Langsung ke konten utama

Toyota Soluna Matic 2001 Pakai AKI YUASA NS 60

Aki jadi sangat vital kalau di kendaraan matic. Mengingat jika mogok, matic tidak disarankan untuk ditarik dan roda depan berputar lebih dari 20km/jam karena kemungkinan akan merusak sistem transmisi, ini belum saya cek lebih dalam sih, tapi daripada mesti turun transmisi matic mending jangan ambil resiko.

Jadi kalau mogok karena aki, cuma ada 2 pilihan, telpon ke tempat aki, sukur-sukur ada yang 24 jam untuk tukar tambah aki baru atau telpon jasa towing gendong.


Beberapa bulan lalu benar benar apes. Setelah ganti bearing dinamo ampere. Mobil saat dipakai malam hari mati total, aki tidak ada setrum. Kenapa ganti bearing, karena ada bunyi dengung dari area dinamo amper, saya dan mekanik setuju, kemungkikan besar dari bearing. Ternyata salah.

Karena sudah malam dan saya yakin masalah ada di dinamo amper, dipilih lah opsi telpon towing, si Luna digendong sampai ke bengkel.

Esok paginya, dinamo amper dibongkar lagi dan diganti dioda rectifier atau silikon kalau istilah bengkel dinamo, benar saja aliran charge dinamo amper normal lagi, berada di angka hampir 14volt saat RPM diatas 2000.



Kejadian diatas memiliki efek samping, selang 1-2 minggu setelah isi bensin, tiba - tiba luna tidak bisa distart lagi.

Panggil lagi tukang dinamo amper, mobil coba di jumper, bisa distart dan hidup, selang 2-3 menit, mobil mati lagi, dan tidak bisa distart, tukang dinamo sampai bingung, dia menyarankan ganti aki.
Benar saja, setelah ganti aki semua normal lagi. Oh iya aki yang saya pakai, memang dari 2014 selalu YUASA NS60, AKI BASAH, 12 V, 45 Ah, Dimensi : 24x13x20 centimeter, total dari 2014 sudah 4 kali ganti aki, berarti kira-kira umurnya 2 tahunan.

Yuasa NS 60 45Ah


Ternyata aki sangat sensitif dengan kualitas charge dari dinamo amper, sekali nya voltase kurang, dia cenderung mati total dan tidak mau menerima voltase charge lagi.

Saran, beli saja voltmeter atau multitester yang murah-murah untuk mobil matic, sekali sebulan iseng-iseng setelah cuci mobil. Hidupkan mobil dan cek berapa tegangan dikepala aki, kalau antara 13-14 volt, kondisi dinamo amper/charger anda bagus. Kalau mau cek kondisi aki, setelah dibiarkan semalaman, besok paginya cek, kalau aki anda voltase nya diatas 12volt, berarti masih bagus atau masih menyimpan charge

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pompa Air Booster Shimizu PS 135 E Otomatis Bermasalah & Cara Menangulangi nya

Pengunaan pompa air untuk Booster sering kali digunakan untuk rumah bertingkat. Biasanya pompa booster bekerja otomatis, bisa menggunakan pressure switch atau flow switch. Penggunaan pressure switch lebih banyak, karena lebih murah dan kebanyakan sudah merupakan fitur standar dari manufaktur pompa. Kali ini saya akan membagi pengalaman menggunakan Pompa Booster Shimizu PS-135 E menggunakan pressure switch. Pembelian pompa 11 April 2015 sudah cukup berumur 4tahun usianya. Problem yang biasa terjadi untuk pompa booster tipe pressure switch. 1. Pompa On-Off dengan jeda sangat pendek ketika keran di buka 1/4 atau setengah, bahasa lainnya cetak cetek, cetek cetek 2. Pompa On terus tidak pernah mati 3. Pompa tidak mau menyala Kita bahas satu persatu

[JUAL] KYT Alpha Venom Special Edition Doni Tata Pradita #7

28-Feb-2018 Helm yang saya beli dari tahun 2014, cukup awet, dulu dipakai harian dari Fatmawati ke daerah Megakuningan. Tahun itu pilihan helm lokal tidak terlalu banyak, dan KYT Alpha Venom ini salah satu pioner double visor. Kenapa saya memilih double visor, karena terkadang saat pulang kerja ada beberapa jalan yang benar-benar menghadap ke barat, dimana matahari terbenam. Sila

Catatan Noob Dad : Denver II Test Perkembangan Kemampuan Motorik, Bahasa, Sosial

Kalau Denver II ini guidance ilmiah, di umur berapa kita expect anak kita melakukan apa. Ya selaen kata orang tua, ini dia guidance nya, dan ga perlu di banding-bandingkan dengan anak tetangga. Karena test ini pun ada persentase nya.

Substitusi Tutup Arm Supertrack RX-King dengan Vixion

RX King 2001 pakai swing arm supertrack, saat jalan, tutup arm sebelah kiri lepas, karena getaran dan baut (sialnya hanya satu) lambat laun mengendur. Sial nya lagi saat itu saya tidak sadar, jadi hilang lah tutup arm sebelah kiri. Kesalahan saya yang lain adalah, lupa memasang baut double di setelan rantai RX King Supertrack saya, harusnya jika double, baut tidak akan mudah terputar. Saya coba cari apakah ada yang jual tutup arm persis atau produk sparepart supertrack, ternyata sangat sulit, yang tersedia hanya penjualan satu set swing arm, masa iya, hilang tutup arm saja, saya harus beli satu set. Setelah cari-cari dan membandingkan ternyata dimensi tutup arm supertrack RX king hampir sama dengan tutup arm Yamaha New Vixion kode part 1PA-F2174-00. Tes pasang, pas. Bagi teman-teman pengguna RX-King, jika mengalami hal yang sama, bisa jadi opsi, ganti ke tutup New Vixion. Seperti gambar dibawah, perbandingan dimensi tutup arm supertrack dan tutup arm Yamaha  New   ...

Tabel Dinamo Tamiya Mini4WD STB Side Damper STO

Sedikit sharing data tabel dari motor guide tamiya Dibawah tabel tamiya single shaft alias as satu STB Pro boleh memakai tuned series tanpa boleh mengganti brush / arang Side Damper hampir sama tuned series, rev tuned, atomic atau torque tuned, boleh mengganti brush menggunakan batu karbon, terkadang ada beberapa kelas membolehkan light dash Rev tuned biasa digunakan chassis S2 dinamo belakang Torque Tuned digunakan oleh chassis Super FM dinamo depan Dinamo Dibawah adalah untuk double shaft, alias dinamo tengah hanya ada 6 pilihan dari official TAMIYA. STO menggunakan Hyper Dash atau Mach Dash, baik STO pivot atau anchor Tentunya semua dinamo di break-in dulu supaya didapat potensi RPM tertinggi dari dinamo tersebut, dan semua dinamo tidak akan sama persis, tergantung dari kualitas sampai detail terkecilnya, makanya untuk pembalap tamiya yang benar-benar pro, biasanya tiap event akan beli langsung 2 lusin dinamo, alias 24 dinamo, dan di breakin, dan biasanya hanya sekitar 30% yang bisa...