Langsung ke konten utama

Definisi Continuous dan Prime Power di Diesel Engine menurut ISO 8528

 


Continuous Diesel Engine

Mengacu penjelasan diatas cukup jelas untuk continuous diesel engine adalah genset bisa di load atau di bebani 100% dari nameplatenya secara terus menerus, baik di durasi panjang atau pendek, dan tidak ada masalah untuk loading dari nol ke 100%, dan dengan membebani secara maksimum terus menerus tidak mempengaruhi interval perawatan. cukup jelas

beli 100kW ya di bebani 100kW


Prime

Cukup kompleks menjelaskannya, jadi engine tipe ini adalah boleh di bebani terus menerus 24jam di beban 70% dari nameplate rating, misal 100kW, hanya boleh 70kW saja. Tapi engine prime ini juga di bolehkan di bebani s.d 100% atau 110% beban dengan durasi yang ditentukan oleh manufacturer

Sebagai contoh definisi dua manufacturer Cummins (USA), MTU (German) dan CATERPILLAR (USA)

Cummins : Prime Power is available for an unlimited number of hours per year in a variable load application. Variable load should not exceed a 70% average of the Prime Power rating during any operating period of 250 hours. The total operating time at 100% Prime Power shall not exceed 500 hours per year. A 10% overload capability is available for a period of 1 hour within a 12-hour period of operation. Total operating time at the 10% overload power shall not exceed 25 hours per year.

Cummins menyatakan bahwa, jika lebih dari 70% boleh asalkan tidak lebih dari 250jam tiap dipakai (atau sampai maintenance terdekat), dengan total tiap tahun tidak boleh lebih dari 500jam, boleh di overload 10% 1 jam tiap 12 jam period of run, bisa dibilang dalam sehari boleh 2x overload tidak lebih dari 2jam, tapi tidak boleh lebih 25jam setahun. Ini semua bisa di tarik datanya dari ECU engine, jadi jangan coba-coba untuk menutupi.

MTU: Prime-Rated Power (PRP)—A prime-rated generator set is available for an unlimited number of hours per year in a variable-load application, as long as the average load factor does not exceed 70 percent of the nameplate rating, unless the manufacturer allows a higher average load factor. This rating allows an overload capacity of 10 percent, but that additional capacity should not be used for more than one hour in every 12.

MTU tidak banyak mengatur durasi di atas 70%, tapi hanya ada overload jangan lebih dari 1 jam tiap 12 jam (sama dengan Cummins), bisa dibilang MTU cukup percaya diri untuk ketangguhan engine mereka, karena tidak banyak mensyaratkan apa-apa

CATERPILLAR : Unlimited hours of usage. Average varying load factor is 70%of the prime power rating. 10% overload available, but limited to 1 in 12hours and not to exceed 25 hours per year. to 10% overload is available in accordance with ISO8528, and time spent during operation above 70% load may affect the life to overhaul.

CAT cukup ringkas dalam definisi, tapi untuk overload hampir sama dengan Cummins dan MTU, dan ada kata-kata abu-abu untuk operation diatas 70%, ini cukup berbahaya, bisa saja digunakan untuk blaming user.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jual Jupiter Z Road Race 5TP Karburator

04-Maret-2019 Bagi teman-teman semua yang lagi cari jupiter Z 5TP, saya jual Jupiter saya, motor sasisnya tidak pernah jatuh keras, masih stabil, mesin juga awet, karena saya beli barang-barang kelas atas. Motor sering juara, foto dibawah dapat juara 1 di Sentul Kecil, motor juga dibuat bengkel yang punya nama di Sentul. Spesifikasi Motor Yamaha Jupiter Z 1. Super Head BRT  Original , porting polished by R-Flamboyan Cilandak Jagakarsa 2. Blok BRT, Forged Piston  Original 3. Karburator Keihin PWK KX 28mm  Original 4. Close Ratio TDR Racing  Original 5.  Magnit Flywheel custom by R-Flamboyan Cilandak Jagakarsa 6. CDI BRT I Max 24 step  Original 7. Valve size 29mm Intake, dan 24mm Exhaust 8. Knalpot Custom Free Flow 9. Rocker Arm Racing Roller, Per Klep Racing 10. Camshaft full custom by R-Flamboyan Cilandak Jagakarsa 11. Crankcase Yamaha X-1  Original 12.  Velg TK Excel Asia R17  Original 13. Ban Depan Belak...

Pompa Air Booster Shimizu PS 135 E Otomatis Bermasalah & Cara Menangulangi nya

Pengunaan pompa air untuk Booster sering kali digunakan untuk rumah bertingkat. Biasanya pompa booster bekerja otomatis, bisa menggunakan pressure switch atau flow switch. Penggunaan pressure switch lebih banyak, karena lebih murah dan kebanyakan sudah merupakan fitur standar dari manufaktur pompa. Kali ini saya akan membagi pengalaman menggunakan Pompa Booster Shimizu PS-135 E menggunakan pressure switch. Pembelian pompa 11 April 2015 sudah cukup berumur 4tahun usianya. Problem yang biasa terjadi untuk pompa booster tipe pressure switch. 1. Pompa On-Off dengan jeda sangat pendek ketika keran di buka 1/4 atau setengah, bahasa lainnya cetak cetek, cetek cetek 2. Pompa On terus tidak pernah mati 3. Pompa tidak mau menyala Kita bahas satu persatu

Catatan Noob Dad : Denver II Test Perkembangan Kemampuan Motorik, Bahasa, Sosial

Kalau Denver II ini guidance ilmiah, di umur berapa kita expect anak kita melakukan apa. Ya selaen kata orang tua, ini dia guidance nya, dan ga perlu di banding-bandingkan dengan anak tetangga. Karena test ini pun ada persentase nya.

Yamaha Mio J ga bisa di starter, jangan buru-buru ganti Aki

 22 Oktober 2022 Yamaha Mio J 2014, dah mayan senior. Tiba-tiba starter kadang bisa kadang enggak, pas panas lancar bisa starter. Awalnya saya kira, ah ini sih aki, orang di pencet tombol starter cuma ngek ngek, ga jreng. Iseng2 ukur voltase aki pake multimeter sanwa Voltase aki pas mesin lagi nyala 13.7volt (normal lagi di cas berarti sama spul dan kiprok) motor di matikan, tegangan aki masih di angka 12.7 - 13.2volt (normal juga) Pencet starter, voltase drop sampai cuma 5V, dan recover lagi ke 12Volt setelah lepas tombol starter. Wah ini sih kayaknya bukan aki. Langsung cek bendik (relay) starter. Fisik sih dah mulai karat2. Daripada penasaran ke toko sparepart beli bendik starter, yang ori mahal 98rb, jadi beli aspira buat Honda(50rb) saya pastikan dulu bentuk soketnya, sama persis (Harga Balikpapan memang jauh lebih mahal dari Jabodetabek) ini yang aspira buat honda soket sama aja ama buat yamaha mio J Ini yang asli Saya pasang dan so far jadi lancar starter, besok bakal saya v...

[JUAL] KYT Alpha Venom Special Edition Doni Tata Pradita #7

28-Feb-2018 Helm yang saya beli dari tahun 2014, cukup awet, dulu dipakai harian dari Fatmawati ke daerah Megakuningan. Tahun itu pilihan helm lokal tidak terlalu banyak, dan KYT Alpha Venom ini salah satu pioner double visor. Kenapa saya memilih double visor, karena terkadang saat pulang kerja ada beberapa jalan yang benar-benar menghadap ke barat, dimana matahari terbenam. Sila