Langsung ke konten utama

Knalpot Racing saja bisa picu ledakan pom bensin?Menurut saya tidak.

Sempat ramai dan cukup viral video mobil citycar berwarna merah dan angkot biru yang sedang isi bensin di SPBU. Tiba - tiba ledakan terjadi. Video di viralkan dengan keterangan "Akibat Knalpot Racing".



Saya snapshot di detik antara 8-9


Sayangnya di video diatas tidak ada suara jelas, jika ada akan bisa membantu analisa.

Melihat api diatas mungkin sebagian orang langsung mengatakan asal percikan dari ujung knalpot yang katanya racing dari dari mobil merah, (sepertinya Ayla, kita sepakat saja itu Ayla).

DINAMO START / MOTOR STARTER
Menurut saya percikan atau spark itu mungkin juga berasal dari angkot. Lah kok aneh?
Kenapa?
Karena sering saya perhatikan kebiasaan sopir angkot di SPBU, saat antri dia matikan mesin, starter lagi, maju dikit, matikan lagi, starter lagi begitu seterusnya.


Iya memang betul diwajibkan mematikan kendaraan saat mengisi SPBU.

Cuma harap diketahui, resiko terbesar terjadi nya spark atau bunga api adalah saat motor starter berputar. Hal ini tentunya sudah diatasi oleh manufaktur mobil dengan membuat motor starter tertutup dari udara luar semaksimal mungkin. 

Ini juga yang menyebabkan kita harus menghindari terlalu sering start mobil dalam jeda yang pendek karena panas yang dihasilkan tidak bisa keluar sempurna, tiap start itu baiknya di beri jeda, yang sedikitnya 10 detik tiap start panjang, mungkin ini kita bisa bahas di postingan yang lain.

Kembali lagi ke motor starter, dalam kondisi standar oke ini safe, tapi kalau anda punya mobil yang sudah berumur 5-10tahun, mungkin anda pernah mengalami kendala starter dan memutuskan ke tempat service dinamo starter. Saya bukan mau menjelekkan tukang dinamo, tapi mungkin, karena ini hal detail dan tidak mempengaruhi fungsi, mungkin, sering terlupa.



Bayangkan kalau angkot, bagaimana proses servicenya, apa yang diutamakan? MURAH sudah pasti, hasil? yang kadang rapih, kadang tidak rapih.

BAHAS KNALPOT RACING MEMERCIKAN API?
Jika melihat keadaan video diatas, Ayla nya cukup resik dan standar ya, tapi tidak tau dibawah kap mesinnya, tapi saya yakin standar juga. Kecuali knalpot yang disinyalir racing atau silincer (tabung sebelum ujung knalpot) dilepas biar suaranya kayak mobil balap.



Apa benar cuma dengan membuang silincer api bisa keluar dari ujung knalpot? Nope.

Mengeluarkan api dari ujung knalpot berarti ada cukup bahan bakar+panas+udara diujung knalpot, hal ini cukup sulit, karena mobil sekarang rata-rata injeksi, dan bahan bakarnya benar-benar di irit oleh ECU (engine control unit), jadi kecil kemungkinan, sisa pembakaran masih mengandung bahan bakar. 

Loh kan didalam ruang bakar ada api, apinya keluar sampe ke ujung knalpot, kalau mobil mesinnya masih standar, sulit juga. Oke karena kebanyakan nonton balap mobil atau MotoGP sering liat ada api keluar. 

Mesin mobil balap dan motor balap itu memakai camshaft racing, yang timing bukan tutup klep nya sudah di rekayasa sedemikian rupa untuk menghasilkan power maximum, jadi terkadang timing pembukaan exhaust valve atau klep buang itu terjadi saat masih ada api didalam ruang bakar. 


Kita harus mengerti juga bahwa api keluar itu bukan saat mobil kita injak pedal gas tapi saat kita release atau lepas gas, biasa kalau balap saat mobil atau motor masuk tikungan, kok bisa?
Karena saat kita lepas gas, ECU tidak memerintahkan injektor untuk menyemprot bahan bakar yang cukup sesuai RPM mesin, apa yang terjadi? campuran yang sangat lean atau miskin. Akibatnya karena terlalu miskin saat busi memercikan api, pembakaran terlambat, ya iya orang banyakan udaranya dari bahan bakarnya, akibatnya? saat katup exhaust atau katup buang terbuka, pembakaran masih terjadi, keluar api deh di ujung kenalpot. Duarrr, wew.

Derp: Gw pernah liat mobil drag amerika pas digaspol keluar api. 
Ini lain soal, modifikasi nya extrem dan timing bukaan klep exhaustnya sangat awal, dan kadang dia inject nitrous oxide atau NOS, api diujung knalpotnya sampai biru.

TUMPUKAN KERAK KARBON DI PIPA KNALPOT
Oh iya satu lagi, muncul api dari knalpot juga bisa terjadi kalau tumpukan karbon / kerak karbon sudah cukup banyak di dalam pipa knalpot, kerak ini saat mesin panas ikut berpijar, jadi seperti busi kedua, tapi ga ada manfaatnya sama sekali, malah bahaya, karena bisa memanaskan bahan bakar yang tidak terbakar habis diruang bakar saat proses exhaust atau pembuangan. Hasilnya keluar api juga di knalpot. 
Ini mungkin terjadi di mobil yang berkarburator atau injeksi yang sudah berumur, jadi campuran bahan bakarnya sudah tidak pas. Bisa di cek di ujung knalpot, kalau gas buangnya rasa-rasanya perih di mata, berarti bensin kebanyakan.

SUARA VIDEO
Kalau saja video diatas ada rekaman suaranya, kita bisa memutuskan api berasal darimana, dengan cara
Kalau ada suara starter dari angkot, mungkin percikan dari dinamo start angkot.
Kalau ada suara Ayla merah itu meraung-raungkan RPM (yang saya yakin orang waras tidak gas-gas mobilnya di SPBU), kemungkinan percikan berasal dari knalpot Ayla.

SARAN
1. SPBU harus ditutup saat pengisian tangki pendam, atau kalau anda sebagai konsumen, jangan mau isi bensin saat ada truk tangki sedang parkir didalam area SPBU.
2. Kalau service dinamo starter, pastikan semua bagian tertutup sampai ke plastik-plastik dan karet kecil harus terpasang.
3. Mobil modifikasi khususnya yang memakai camshaft racing, hindari isi bensin di SPBU, beli racing fuel drum, isi di bengkel saja dalam keadaan mesin mati.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pompa Air Booster Shimizu PS 135 E Otomatis Bermasalah & Cara Menangulangi nya

Pengunaan pompa air untuk Booster sering kali digunakan untuk rumah bertingkat. Biasanya pompa booster bekerja otomatis, bisa menggunakan pressure switch atau flow switch. Penggunaan pressure switch lebih banyak, karena lebih murah dan kebanyakan sudah merupakan fitur standar dari manufaktur pompa. Kali ini saya akan membagi pengalaman menggunakan Pompa Booster Shimizu PS-135 E menggunakan pressure switch. Pembelian pompa 11 April 2015 sudah cukup berumur 4tahun usianya. Problem yang biasa terjadi untuk pompa booster tipe pressure switch. 1. Pompa On-Off dengan jeda sangat pendek ketika keran di buka 1/4 atau setengah, bahasa lainnya cetak cetek, cetek cetek 2. Pompa On terus tidak pernah mati 3. Pompa tidak mau menyala Kita bahas satu persatu

[JUAL] KYT Alpha Venom Special Edition Doni Tata Pradita #7

28-Feb-2018 Helm yang saya beli dari tahun 2014, cukup awet, dulu dipakai harian dari Fatmawati ke daerah Megakuningan. Tahun itu pilihan helm lokal tidak terlalu banyak, dan KYT Alpha Venom ini salah satu pioner double visor. Kenapa saya memilih double visor, karena terkadang saat pulang kerja ada beberapa jalan yang benar-benar menghadap ke barat, dimana matahari terbenam. Sila

Catatan Noob Dad : Denver II Test Perkembangan Kemampuan Motorik, Bahasa, Sosial

Kalau Denver II ini guidance ilmiah, di umur berapa kita expect anak kita melakukan apa. Ya selaen kata orang tua, ini dia guidance nya, dan ga perlu di banding-bandingkan dengan anak tetangga. Karena test ini pun ada persentase nya.

Substitusi Tutup Arm Supertrack RX-King dengan Vixion

RX King 2001 pakai swing arm supertrack, saat jalan, tutup arm sebelah kiri lepas, karena getaran dan baut (sialnya hanya satu) lambat laun mengendur. Sial nya lagi saat itu saya tidak sadar, jadi hilang lah tutup arm sebelah kiri. Kesalahan saya yang lain adalah, lupa memasang baut double di setelan rantai RX King Supertrack saya, harusnya jika double, baut tidak akan mudah terputar. Saya coba cari apakah ada yang jual tutup arm persis atau produk sparepart supertrack, ternyata sangat sulit, yang tersedia hanya penjualan satu set swing arm, masa iya, hilang tutup arm saja, saya harus beli satu set. Setelah cari-cari dan membandingkan ternyata dimensi tutup arm supertrack RX king hampir sama dengan tutup arm Yamaha New Vixion kode part 1PA-F2174-00. Tes pasang, pas. Bagi teman-teman pengguna RX-King, jika mengalami hal yang sama, bisa jadi opsi, ganti ke tutup New Vixion. Seperti gambar dibawah, perbandingan dimensi tutup arm supertrack dan tutup arm Yamaha  New   ...

Tabel Dinamo Tamiya Mini4WD STB Side Damper STO

Sedikit sharing data tabel dari motor guide tamiya Dibawah tabel tamiya single shaft alias as satu STB Pro boleh memakai tuned series tanpa boleh mengganti brush / arang Side Damper hampir sama tuned series, rev tuned, atomic atau torque tuned, boleh mengganti brush menggunakan batu karbon, terkadang ada beberapa kelas membolehkan light dash Rev tuned biasa digunakan chassis S2 dinamo belakang Torque Tuned digunakan oleh chassis Super FM dinamo depan Dinamo Dibawah adalah untuk double shaft, alias dinamo tengah hanya ada 6 pilihan dari official TAMIYA. STO menggunakan Hyper Dash atau Mach Dash, baik STO pivot atau anchor Tentunya semua dinamo di break-in dulu supaya didapat potensi RPM tertinggi dari dinamo tersebut, dan semua dinamo tidak akan sama persis, tergantung dari kualitas sampai detail terkecilnya, makanya untuk pembalap tamiya yang benar-benar pro, biasanya tiap event akan beli langsung 2 lusin dinamo, alias 24 dinamo, dan di breakin, dan biasanya hanya sekitar 30% yang bisa...