Langsung ke konten utama

Soluna Matic Tiba - Tiba tidak bisa distarter

13-Juni-17

Pagi hari setelah isi bensin, saya coba start soluna matic saya, wahh ga ada tanda tanda sama sekali.
Minta tolong petugas SPBU untuk dorong kepinggir.

Saya ingat-ingat apakah karena aki yang sudah berumur. Tapi di bodi aki, tahun 2016 yang ditulis penjual aki dengan spidol.

Setelah menunggu sekitar 15 menit, seperti yang disarankan petugas keamanan security "panas aja pak, tar juga bisa lagi".
Benar saja, saat kunci kontar di putar langsung bisa starter. Hah?wah aneh sekali.


Sampai dirumah saya cek kondisi aki, menggunakan Voltmeter saya ukur tegangan aki menunjukkan angka 13.8Volt, dan cenderung turun, kalau diatas 12Volt harusnya bagus, saya start mobil, angka naik ke 14Volt. Saya matikan mobil dan diamkan, Voltase aki turun dan stabil di angka 12.4Volt. kesimpulan Aki masih sangat baik.

Googling, cari-cari info, saya pun punya hipotesa kalau arang atau carbon brush di Motor starter sudah habis, mengingat mobil sudah berumur lebih dari 16 tahun, sangat memungkinkan.

Saya bawa saja ke tukang service dinamo start dan aki. Mobil di bongkar, montir menyatakan betul Arang mulai tipis. Diganti baru. 



Saya sekalian tanya apa solenoid switch harus ganti juga atau tidak, ya biar sekalian. Montir menyerahkan ke saya untuk keputusannya. Saya cari-cari sparepart di Pasar Onderdil BTC Bintaro, dapat yang KW, yang asli tidak tetrsedia, merknya ANZ part. Setengah yakin. saya coba goyang goyang bagian solenoid switch baru ini kok seperti oblak. dalam hati mungkin memang seperti itu

Dipasang.
Test Start, kok malah jadi ada bunyi tok tok tok tiap starter. Saya curiga motor starter KW ini yang bermasalah. Untuk verifikasi, pasang saja motor starter yang lama.

Benar saja, pakai solenoid switch orisinal yang lama, malah starter lancar, berdesing mulus.
Solenoid switch baru saya kembalikan saja ke tokonya. Tidak terpakai.

Prinsip kerja starter mobil
Bagian atas itu namanya solenoid switch, bagian bawah itu motor starter.
Gir yang berputar akan memutar gigi crankshaft / roda gila mobil
Arang itu bagian hitam di kiri bawah


Komentar

  1. saya beberapa kali ada gejala starter kosong seperti yang disebutkan di atas, tapi lucunya sering kejadian kalo abis isi bensin full tank. dan lucunya lagi, kalo mendadak gabisa dinyalakan, solusinya pindahin dari P ke N, voila si soluna nyala normal seperti sedia kala ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah aneh juga tu gan, kalau di posisi D sih memang starter harusnya ga bisa, karena ada interlock, tapi kalau kadang bisa kadang nggak di P, itu aneh, apa ada kabel di daerah dashbord yang terkelupas ya, tapi apa hubungannya dengan bensin full tank ya, misteri ini.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pompa Air Booster Shimizu PS 135 E Otomatis Bermasalah & Cara Menangulangi nya

Pengunaan pompa air untuk Booster sering kali digunakan untuk rumah bertingkat. Biasanya pompa booster bekerja otomatis, bisa menggunakan pressure switch atau flow switch. Penggunaan pressure switch lebih banyak, karena lebih murah dan kebanyakan sudah merupakan fitur standar dari manufaktur pompa. Kali ini saya akan membagi pengalaman menggunakan Pompa Booster Shimizu PS-135 E menggunakan pressure switch. Pembelian pompa 11 April 2015 sudah cukup berumur 4tahun usianya. Problem yang biasa terjadi untuk pompa booster tipe pressure switch. 1. Pompa On-Off dengan jeda sangat pendek ketika keran di buka 1/4 atau setengah, bahasa lainnya cetak cetek, cetek cetek 2. Pompa On terus tidak pernah mati 3. Pompa tidak mau menyala Kita bahas satu persatu

[JUAL] KYT Alpha Venom Special Edition Doni Tata Pradita #7

28-Feb-2018 Helm yang saya beli dari tahun 2014, cukup awet, dulu dipakai harian dari Fatmawati ke daerah Megakuningan. Tahun itu pilihan helm lokal tidak terlalu banyak, dan KYT Alpha Venom ini salah satu pioner double visor. Kenapa saya memilih double visor, karena terkadang saat pulang kerja ada beberapa jalan yang benar-benar menghadap ke barat, dimana matahari terbenam. Sila

Catatan Noob Dad : Denver II Test Perkembangan Kemampuan Motorik, Bahasa, Sosial

Kalau Denver II ini guidance ilmiah, di umur berapa kita expect anak kita melakukan apa. Ya selaen kata orang tua, ini dia guidance nya, dan ga perlu di banding-bandingkan dengan anak tetangga. Karena test ini pun ada persentase nya.

Substitusi Tutup Arm Supertrack RX-King dengan Vixion

RX King 2001 pakai swing arm supertrack, saat jalan, tutup arm sebelah kiri lepas, karena getaran dan baut (sialnya hanya satu) lambat laun mengendur. Sial nya lagi saat itu saya tidak sadar, jadi hilang lah tutup arm sebelah kiri. Kesalahan saya yang lain adalah, lupa memasang baut double di setelan rantai RX King Supertrack saya, harusnya jika double, baut tidak akan mudah terputar. Saya coba cari apakah ada yang jual tutup arm persis atau produk sparepart supertrack, ternyata sangat sulit, yang tersedia hanya penjualan satu set swing arm, masa iya, hilang tutup arm saja, saya harus beli satu set. Setelah cari-cari dan membandingkan ternyata dimensi tutup arm supertrack RX king hampir sama dengan tutup arm Yamaha New Vixion kode part 1PA-F2174-00. Tes pasang, pas. Bagi teman-teman pengguna RX-King, jika mengalami hal yang sama, bisa jadi opsi, ganti ke tutup New Vixion. Seperti gambar dibawah, perbandingan dimensi tutup arm supertrack dan tutup arm Yamaha  New   ...

Tabel Dinamo Tamiya Mini4WD STB Side Damper STO

Sedikit sharing data tabel dari motor guide tamiya Dibawah tabel tamiya single shaft alias as satu STB Pro boleh memakai tuned series tanpa boleh mengganti brush / arang Side Damper hampir sama tuned series, rev tuned, atomic atau torque tuned, boleh mengganti brush menggunakan batu karbon, terkadang ada beberapa kelas membolehkan light dash Rev tuned biasa digunakan chassis S2 dinamo belakang Torque Tuned digunakan oleh chassis Super FM dinamo depan Dinamo Dibawah adalah untuk double shaft, alias dinamo tengah hanya ada 6 pilihan dari official TAMIYA. STO menggunakan Hyper Dash atau Mach Dash, baik STO pivot atau anchor Tentunya semua dinamo di break-in dulu supaya didapat potensi RPM tertinggi dari dinamo tersebut, dan semua dinamo tidak akan sama persis, tergantung dari kualitas sampai detail terkecilnya, makanya untuk pembalap tamiya yang benar-benar pro, biasanya tiap event akan beli langsung 2 lusin dinamo, alias 24 dinamo, dan di breakin, dan biasanya hanya sekitar 30% yang bisa...