Langsung ke konten utama

Perbaikan sistem Power Steering & Kaki - kaki Toyota Soluna Matic 2000 mulai bunyi lagi

24 July 2016

Sudah 2 minggu mendengar suara jedug - jedug di bagian kaki - kaki depan Toyota Soluna. tepatnya di bagian agak tengah kalo didengarkan baik-baik. Paling menyebalkan kalo harus ke Lippo Mall Kemang, yang boulevard jalannya menggunakan batu -  batu alam tidak rata, tiap lewat situ semakin gerah karena membuka aib semua kaki - kaki mobil :P,   dug dug, tok tok, pletak - pletak T_T. 


PR alias pekerjaan rumah si soluna selain kaki - kaki adalah bocor di bagian pompa power steering (sejak 2014), dulu sih bocor nya hanya kecil karena penambahan oli power steering hanya perlu 1 bulan sekali, kalau sekarang sudah harus setiap minggu. Harga oli power steering juga tidak murah, akumulasi mungkin sudah bisa beli seal kit pompa power steering.

Saya cari - cari di google bengkel khusus power steering yang dekat area rumah saya saja, agar mudah dalam kontrol...

Diputuskan untuk menginapkan mobil di bengkel di daerah Ciputat / Pondok Ranji / Sawah Baru / Bintaro >> update 11 April 2017, udah pindah ke Merpati Raya Depan Grand Bintaro Garden Residen, bengkel jadi lebih besar dan lapang, bernama Bengkel SM (steering motor) blog nya http://steeringmotor.blogspot.co.id/ ngobrol - ngobrol dengan pemilik sekaligus mekanik saya merasa cocok.






25 July 2016

Setelah di cek menyeluruh info dari mekanik, list sparepart yang harus di beli;
1. Seal Kit Rack Steering Soluna
2. Seal Kit Sliding Vane Pump alias Pompa Power Steering Soluna (saya sudah beli dari lama, blum sempat pasang aja)
3. Long Tie Rod Kiri Kanan
4. Bearing / Laher / Klahar Roda Depan Kiri & Kanan   

26 July 2016

Belanja seperti biasa di pusat onderdil ITC fatmawati, di Alam Motor.

Setelah tanya-tanya Long tie rod original harganya satu buah skitar 800rb wow, disarankan menggunakan merk 555 saja, karena sudah cukup awet. Bearing roda menggunakan merk Koyo, sedangkan seal kit steering rack menggunakan original tapi eceran, kenapa? karena bila beli seal kit steering rack satu set harganya sekitar 850rb dan kelebihannya cuma diberi beberapa o-ring serta bungkus label toyota T_T, oke eceran saja seperti saran penjual sparepart. Dapat 4 buah seal, seal kiri kanan, seal atas bawah dari rack steering, karena menurut Alam motor cuma 4 buah seal tersebut yang biasanya rusak dimakan usia.

Dibawah total biaya belanja (ingat harga dibawah hanya sebagai referensi, harga bisa berubah tergantung waktu dan sepenuhnya kewenangan penjual) 
  


For info harga seal kit pompa power steering yang saya beli sejak 2014


3 September 2014Seal Vane Pump (Power Steering)part number 04446-10021Toyota Ori190,000
Saya beli barang dengan cara datang langsung, karena dilakukan di jam istirahat kerja, barang tidak bisa saya antar sendiri dan menggunakan jasa GoJek (Go-Send).  
Ternyata Alam motor juga bisa secara langsung di beli oleh GoJek, sebelumnya telpon dulu dapat total biaya belanja, transfer langsung ke rekening Alam Motor, dan order go-send utk pickup barang, lebih simple dan ga buang-buang waktu. Mungkin kedepannya akan saya lakukan seperti saran diatas

27 July 2016

Laporan dari montir, pekerjaan hari ini hanya tinggal pasang bearing roda depan karena kemarin terlalu sore dan tukang press ditakutkan sudah tutup.

Selanjutnya akan saya share juga testimoni setelah ganti sparepart diatas.

28 July 2016 

Testimoni setelah test ride semalam & hari ini di jalan biasa, tes jalan tol akan dilaporkan kemudian.

Semua bunyi benar - benar lenyap, ternyata karena lower arm, pemasangan nya tidak pas, yang sebelumnya di lakukan oleh bengkel spesialis kaki-kaki di radio dalam juga ada kontribusi dari karet - karet link stabilizer yang sudah getas.
Karet - karet stabil yang diganti, mungkin maksudnya karet stabilizer yang dibaut ke lower arm
Bearing roda depan soluna yang diganti

Total biaya jasa ada dibawah

Ada pekerjaan tambahan, perbaikan ulir baut lower arm yang sebelumnya baut sepertinya tidak di pasang pas oleh bengkel sebelumnya (radiodalam), dan di pasang di kencangkan, akibatnya ulir rusak dan harus di senai / di buat ulir baru

Oh iya, saya cukup meng-apresiasi bengkel SM motor mau men-spooring manual sistem kemudinya, dikatakan dengan menggunakan tali, dan secara umum saya bilang not bad lah, kenapa? karena biasanya setelah saya ganti tie rod / ball joint atau apapun yang membongkar sistem kemudi, kelurusan setir pasti lari parah, mungkin sekitar 80derajat dari kelurusan seharusnya. Baru di bengkel ini saya merasakan, setelah di bongkar, setir saya hanya lari sekitar 3-5derajat, tapi untuk kelurusan akan saya tes lagi dijalan tol. Kalau memang bagus, saya salut sekali karena metode spooring tali bisa mendekati spooring dengan alat.

Tambahan lagi, mobil di bonusin cuci loh, mantap sekali servisnya. Saya akan kembali lagi jika ada masalah dengan power steering atau kaki - kaki

 3 Agustus 2016
Testimoni setelah tes beberapa kali di tol; mobil stabil, ga ada cenderung lari kiri atau kanan pas dipacu diatas 80km/jam. Two thumbs up untuk metode spooring tali nya bengkel SM, salut. 

Semoga bermanfaat.   

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tujuan Manusia diciptakan adalah untuk beribadah kepada Allah dan mengharapkan Ridho Allah semata

7 Apr 2025 Pernah ada fasa memikirkan apa guna nya hidup di umur kepala 2x, kalau dulu s.d masa kuliah masih no clue, ya banyak impian apalagi hasil tontonan film 90an s.d 2000, hidup menarik sekali, jadi superhero, jadi kaya, bisa beli mainan apa saja. Banyak kegiatan menantang yg bisa di coba, tiap hari bangun punya drive baru untuk dilakukan, punya target baru yg harus dikejar. Semakin tua banyak impian yg bisa, tidak bisa dan ada yg mustahil dicapai, apalagi dari kecil terbiasa result driven, kalau nda dapat apa2 buat apa berusaha. Sulit sekali nanti hanya utk sekedar bangun tidur hari itu saja sudah tidak ada drive apa2 lagi. Nanti ada masa nya, semua drive atau tujuan dunia tidak memenuhi dahaga lagi, disini lah peran agama, ya yg idealnya harus di pupuk sedari kecil, tapi tidak ada kata terlambat, kapan pun kita mulai mendekat ke agama itu memang waktu yg terbaik dan memang Allah yg memberikan hidayahnya. Sekarang ambisi dan agresifitas sudah berkurang di diri saya, kondisi seka...

Macam-macam ukuran ban sepeda 2024 reference Schwalbe

16 April 2024 Drop Bar & Hybrid Ban 700C RB Gravel Komuter Ban nya roadbike , tapi sepeda komuter dan sepeda gravel juga Pada umumnya ban 700c yang tipis dan slick (tanpa pola) bagus untuk kecepatan di jalan yang mulus. Ukuran 23mm, 25mm , 32mm biasa terpakai di roadbike, saya sendiri menggunakan 28mm karena jalanan Indonesia tidak terlalu mulus, dari pengalaman jarang bocor karena ban lebih tebal daripada 23mm (pure roadbike).  

Bongkar GoPro Hero 5 - Touch Screen Tidak Fungsi

15 Februari 2018 Hero 5 yang dibongkar punya masalah di bagian LCD belakang, LCD belakang yang seharusnya punya fungsi touch screen tidak respon terhadap sentuhan tangan.

Cara Menyimpan & Charge GoPro Hero yang dianjurkan

Ini juga saya tulis karena banyak yang GoPro nya mati total tanpa sebab yang jelas. GoPro baru belum setahun, pakai dibawah 10x, disimpan rapih di dalam wadahnya, 1 hari, 2 hari, 1minggu, 1 bulan. Begitu mau dipakai, batre di cas, coba di nyalakan tidak ada respon sama sekali. Kesalahannya dimana? Menurut analisa saya kesalahannya adalah; pemilik tidak melepaskan batre saat menyimpan GoPro / barang elektronik dalam waktu yang lama dan batre dalam keadaan low batt. Sah-sah saja menyimpan GoPro dalam keadaan batre terpasang, tapi ada syaratnya, batre harus ada isinya minimum 1 batang atau satu garis, dan lebih baik kalau batre full, dan lebih baik lagi kalau batre dilepas saja. Ini bukan karena GoPro yang kualitasnya jelek, tapi memang kebanyakan elektronik seperti itu, batre harus selalu dilepas jika ingin disimpan lama (long term storage), makanya anda akan selalu melihat semua alat elektronik yang dijual saat kita terima atau unboxing, batre dalam keadaan terlepas. Kalau...

RX King 2001 Tidak Bisa Masuk Gigi

06-Mar-2018 Pagi hari nya bongkar rem roda belakang RX King dan bersih-bersih karena ada suara berdecit yang mengganggu, malu lah motor udah resik tapi begitu di rem cit cit cit.  Pas motor mau dibawa berangkat kerja ada keanehan, kok setelah injakan persneling di tekan, dan jelas sekali saya dengar bunyi normal ctek, yaitu bunyi kuku pemutar bulatan persneling berhasil memutar gigi transmisi. Lepas kopling lah lah, kok motor ga jalan, oh mungkin saya kurang dalam menekan tuas perseneling, oke coba lagi. Tau - tau normal, wah kirain ga ada masalah, udah motor saya bawa saja ke kantor. oper gigi 1 - N - 2 - 3 -4 - 5 normal.