Langsung ke konten utama

Share: Solved Bunyi Di Bagian Kaki - kaki Depan Kanan Soluna

15 November 14,
Setelah sebelumnya saya sudah memperbaiki kaki - kaki si Luna, tapi belum puas juga, karena masih ada bunyi yang cukup mengganggu dari bagian bawah kanan tepatnya di bawah kaki pengemudi saat melewati jalan yang tidak rata atau terkadang saat mobil dari posisi stop n go saat di lampu merah.

Cukup menjengkelkan mengingat sebelumya saya sudah mengganti balljoint (kiri kanan), tie-rod(kanan)shockbreaker, dan beberapa part kaki - kaki lain.

Setelah mendapatkan analisa dari Auto2000, dan konfirm bahwa karet lower arm yang sudah rusak, dan jika melakukan penggantian di Auto2000, harga partnya saja adalah Rp.2.500.000,- satu buah, wow, karena di Auto2000 part yang dijual merupakan assy atau assembly unit, maka wajar harganya setinggi itu.

Lower Arm Kiri Soluna (Kepak) 

Singkat cerita karena minggu sebelumnya saya sudah coba ke Bengkel Spesialis Kaki - Kaki Haji Lili tetapi penuh, akhirnya sehari sebelum kesana tepatnya hari jum'at saya tanyakan dulu apakah hari sabtu pagi antrian pelanggan masih ada....alhamdulillah lagi sepi...

Jam 7.45 saya sampai di bengkel haji lilik, di daerah radio dalam (google maps) pintu gerbang bengkel sudah buka, para teknisi juga sudah ada, dan pada sibuk memandikan burung peliharaan mereka hahaha...saya disuruh menunggu Pak Wawan(kepala bengkel) karena yang bersangkutan belum datang. Selisih 20 menit dari saya datang, masuk mobil mercy saya kurang hapal seri apa. 
Suasana bengkel Jam 7.45 - kosong -


Jam 8.45 akhirnya yang ditunggu - tunggu datang, Saya langsung menyampaikan keluhan yaitu karet lower arm (ada yang menyebut bagian ini "kepak") yang sudah rusak, dan Pak Wawan memerintah teknisinya untuk bekerja. Datang lagi pelanggan mobil peugeot tipe minibus

Jam 9.00, Dikerjakan 4 orang, dalam 15 menit lower arm kiri dan kanan sudah berhasil dilepas... cukup cepat juga kerjanya. Datang pelanggan lagi Honda Stream.
Soluna lagi di bongkar



Soluna Bongkar Lower Arm Kiri

Lower arm kanan sudah terlepas

Ada tambahan dari pekerjaan yaitu tie rod sebelah kiri ternyata sudah lemah, dan di bengkel ini bisa di service dengan biaya Rp.100.000,- dengan garansi 1 tahun, iseng Saya mengiyakan dan mau membandingkan daya tahan tie-rod kanan (orisinal toyota seharga 200rb) dengan hasil service dari bengkel Mang Lili

Lower Arm kanan yang karetnya sudah lepas dari tepatnya (akar masalah bunyi - bunyian gludak gluduk)

Jam 9.45 Lower Arm kiri dan kanan karet nya sudah selesai dan rapih terpasang, beserta tie - rod kiri.

Jam 10.00 Semua sudah terpasang seperti semula

Lanjut saya bawa ke tempat spooring ban (Station One) Lebak Bulus karena setting berubah akibat tie rod yang di bongkar.

Jam 11.00 semua pekerjaan selesai

Rincian Biaya
Karet Lower Arm Rp.150.000,- / buah x 2
Service Tie Rod Rp.100.000,- sebelah kiri
Jasa bongkar Rp.300.000,-

Spooring Rp.150.000,-

Masukan (akan dilakukan nanti alias PR)
Long Tie Rod sudah mulai lemah tetapi belum parah
Harga long Tie - Rod Rp.175.000,- / buah
Ongkos Bongkar Pasang Rp.150.000,-

Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tujuan Manusia diciptakan adalah untuk beribadah kepada Allah dan mengharapkan Ridho Allah semata

7 Apr 2025 Pernah ada fasa memikirkan apa guna nya hidup di umur kepala 2x, kalau dulu s.d masa kuliah masih no clue, ya banyak impian apalagi hasil tontonan film 90an s.d 2000, hidup menarik sekali, jadi superhero, jadi kaya, bisa beli mainan apa saja. Banyak kegiatan menantang yg bisa di coba, tiap hari bangun punya drive baru untuk dilakukan, punya target baru yg harus dikejar. Semakin tua banyak impian yg bisa, tidak bisa dan ada yg mustahil dicapai, apalagi dari kecil terbiasa result driven, kalau nda dapat apa2 buat apa berusaha. Sulit sekali nanti hanya utk sekedar bangun tidur hari itu saja sudah tidak ada drive apa2 lagi. Nanti ada masa nya, semua drive atau tujuan dunia tidak memenuhi dahaga lagi, disini lah peran agama, ya yg idealnya harus di pupuk sedari kecil, tapi tidak ada kata terlambat, kapan pun kita mulai mendekat ke agama itu memang waktu yg terbaik dan memang Allah yg memberikan hidayahnya. Sekarang ambisi dan agresifitas sudah berkurang di diri saya, kondisi seka...

Macam-macam ukuran ban sepeda 2024 reference Schwalbe

16 April 2024 Drop Bar & Hybrid Ban 700C RB Gravel Komuter Ban nya roadbike , tapi sepeda komuter dan sepeda gravel juga Pada umumnya ban 700c yang tipis dan slick (tanpa pola) bagus untuk kecepatan di jalan yang mulus. Ukuran 23mm, 25mm , 32mm biasa terpakai di roadbike, saya sendiri menggunakan 28mm karena jalanan Indonesia tidak terlalu mulus, dari pengalaman jarang bocor karena ban lebih tebal daripada 23mm (pure roadbike).  

Bongkar GoPro Hero 5 - Touch Screen Tidak Fungsi

15 Februari 2018 Hero 5 yang dibongkar punya masalah di bagian LCD belakang, LCD belakang yang seharusnya punya fungsi touch screen tidak respon terhadap sentuhan tangan.

Cara Menyimpan & Charge GoPro Hero yang dianjurkan

Ini juga saya tulis karena banyak yang GoPro nya mati total tanpa sebab yang jelas. GoPro baru belum setahun, pakai dibawah 10x, disimpan rapih di dalam wadahnya, 1 hari, 2 hari, 1minggu, 1 bulan. Begitu mau dipakai, batre di cas, coba di nyalakan tidak ada respon sama sekali. Kesalahannya dimana? Menurut analisa saya kesalahannya adalah; pemilik tidak melepaskan batre saat menyimpan GoPro / barang elektronik dalam waktu yang lama dan batre dalam keadaan low batt. Sah-sah saja menyimpan GoPro dalam keadaan batre terpasang, tapi ada syaratnya, batre harus ada isinya minimum 1 batang atau satu garis, dan lebih baik kalau batre full, dan lebih baik lagi kalau batre dilepas saja. Ini bukan karena GoPro yang kualitasnya jelek, tapi memang kebanyakan elektronik seperti itu, batre harus selalu dilepas jika ingin disimpan lama (long term storage), makanya anda akan selalu melihat semua alat elektronik yang dijual saat kita terima atau unboxing, batre dalam keadaan terlepas. Kalau...

RX King 2001 Tidak Bisa Masuk Gigi

06-Mar-2018 Pagi hari nya bongkar rem roda belakang RX King dan bersih-bersih karena ada suara berdecit yang mengganggu, malu lah motor udah resik tapi begitu di rem cit cit cit.  Pas motor mau dibawa berangkat kerja ada keanehan, kok setelah injakan persneling di tekan, dan jelas sekali saya dengar bunyi normal ctek, yaitu bunyi kuku pemutar bulatan persneling berhasil memutar gigi transmisi. Lepas kopling lah lah, kok motor ga jalan, oh mungkin saya kurang dalam menekan tuas perseneling, oke coba lagi. Tau - tau normal, wah kirain ga ada masalah, udah motor saya bawa saja ke kantor. oper gigi 1 - N - 2 - 3 -4 - 5 normal.