro nya. Sama hal nya dengan Wifi yang coba di on, eh tau tau balik off sendiri (ini karena wifi tidak ada identitas maka dia tidak mau di hidupkan sebelum di pairing lagi, ga usah panik, biasa ajaa hehehe. Solusinya simple; Hidupkan GoPro, masuk ke setup (gambar gear) Reset Camera Reset Wifi Di smartphone (forget smua hasil wifi pairing gopro), khusus utk Iphone, forget juga pairing bluetooth dengan gopro. Selanjutnya; Masuk Ke setup - wifi, Pair, to gopro app Lakukan proses Pairing seperti biasa Masukkan Pin Code yang tertera di LCD depan atau LCD belakang Pair Accepted Kasih nama baru dan password baru Selesai  Error lagi? ulangi aja cara di atas sampai bosan hehehe Khusus untu...

Bongkar GoPro Hero 5 - Touch Screen Tidak Fungsi

15 Februari 2018 Hero 5 yang dibongkar punya masalah di bagian LCD belakang, LCD belakang yang seharusnya punya fungsi touch screen tidak respon terhadap sentuhan tangan.