Langsung ke konten utama

Perbaikan sistem Power Steering & Kaki - kaki Toyota Soluna Matic 2000 mulai bunyi lagi

24 July 2016

Sudah 2 minggu mendengar suara jedug - jedug di bagian kaki - kaki depan Toyota Soluna. tepatnya di bagian agak tengah kalo didengarkan baik-baik. Paling menyebalkan kalo harus ke Lippo Mall Kemang, yang boulevard jalannya menggunakan batu -  batu alam tidak rata, tiap lewat situ semakin gerah karena membuka aib semua kaki - kaki mobil :P,   dug dug, tok tok, pletak - pletak T_T. 


PR alias pekerjaan rumah si soluna selain kaki - kaki adalah bocor di bagian pompa power steering (sejak 2014), dulu sih bocor nya hanya kecil karena penambahan oli power steering hanya perlu 1 bulan sekali, kalau sekarang sudah harus setiap minggu. Harga oli power steering juga tidak murah, akumulasi mungkin sudah bisa beli seal kit pompa power steering.

Saya cari - cari di google bengkel khusus power steering yang dekat area rumah saya saja, agar mudah dalam kontrol...

Diputuskan untuk menginapkan mobil di bengkel di daerah Ciputat / Pondok Ranji / Sawah Baru / Bintaro >> update 11 April 2017, udah pindah ke Merpati Raya Depan Grand Bintaro Garden Residen, bengkel jadi lebih besar dan lapang, bernama Bengkel SM (steering motor) blog nya http://steeringmotor.blogspot.co.id/ ngobrol - ngobrol dengan pemilik sekaligus mekanik saya merasa cocok.






25 July 2016

Setelah di cek menyeluruh info dari mekanik, list sparepart yang harus di beli;
1. Seal Kit Rack Steering Soluna
2. Seal Kit Sliding Vane Pump alias Pompa Power Steering Soluna (saya sudah beli dari lama, blum sempat pasang aja)
3. Long Tie Rod Kiri Kanan
4. Bearing / Laher / Klahar Roda Depan Kiri & Kanan   

26 July 2016

Belanja seperti biasa di pusat onderdil ITC fatmawati, di Alam Motor.

Setelah tanya-tanya Long tie rod original harganya satu buah skitar 800rb wow, disarankan menggunakan merk 555 saja, karena sudah cukup awet. Bearing roda menggunakan merk Koyo, sedangkan seal kit steering rack menggunakan original tapi eceran, kenapa? karena bila beli seal kit steering rack satu set harganya sekitar 850rb dan kelebihannya cuma diberi beberapa o-ring serta bungkus label toyota T_T, oke eceran saja seperti saran penjual sparepart. Dapat 4 buah seal, seal kiri kanan, seal atas bawah dari rack steering, karena menurut Alam motor cuma 4 buah seal tersebut yang biasanya rusak dimakan usia.

Dibawah total biaya belanja (ingat harga dibawah hanya sebagai referensi, harga bisa berubah tergantung waktu dan sepenuhnya kewenangan penjual) 
  


For info harga seal kit pompa power steering yang saya beli sejak 2014


3 September 2014Seal Vane Pump (Power Steering)part number 04446-10021Toyota Ori190,000
Saya beli barang dengan cara datang langsung, karena dilakukan di jam istirahat kerja, barang tidak bisa saya antar sendiri dan menggunakan jasa GoJek (Go-Send).  
Ternyata Alam motor juga bisa secara langsung di beli oleh GoJek, sebelumnya telpon dulu dapat total biaya belanja, transfer langsung ke rekening Alam Motor, dan order go-send utk pickup barang, lebih simple dan ga buang-buang waktu. Mungkin kedepannya akan saya lakukan seperti saran diatas

27 July 2016

Laporan dari montir, pekerjaan hari ini hanya tinggal pasang bearing roda depan karena kemarin terlalu sore dan tukang press ditakutkan sudah tutup.

Selanjutnya akan saya share juga testimoni setelah ganti sparepart diatas.

28 July 2016 

Testimoni setelah test ride semalam & hari ini di jalan biasa, tes jalan tol akan dilaporkan kemudian.

Semua bunyi benar - benar lenyap, ternyata karena lower arm, pemasangan nya tidak pas, yang sebelumnya di lakukan oleh bengkel spesialis kaki-kaki di radio dalam juga ada kontribusi dari karet - karet link stabilizer yang sudah getas.
Karet - karet stabil yang diganti, mungkin maksudnya karet stabilizer yang dibaut ke lower arm
Bearing roda depan soluna yang diganti

Total biaya jasa ada dibawah

Ada pekerjaan tambahan, perbaikan ulir baut lower arm yang sebelumnya baut sepertinya tidak di pasang pas oleh bengkel sebelumnya (radiodalam), dan di pasang di kencangkan, akibatnya ulir rusak dan harus di senai / di buat ulir baru

Oh iya, saya cukup meng-apresiasi bengkel SM motor mau men-spooring manual sistem kemudinya, dikatakan dengan menggunakan tali, dan secara umum saya bilang not bad lah, kenapa? karena biasanya setelah saya ganti tie rod / ball joint atau apapun yang membongkar sistem kemudi, kelurusan setir pasti lari parah, mungkin sekitar 80derajat dari kelurusan seharusnya. Baru di bengkel ini saya merasakan, setelah di bongkar, setir saya hanya lari sekitar 3-5derajat, tapi untuk kelurusan akan saya tes lagi dijalan tol. Kalau memang bagus, saya salut sekali karena metode spooring tali bisa mendekati spooring dengan alat.

Tambahan lagi, mobil di bonusin cuci loh, mantap sekali servisnya. Saya akan kembali lagi jika ada masalah dengan power steering atau kaki - kaki

 3 Agustus 2016
Testimoni setelah tes beberapa kali di tol; mobil stabil, ga ada cenderung lari kiri atau kanan pas dipacu diatas 80km/jam. Two thumbs up untuk metode spooring tali nya bengkel SM, salut. 

Semoga bermanfaat.   

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pompa Air Booster Shimizu PS 135 E Otomatis Bermasalah & Cara Menangulangi nya

Pengunaan pompa air untuk Booster sering kali digunakan untuk rumah bertingkat. Biasanya pompa booster bekerja otomatis, bisa menggunakan pressure switch atau flow switch. Penggunaan pressure switch lebih banyak, karena lebih murah dan kebanyakan sudah merupakan fitur standar dari manufaktur pompa. Kali ini saya akan membagi pengalaman menggunakan Pompa Booster Shimizu PS-135 E menggunakan pressure switch. Pembelian pompa 11 April 2015 sudah cukup berumur 4tahun usianya. Problem yang biasa terjadi untuk pompa booster tipe pressure switch. 1. Pompa On-Off dengan jeda sangat pendek ketika keran di buka 1/4 atau setengah, bahasa lainnya cetak cetek, cetek cetek 2. Pompa On terus tidak pernah mati 3. Pompa tidak mau menyala Kita bahas satu persatu

[JUAL] KYT Alpha Venom Special Edition Doni Tata Pradita #7

28-Feb-2018 Helm yang saya beli dari tahun 2014, cukup awet, dulu dipakai harian dari Fatmawati ke daerah Megakuningan. Tahun itu pilihan helm lokal tidak terlalu banyak, dan KYT Alpha Venom ini salah satu pioner double visor. Kenapa saya memilih double visor, karena terkadang saat pulang kerja ada beberapa jalan yang benar-benar menghadap ke barat, dimana matahari terbenam. Sila

Catatan Noob Dad : Denver II Test Perkembangan Kemampuan Motorik, Bahasa, Sosial

Kalau Denver II ini guidance ilmiah, di umur berapa kita expect anak kita melakukan apa. Ya selaen kata orang tua, ini dia guidance nya, dan ga perlu di banding-bandingkan dengan anak tetangga. Karena test ini pun ada persentase nya.

Substitusi Tutup Arm Supertrack RX-King dengan Vixion

RX King 2001 pakai swing arm supertrack, saat jalan, tutup arm sebelah kiri lepas, karena getaran dan baut (sialnya hanya satu) lambat laun mengendur. Sial nya lagi saat itu saya tidak sadar, jadi hilang lah tutup arm sebelah kiri. Kesalahan saya yang lain adalah, lupa memasang baut double di setelan rantai RX King Supertrack saya, harusnya jika double, baut tidak akan mudah terputar. Saya coba cari apakah ada yang jual tutup arm persis atau produk sparepart supertrack, ternyata sangat sulit, yang tersedia hanya penjualan satu set swing arm, masa iya, hilang tutup arm saja, saya harus beli satu set. Setelah cari-cari dan membandingkan ternyata dimensi tutup arm supertrack RX king hampir sama dengan tutup arm Yamaha New Vixion kode part 1PA-F2174-00. Tes pasang, pas. Bagi teman-teman pengguna RX-King, jika mengalami hal yang sama, bisa jadi opsi, ganti ke tutup New Vixion. Seperti gambar dibawah, perbandingan dimensi tutup arm supertrack dan tutup arm Yamaha  New   ...

Tabel Dinamo Tamiya Mini4WD STB Side Damper STO

Sedikit sharing data tabel dari motor guide tamiya Dibawah tabel tamiya single shaft alias as satu STB Pro boleh memakai tuned series tanpa boleh mengganti brush / arang Side Damper hampir sama tuned series, rev tuned, atomic atau torque tuned, boleh mengganti brush menggunakan batu karbon, terkadang ada beberapa kelas membolehkan light dash Rev tuned biasa digunakan chassis S2 dinamo belakang Torque Tuned digunakan oleh chassis Super FM dinamo depan Dinamo Dibawah adalah untuk double shaft, alias dinamo tengah hanya ada 6 pilihan dari official TAMIYA. STO menggunakan Hyper Dash atau Mach Dash, baik STO pivot atau anchor Tentunya semua dinamo di break-in dulu supaya didapat potensi RPM tertinggi dari dinamo tersebut, dan semua dinamo tidak akan sama persis, tergantung dari kualitas sampai detail terkecilnya, makanya untuk pembalap tamiya yang benar-benar pro, biasanya tiap event akan beli langsung 2 lusin dinamo, alias 24 dinamo, dan di breakin, dan biasanya hanya sekitar 30% yang bisa...