Langsung ke konten utama

Bersihin Head Mesin Nouvo Z 2006 dan cek kondisi internal

Hobi saya sejak lama ya bongkar motor, akhirnya baru sempat ni bersihin head + piston si nouvo yang tiap hari menemani dari rumah ke tempat kerja

oh iya sebelumnya kenapa saya iseng bersihin head karena, baut exhaust (alias knalpot) patah di dalem waduhhh, satu2 nya jalan di bawa ke tukang bubut, yaudah deh kita bongkar
For Info jangan pakai baut kuning buat knalpot, baut jenis ini gampang patah, beli baut baja yang warna nya abu2 itu lebih kuat menahan panasnya knalpot

siapin kunci dan tools
Kunci Sok 12
T 12
Obeng Kembang buat buka baut bodi nouvo yang seabrek
Tang
Fuller Gage buat setel klep clearance
Sikat Besi
Amplas


Pasien yang di eksekusi























head nya berhasil di cabut, kotor sekali, rembesan oli dimana - mana, packing - packing harus diganti


sebelum di sikat bersih ada banyak tumpukan kerak di sekitar klep exhaust.



sikat sikat dikit, yah lumayan, capek kalo mau bersih mengkilat hehehehe



trus karena cvt dah keburu kebongkar (buat nyelipin baut penahan kruk as)
sekalian aja belt nya diganti + roller diganti, coba pake 7gr (RPM motor tinggi banget baru kerasa perpindahan transmisi) kurang cocok kalo buat harian, lebih buat balap atau drag kali ya

trus coba pake 12gr, (RPM motor rendah tapi perpindahan transmisinya lemotttt bgt) efek jeleknya tenaga motor ga keluar, akselerasi loyo

terakhir saya kombinasikan aja 12+7 gr jadi seolah2 9,5 gram masing2 (dipasang selang seling)
ini lebih enak ternyata, ukuran standar roller nouvo itu 9gr kalo ga salah, ya lumayan dipasang lebih berat sedikit biar RPM motor tidak terlalu tinggi

FYI harga roller KTC Rp.67.500 beli di toko sparepart di daerah mampang (perempatan KFC duren tiga) alias Mandala Motor Jalan Buncit Raya
harga belt orisinal yamaha Rp.65.000




oh iya setelah di cek juga ternyata bearing camshaft nya udah rusak, benar - benar parah, biji - biji besi yang ada di bearing diameternya mungkin tinggal 30%, jadi camshaft tidak berputar center, ternyata selama ini yang buat motor saya langsam(stasionernya) nya naik turun ini, karena setelah diganti bearing baru, stasioner motor jadi stabil lagi

Bearing NTN 6904 C3 harga Rp.45.000 ini barang yang paling susah dicari
kalo ke dealer yamaha ni bearing tidak dijual terpisah dengan camshaft jadi mending cari ditoko onderdil ya
barang ini saya dapet di toko+bengkel di jalan pondok pinang alamat lengkapnya dibawahh
Sumber Motor Jl Ciputat Raya no 22 RT 06 RW 01 Pondok Pinang Jaksel 75915586





 oh iya selanjutnya head tadi saya bawa ke tukang bubut di daerah pondok cabe Jalan raya pondok cabe no 39C Pondok Cabe Ilir (depan lapangan terbang) Pamulang 0217496092, eh ternyata di daerah pondok pinang juga ada, ngapain jauh ke pondok cabe. ongkos bubut baut patah Rp.15.000



dan akhirnya si nouvo z sehat lagi deh,


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pompa Air Booster Shimizu PS 135 E Otomatis Bermasalah & Cara Menangulangi nya

Pengunaan pompa air untuk Booster sering kali digunakan untuk rumah bertingkat. Biasanya pompa booster bekerja otomatis, bisa menggunakan pressure switch atau flow switch. Penggunaan pressure switch lebih banyak, karena lebih murah dan kebanyakan sudah merupakan fitur standar dari manufaktur pompa. Kali ini saya akan membagi pengalaman menggunakan Pompa Booster Shimizu PS-135 E menggunakan pressure switch. Pembelian pompa 11 April 2015 sudah cukup berumur 4tahun usianya. Problem yang biasa terjadi untuk pompa booster tipe pressure switch. 1. Pompa On-Off dengan jeda sangat pendek ketika keran di buka 1/4 atau setengah, bahasa lainnya cetak cetek, cetek cetek 2. Pompa On terus tidak pernah mati 3. Pompa tidak mau menyala Kita bahas satu persatu

[JUAL] KYT Alpha Venom Special Edition Doni Tata Pradita #7

28-Feb-2018 Helm yang saya beli dari tahun 2014, cukup awet, dulu dipakai harian dari Fatmawati ke daerah Megakuningan. Tahun itu pilihan helm lokal tidak terlalu banyak, dan KYT Alpha Venom ini salah satu pioner double visor. Kenapa saya memilih double visor, karena terkadang saat pulang kerja ada beberapa jalan yang benar-benar menghadap ke barat, dimana matahari terbenam. Sila

Catatan Noob Dad : Denver II Test Perkembangan Kemampuan Motorik, Bahasa, Sosial

Kalau Denver II ini guidance ilmiah, di umur berapa kita expect anak kita melakukan apa. Ya selaen kata orang tua, ini dia guidance nya, dan ga perlu di banding-bandingkan dengan anak tetangga. Karena test ini pun ada persentase nya.

Substitusi Tutup Arm Supertrack RX-King dengan Vixion

RX King 2001 pakai swing arm supertrack, saat jalan, tutup arm sebelah kiri lepas, karena getaran dan baut (sialnya hanya satu) lambat laun mengendur. Sial nya lagi saat itu saya tidak sadar, jadi hilang lah tutup arm sebelah kiri. Kesalahan saya yang lain adalah, lupa memasang baut double di setelan rantai RX King Supertrack saya, harusnya jika double, baut tidak akan mudah terputar. Saya coba cari apakah ada yang jual tutup arm persis atau produk sparepart supertrack, ternyata sangat sulit, yang tersedia hanya penjualan satu set swing arm, masa iya, hilang tutup arm saja, saya harus beli satu set. Setelah cari-cari dan membandingkan ternyata dimensi tutup arm supertrack RX king hampir sama dengan tutup arm Yamaha New Vixion kode part 1PA-F2174-00. Tes pasang, pas. Bagi teman-teman pengguna RX-King, jika mengalami hal yang sama, bisa jadi opsi, ganti ke tutup New Vixion. Seperti gambar dibawah, perbandingan dimensi tutup arm supertrack dan tutup arm Yamaha  New   ...

Tabel Dinamo Tamiya Mini4WD STB Side Damper STO

Sedikit sharing data tabel dari motor guide tamiya Dibawah tabel tamiya single shaft alias as satu STB Pro boleh memakai tuned series tanpa boleh mengganti brush / arang Side Damper hampir sama tuned series, rev tuned, atomic atau torque tuned, boleh mengganti brush menggunakan batu karbon, terkadang ada beberapa kelas membolehkan light dash Rev tuned biasa digunakan chassis S2 dinamo belakang Torque Tuned digunakan oleh chassis Super FM dinamo depan Dinamo Dibawah adalah untuk double shaft, alias dinamo tengah hanya ada 6 pilihan dari official TAMIYA. STO menggunakan Hyper Dash atau Mach Dash, baik STO pivot atau anchor Tentunya semua dinamo di break-in dulu supaya didapat potensi RPM tertinggi dari dinamo tersebut, dan semua dinamo tidak akan sama persis, tergantung dari kualitas sampai detail terkecilnya, makanya untuk pembalap tamiya yang benar-benar pro, biasanya tiap event akan beli langsung 2 lusin dinamo, alias 24 dinamo, dan di breakin, dan biasanya hanya sekitar 30% yang bisa...