Langsung ke konten utama

Transjakarta Koridor 2 Polusi Suara Didalam Bus

23 Nov 14,



Berhubung hari sabtu, saya lebih memilih naik kendaraan umum daripada membawa mobil pribadi, disamping harga bahan bakar baru naik, parkir pun mahal. Tujuan saya adalah Atrium Senen, pusat penjualan sparepart mobil, bertolak dari Jalan Sudirman saya naik transjakarta (TJ) koridor 1 & transit ke koridor 2. Busway koridor 1 kondisinya sangat baik, dengan AC yang cukup dingin dan kabin yang tidak bising, apalagi saat weekend transjakarta cukup sepi. 

Transit di halte harmoni untuk pindah ke TJ koridor 2. Kondisi TJ koridor 2 sangat memprihatinkan, kursi penumpang terpasang longgar ke dudukannya, kaca - kaca pun juga longgar, dan lantai bus  dalam keadaan sangat longgar, ditambah lagi dengan AC yang cukup panas. 



TJ berjalan di jalur busway yang beberapa ruas terbuat dari semen cor atau concrete dan ada beberapa bagian antar segmen jalan yang cukup renggang, tiap kali bus melintas di bagian renggang tersebut suara menggelegar dari kaca, kursi, lantai yang longgar memekakkan telinga, saya sampai harus menutup telinga saya karena rasa sakit akibat suara tersebut, mungkin ambang batas toleransi terhadap kebisingan saya yang rendah, karena saya memperhatikan petugas & sopir bus seakan tidak mendengar apa - apa. Wow.

Behubungan dengan pekerjaan saya yang menyangkut desain suatu peralatan mesin, saat mendesain suatu peralatan mesin ada requirement (syarat) yang harus di penuhi yaitu; peralatan mesin tersebut maksimum hanya boleh mengeluarkan kebisingan sebesar 85dBA dengan jarak 1 meter, mengacu pada OSHA(Occupational Safety & Health Administration) 1910.95 bahwa maksimum polusi suara yang di terima manusia selama rentang waktu 8 jam adalah 90dBA.

Kembali lagi ke kenyataan di lapangan, saya kurang tau persis dalam satu shift berapa jam supir TJ & petugas TJ menghabiskan waktu di dalam bus koridor 2 tersebut. Dengan suara yang saya estimasi  adalah sekitar 120-150dBA (painfull alias memekakkan telinga). Saya menduga pendengaran petugas & supir TJ sudah menyesuaikan tapi bukan adaptasi yang baik karena penyesuaian tersebut adalah menurunnya sensitifitas pendengaran mereka alias menuju ke arah tuli. Saya cukup terganggu melihat kenyataan seperti ini dan lebih sedih lagi mengingat saya tidak memiliki kapabilitas untuk membuat perubahan secara langsung untuk memperbaiki hal tersebut. Saya mendoakan yang terbaik untuk para petugas & sopir yang bekerja & berjasa mengantarkan orang - orang ke tempat tujuan mereka.

Ngeri membaca efek dari polusi suara, selain efek langsung berkurangnya kemampuan mendengar, saya kutip dari www.asha.org yaitu;
  • Tekanan darah tinggi
  • Jantung berdebar
  • Sakit perut
  • Susah tidur (insomnia) 
  • Gangguan perkembangan janin
Tekanan darah tinggi & jantung berdebar sangat logis terjadi karena stress akibat suara yang mengganggu, tapi wow suara juga menyerang ke bagian perut & janin, efek yang belom pernah saya bayangkan.

Saya berharap agar semua kendaraan umum di Indonesia menjadi cukup nyaman untuk penumpang, petugas & para supir dengan cara uji layak jalan yang ketat & jujur.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pompa Air Booster Shimizu PS 135 E Otomatis Bermasalah & Cara Menangulangi nya

Pengunaan pompa air untuk Booster sering kali digunakan untuk rumah bertingkat. Biasanya pompa booster bekerja otomatis, bisa menggunakan pressure switch atau flow switch. Penggunaan pressure switch lebih banyak, karena lebih murah dan kebanyakan sudah merupakan fitur standar dari manufaktur pompa. Kali ini saya akan membagi pengalaman menggunakan Pompa Booster Shimizu PS-135 E menggunakan pressure switch. Pembelian pompa 11 April 2015 sudah cukup berumur 4tahun usianya. Problem yang biasa terjadi untuk pompa booster tipe pressure switch. 1. Pompa On-Off dengan jeda sangat pendek ketika keran di buka 1/4 atau setengah, bahasa lainnya cetak cetek, cetek cetek 2. Pompa On terus tidak pernah mati 3. Pompa tidak mau menyala Kita bahas satu persatu

[JUAL] KYT Alpha Venom Special Edition Doni Tata Pradita #7

28-Feb-2018 Helm yang saya beli dari tahun 2014, cukup awet, dulu dipakai harian dari Fatmawati ke daerah Megakuningan. Tahun itu pilihan helm lokal tidak terlalu banyak, dan KYT Alpha Venom ini salah satu pioner double visor. Kenapa saya memilih double visor, karena terkadang saat pulang kerja ada beberapa jalan yang benar-benar menghadap ke barat, dimana matahari terbenam. Sila

Catatan Noob Dad : Denver II Test Perkembangan Kemampuan Motorik, Bahasa, Sosial

Kalau Denver II ini guidance ilmiah, di umur berapa kita expect anak kita melakukan apa. Ya selaen kata orang tua, ini dia guidance nya, dan ga perlu di banding-bandingkan dengan anak tetangga. Karena test ini pun ada persentase nya.

Substitusi Tutup Arm Supertrack RX-King dengan Vixion

RX King 2001 pakai swing arm supertrack, saat jalan, tutup arm sebelah kiri lepas, karena getaran dan baut (sialnya hanya satu) lambat laun mengendur. Sial nya lagi saat itu saya tidak sadar, jadi hilang lah tutup arm sebelah kiri. Kesalahan saya yang lain adalah, lupa memasang baut double di setelan rantai RX King Supertrack saya, harusnya jika double, baut tidak akan mudah terputar. Saya coba cari apakah ada yang jual tutup arm persis atau produk sparepart supertrack, ternyata sangat sulit, yang tersedia hanya penjualan satu set swing arm, masa iya, hilang tutup arm saja, saya harus beli satu set. Setelah cari-cari dan membandingkan ternyata dimensi tutup arm supertrack RX king hampir sama dengan tutup arm Yamaha New Vixion kode part 1PA-F2174-00. Tes pasang, pas. Bagi teman-teman pengguna RX-King, jika mengalami hal yang sama, bisa jadi opsi, ganti ke tutup New Vixion. Seperti gambar dibawah, perbandingan dimensi tutup arm supertrack dan tutup arm Yamaha  New   ...

Tabel Dinamo Tamiya Mini4WD STB Side Damper STO

Sedikit sharing data tabel dari motor guide tamiya Dibawah tabel tamiya single shaft alias as satu STB Pro boleh memakai tuned series tanpa boleh mengganti brush / arang Side Damper hampir sama tuned series, rev tuned, atomic atau torque tuned, boleh mengganti brush menggunakan batu karbon, terkadang ada beberapa kelas membolehkan light dash Rev tuned biasa digunakan chassis S2 dinamo belakang Torque Tuned digunakan oleh chassis Super FM dinamo depan Dinamo Dibawah adalah untuk double shaft, alias dinamo tengah hanya ada 6 pilihan dari official TAMIYA. STO menggunakan Hyper Dash atau Mach Dash, baik STO pivot atau anchor Tentunya semua dinamo di break-in dulu supaya didapat potensi RPM tertinggi dari dinamo tersebut, dan semua dinamo tidak akan sama persis, tergantung dari kualitas sampai detail terkecilnya, makanya untuk pembalap tamiya yang benar-benar pro, biasanya tiap event akan beli langsung 2 lusin dinamo, alias 24 dinamo, dan di breakin, dan biasanya hanya sekitar 30% yang bisa...