Langsung ke konten utama

Soluna Matic Tiba - Tiba tidak bisa distarter

13-Juni-17

Pagi hari setelah isi bensin, saya coba start soluna matic saya, wahh ga ada tanda tanda sama sekali.
Minta tolong petugas SPBU untuk dorong kepinggir.

Saya ingat-ingat apakah karena aki yang sudah berumur. Tapi di bodi aki, tahun 2016 yang ditulis penjual aki dengan spidol.

Setelah menunggu sekitar 15 menit, seperti yang disarankan petugas keamanan security "panas aja pak, tar juga bisa lagi".
Benar saja, saat kunci kontar di putar langsung bisa starter. Hah?wah aneh sekali.


Sampai dirumah saya cek kondisi aki, menggunakan Voltmeter saya ukur tegangan aki menunjukkan angka 13.8Volt, dan cenderung turun, kalau diatas 12Volt harusnya bagus, saya start mobil, angka naik ke 14Volt. Saya matikan mobil dan diamkan, Voltase aki turun dan stabil di angka 12.4Volt. kesimpulan Aki masih sangat baik.

Googling, cari-cari info, saya pun punya hipotesa kalau arang atau carbon brush di Motor starter sudah habis, mengingat mobil sudah berumur lebih dari 16 tahun, sangat memungkinkan.

Saya bawa saja ke tukang service dinamo start dan aki. Mobil di bongkar, montir menyatakan betul Arang mulai tipis. Diganti baru. 



Saya sekalian tanya apa solenoid switch harus ganti juga atau tidak, ya biar sekalian. Montir menyerahkan ke saya untuk keputusannya. Saya cari-cari sparepart di Pasar Onderdil BTC Bintaro, dapat yang KW, yang asli tidak tetrsedia, merknya ANZ part. Setengah yakin. saya coba goyang goyang bagian solenoid switch baru ini kok seperti oblak. dalam hati mungkin memang seperti itu

Dipasang.
Test Start, kok malah jadi ada bunyi tok tok tok tiap starter. Saya curiga motor starter KW ini yang bermasalah. Untuk verifikasi, pasang saja motor starter yang lama.

Benar saja, pakai solenoid switch orisinal yang lama, malah starter lancar, berdesing mulus.
Solenoid switch baru saya kembalikan saja ke tokonya. Tidak terpakai.

Prinsip kerja starter mobil
Bagian atas itu namanya solenoid switch, bagian bawah itu motor starter.
Gir yang berputar akan memutar gigi crankshaft / roda gila mobil
Arang itu bagian hitam di kiri bawah


Komentar

  1. saya beberapa kali ada gejala starter kosong seperti yang disebutkan di atas, tapi lucunya sering kejadian kalo abis isi bensin full tank. dan lucunya lagi, kalo mendadak gabisa dinyalakan, solusinya pindahin dari P ke N, voila si soluna nyala normal seperti sedia kala ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah aneh juga tu gan, kalau di posisi D sih memang starter harusnya ga bisa, karena ada interlock, tapi kalau kadang bisa kadang nggak di P, itu aneh, apa ada kabel di daerah dashbord yang terkelupas ya, tapi apa hubungannya dengan bensin full tank ya, misteri ini.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tujuan Manusia diciptakan adalah untuk beribadah kepada Allah dan mengharapkan Ridho Allah semata

7 Apr 2025 Pernah ada fasa memikirkan apa guna nya hidup di umur kepala 2x, kalau dulu s.d masa kuliah masih no clue, ya banyak impian apalagi hasil tontonan film 90an s.d 2000, hidup menarik sekali, jadi superhero, jadi kaya, bisa beli mainan apa saja. Banyak kegiatan menantang yg bisa di coba, tiap hari bangun punya drive baru untuk dilakukan, punya target baru yg harus dikejar. Semakin tua banyak impian yg bisa, tidak bisa dan ada yg mustahil dicapai, apalagi dari kecil terbiasa result driven, kalau nda dapat apa2 buat apa berusaha. Sulit sekali nanti hanya utk sekedar bangun tidur hari itu saja sudah tidak ada drive apa2 lagi. Nanti ada masa nya, semua drive atau tujuan dunia tidak memenuhi dahaga lagi, disini lah peran agama, ya yg idealnya harus di pupuk sedari kecil, tapi tidak ada kata terlambat, kapan pun kita mulai mendekat ke agama itu memang waktu yg terbaik dan memang Allah yg memberikan hidayahnya. Sekarang ambisi dan agresifitas sudah berkurang di diri saya, kondisi seka...

Macam-macam ukuran ban sepeda 2024 reference Schwalbe

16 April 2024 Drop Bar & Hybrid Ban 700C RB Gravel Komuter Ban nya roadbike , tapi sepeda komuter dan sepeda gravel juga Pada umumnya ban 700c yang tipis dan slick (tanpa pola) bagus untuk kecepatan di jalan yang mulus. Ukuran 23mm, 25mm , 32mm biasa terpakai di roadbike, saya sendiri menggunakan 28mm karena jalanan Indonesia tidak terlalu mulus, dari pengalaman jarang bocor karena ban lebih tebal daripada 23mm (pure roadbike).  

Bongkar GoPro Hero 5 - Touch Screen Tidak Fungsi

15 Februari 2018 Hero 5 yang dibongkar punya masalah di bagian LCD belakang, LCD belakang yang seharusnya punya fungsi touch screen tidak respon terhadap sentuhan tangan.

Cara Menyimpan & Charge GoPro Hero yang dianjurkan

Ini juga saya tulis karena banyak yang GoPro nya mati total tanpa sebab yang jelas. GoPro baru belum setahun, pakai dibawah 10x, disimpan rapih di dalam wadahnya, 1 hari, 2 hari, 1minggu, 1 bulan. Begitu mau dipakai, batre di cas, coba di nyalakan tidak ada respon sama sekali. Kesalahannya dimana? Menurut analisa saya kesalahannya adalah; pemilik tidak melepaskan batre saat menyimpan GoPro / barang elektronik dalam waktu yang lama dan batre dalam keadaan low batt. Sah-sah saja menyimpan GoPro dalam keadaan batre terpasang, tapi ada syaratnya, batre harus ada isinya minimum 1 batang atau satu garis, dan lebih baik kalau batre full, dan lebih baik lagi kalau batre dilepas saja. Ini bukan karena GoPro yang kualitasnya jelek, tapi memang kebanyakan elektronik seperti itu, batre harus selalu dilepas jika ingin disimpan lama (long term storage), makanya anda akan selalu melihat semua alat elektronik yang dijual saat kita terima atau unboxing, batre dalam keadaan terlepas. Kalau...

RX King 2001 Tidak Bisa Masuk Gigi

06-Mar-2018 Pagi hari nya bongkar rem roda belakang RX King dan bersih-bersih karena ada suara berdecit yang mengganggu, malu lah motor udah resik tapi begitu di rem cit cit cit.  Pas motor mau dibawa berangkat kerja ada keanehan, kok setelah injakan persneling di tekan, dan jelas sekali saya dengar bunyi normal ctek, yaitu bunyi kuku pemutar bulatan persneling berhasil memutar gigi transmisi. Lepas kopling lah lah, kok motor ga jalan, oh mungkin saya kurang dalam menekan tuas perseneling, oke coba lagi. Tau - tau normal, wah kirain ga ada masalah, udah motor saya bawa saja ke kantor. oper gigi 1 - N - 2 - 3 -4 - 5 normal.