Langsung ke konten utama

Share: Solved Bunyi Di Bagian Kaki - kaki Depan Kanan Soluna

15 November 14,
Setelah sebelumnya saya sudah memperbaiki kaki - kaki si Luna, tapi belum puas juga, karena masih ada bunyi yang cukup mengganggu dari bagian bawah kanan tepatnya di bawah kaki pengemudi saat melewati jalan yang tidak rata atau terkadang saat mobil dari posisi stop n go saat di lampu merah.

Cukup menjengkelkan mengingat sebelumya saya sudah mengganti balljoint (kiri kanan), tie-rod(kanan)shockbreaker, dan beberapa part kaki - kaki lain.

Setelah mendapatkan analisa dari Auto2000, dan konfirm bahwa karet lower arm yang sudah rusak, dan jika melakukan penggantian di Auto2000, harga partnya saja adalah Rp.2.500.000,- satu buah, wow, karena di Auto2000 part yang dijual merupakan assy atau assembly unit, maka wajar harganya setinggi itu.

Lower Arm Kiri Soluna (Kepak) 

Singkat cerita karena minggu sebelumnya saya sudah coba ke Bengkel Spesialis Kaki - Kaki Haji Lili tetapi penuh, akhirnya sehari sebelum kesana tepatnya hari jum'at saya tanyakan dulu apakah hari sabtu pagi antrian pelanggan masih ada....alhamdulillah lagi sepi...

Jam 7.45 saya sampai di bengkel haji lilik, di daerah radio dalam (google maps) pintu gerbang bengkel sudah buka, para teknisi juga sudah ada, dan pada sibuk memandikan burung peliharaan mereka hahaha...saya disuruh menunggu Pak Wawan(kepala bengkel) karena yang bersangkutan belum datang. Selisih 20 menit dari saya datang, masuk mobil mercy saya kurang hapal seri apa. 
Suasana bengkel Jam 7.45 - kosong -


Jam 8.45 akhirnya yang ditunggu - tunggu datang, Saya langsung menyampaikan keluhan yaitu karet lower arm (ada yang menyebut bagian ini "kepak") yang sudah rusak, dan Pak Wawan memerintah teknisinya untuk bekerja. Datang lagi pelanggan mobil peugeot tipe minibus

Jam 9.00, Dikerjakan 4 orang, dalam 15 menit lower arm kiri dan kanan sudah berhasil dilepas... cukup cepat juga kerjanya. Datang pelanggan lagi Honda Stream.
Soluna lagi di bongkar



Soluna Bongkar Lower Arm Kiri

Lower arm kanan sudah terlepas

Ada tambahan dari pekerjaan yaitu tie rod sebelah kiri ternyata sudah lemah, dan di bengkel ini bisa di service dengan biaya Rp.100.000,- dengan garansi 1 tahun, iseng Saya mengiyakan dan mau membandingkan daya tahan tie-rod kanan (orisinal toyota seharga 200rb) dengan hasil service dari bengkel Mang Lili

Lower Arm kanan yang karetnya sudah lepas dari tepatnya (akar masalah bunyi - bunyian gludak gluduk)

Jam 9.45 Lower Arm kiri dan kanan karet nya sudah selesai dan rapih terpasang, beserta tie - rod kiri.

Jam 10.00 Semua sudah terpasang seperti semula

Lanjut saya bawa ke tempat spooring ban (Station One) Lebak Bulus karena setting berubah akibat tie rod yang di bongkar.

Jam 11.00 semua pekerjaan selesai

Rincian Biaya
Karet Lower Arm Rp.150.000,- / buah x 2
Service Tie Rod Rp.100.000,- sebelah kiri
Jasa bongkar Rp.300.000,-

Spooring Rp.150.000,-

Masukan (akan dilakukan nanti alias PR)
Long Tie Rod sudah mulai lemah tetapi belum parah
Harga long Tie - Rod Rp.175.000,- / buah
Ongkos Bongkar Pasang Rp.150.000,-

Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pompa Air Booster Shimizu PS 135 E Otomatis Bermasalah & Cara Menangulangi nya

Pengunaan pompa air untuk Booster sering kali digunakan untuk rumah bertingkat. Biasanya pompa booster bekerja otomatis, bisa menggunakan pressure switch atau flow switch. Penggunaan pressure switch lebih banyak, karena lebih murah dan kebanyakan sudah merupakan fitur standar dari manufaktur pompa. Kali ini saya akan membagi pengalaman menggunakan Pompa Booster Shimizu PS-135 E menggunakan pressure switch. Pembelian pompa 11 April 2015 sudah cukup berumur 4tahun usianya. Problem yang biasa terjadi untuk pompa booster tipe pressure switch. 1. Pompa On-Off dengan jeda sangat pendek ketika keran di buka 1/4 atau setengah, bahasa lainnya cetak cetek, cetek cetek 2. Pompa On terus tidak pernah mati 3. Pompa tidak mau menyala Kita bahas satu persatu

[JUAL] KYT Alpha Venom Special Edition Doni Tata Pradita #7

28-Feb-2018 Helm yang saya beli dari tahun 2014, cukup awet, dulu dipakai harian dari Fatmawati ke daerah Megakuningan. Tahun itu pilihan helm lokal tidak terlalu banyak, dan KYT Alpha Venom ini salah satu pioner double visor. Kenapa saya memilih double visor, karena terkadang saat pulang kerja ada beberapa jalan yang benar-benar menghadap ke barat, dimana matahari terbenam. Sila

Catatan Noob Dad : Denver II Test Perkembangan Kemampuan Motorik, Bahasa, Sosial

Kalau Denver II ini guidance ilmiah, di umur berapa kita expect anak kita melakukan apa. Ya selaen kata orang tua, ini dia guidance nya, dan ga perlu di banding-bandingkan dengan anak tetangga. Karena test ini pun ada persentase nya.

Substitusi Tutup Arm Supertrack RX-King dengan Vixion

RX King 2001 pakai swing arm supertrack, saat jalan, tutup arm sebelah kiri lepas, karena getaran dan baut (sialnya hanya satu) lambat laun mengendur. Sial nya lagi saat itu saya tidak sadar, jadi hilang lah tutup arm sebelah kiri. Kesalahan saya yang lain adalah, lupa memasang baut double di setelan rantai RX King Supertrack saya, harusnya jika double, baut tidak akan mudah terputar. Saya coba cari apakah ada yang jual tutup arm persis atau produk sparepart supertrack, ternyata sangat sulit, yang tersedia hanya penjualan satu set swing arm, masa iya, hilang tutup arm saja, saya harus beli satu set. Setelah cari-cari dan membandingkan ternyata dimensi tutup arm supertrack RX king hampir sama dengan tutup arm Yamaha New Vixion kode part 1PA-F2174-00. Tes pasang, pas. Bagi teman-teman pengguna RX-King, jika mengalami hal yang sama, bisa jadi opsi, ganti ke tutup New Vixion. Seperti gambar dibawah, perbandingan dimensi tutup arm supertrack dan tutup arm Yamaha  New   ...

Tabel Dinamo Tamiya Mini4WD STB Side Damper STO

Sedikit sharing data tabel dari motor guide tamiya Dibawah tabel tamiya single shaft alias as satu STB Pro boleh memakai tuned series tanpa boleh mengganti brush / arang Side Damper hampir sama tuned series, rev tuned, atomic atau torque tuned, boleh mengganti brush menggunakan batu karbon, terkadang ada beberapa kelas membolehkan light dash Rev tuned biasa digunakan chassis S2 dinamo belakang Torque Tuned digunakan oleh chassis Super FM dinamo depan Dinamo Dibawah adalah untuk double shaft, alias dinamo tengah hanya ada 6 pilihan dari official TAMIYA. STO menggunakan Hyper Dash atau Mach Dash, baik STO pivot atau anchor Tentunya semua dinamo di break-in dulu supaya didapat potensi RPM tertinggi dari dinamo tersebut, dan semua dinamo tidak akan sama persis, tergantung dari kualitas sampai detail terkecilnya, makanya untuk pembalap tamiya yang benar-benar pro, biasanya tiap event akan beli langsung 2 lusin dinamo, alias 24 dinamo, dan di breakin, dan biasanya hanya sekitar 30% yang bisa...