Langsung ke konten utama

Podium 2, Seri-1 D'Event 2018 Sirkuit Sentul, Underbone 4tak, Non Plus


 Minggu, 11 Februari 2018

Ikut berpartisipasi pada ajang D' Event Fun Race Seri-1 - 2018 di Sirkuit Permanen, Sentul Karting atau Sentul Kecil.

Minggu ini cukup sibuk, karena di hari sabtu saya mengikuti tes bahasa inggris IELTS yang baru selesai sore menjelang maghrib. Kondisi fisik tidak fit 100% karena batuk, dan radang tenggorokan. Di perparah karena di porsir untuk tes bahasa inggris IELTS, malah jadi flu, sendi pinggang sakit sampai tidak bisa di tekuk. Panik karena esok hari, di hari minggu sudah daftar untuk balap motor, serta crew R-Flamboyan Racing Team, terutama Chief Mekanik, Bang Ale yang sudah mempersiapkan motor dengan baik.


Cukup memaksakan diri untuk tetap ikut karena tidak mau team kecewa, ditopang vitamin C dan obat batuk, pagi hari ditemani istri berangkat ke Sirkuit Sentul. Padahal malam hari nya tidak cukup tidur karena terganggu batuk yang bisa tiba-tiba membuat terbangun.

Sampai sirkuit sesi Latihan Bebas-1 sudah berlangsung, tidak tergesa-gesa, bersiap memakai wearpack, stretching sebentar. Cek secara cepat saja kondisi motor Yamaha Jupiter Z saya.

Latihan Bebas Sesi-1 selesai, saya tidak bisa bergabung, jadi harus menunggu giliran. Kondisi trek agak basah karena hujan.

Baru ikut bergabung di Latihan Bebas Sesi-2, masuk trek dengan kondisi trek setengah basah, membukukan 2-Lap dengan best time 1:08 (diukur dengan aplikasi RaceChrono), ada yang tidak beres dengan kondisi rem depan. Keluar track, kembali ke paddock R-Flamboyan Racing Team.

Di cek oleh Mekanik Bang Udjie dan Bang Phei, ternyata karena kampas rem masih baru jadi tidak ada cengkraman ke piringan cakram. Kedua mekanik kerja sangat cepat, kampas rem yang masih panas langsung di lepas dan di amplas, 5 menit, ya cuma 5 menit, sudah terangkai kembali dan saya memasuki track lagi, luar biasa memang kerja kedua mekanik ini. Selesai 6 Lap, best time tidak bergeming 1:08, cukup buruk, mengingat saya dan motor ini pernah membukukan 1:05...

Istirahat dan menunggu giliran untuk Latihan Bebas Sesi-3

Di sesi-3, kondisi trek lumayan kering, karena sesi terakhir, lebih ramai, dan bercampur dengan pembalap seeded. Latihan sesi terakhir bisa di bilang yang paling rusuh, banyak yang crash, dan celakanya di R-7 ada oli yang bercecer. 4 Lap saja saya lakukan, best time membaik 1:07.

Kira-kira jam 9, sesi latihan sudah selesai, Race saya di perkirakan jam 11. ini dia saat yang paling saya sukai, yaitu ngobrol-ngobrol dengan team sambil sarapan. Karena suasana santai, team ada beberapa yang bawa anak nya, jadi lebih seperti suasana piknik ketimbang balapan yang mencekam dan aura serius. Kondisi seperti ini menurut saya baik sekali untuk pembalap, karena mental yang baik dan suasana senang itu lebih bagus daripada kondisi mental tertekan. Ini akan pengaruh sekali dengan jalannya balapan nanti.

Disamping kondisi paddock yang happy, juga kondisi motor yang 100% fit, hampir semua race motor-motor yang dibuat R-Flamboyan tidak mengalami trouble, dan percaya atau tidak ada motor jupiter Z yang dipakai balap, sudah 2-tahun tidak pernah jebol atau harus ganti part yang berarti. Awetttt.

Race time, 11 starter, saya start di posisi ke 7, dikelas Bebek 4Tak, Non Plus, dikelas ini saya ditemani 2 rekan satu team, Bang Fadly dan Tiar. Jumlah Lap yang harus ditempuh 5 laps.
Lepas start saya langsung ke posisi 6. Di lap 3 berhasil ke posisi 3, sayangnya Tiar yang di posisi-1 terjatuh karena ceceran oli di tikungan ke - 7, saya dan fadly beriringan di posisi 3 dan 4. Saya duel cukup sengit dengan pembalap di posisi ke-2. Secara kecepatan, motor saya jauh lebih baik dari posisi-2, tetapi gaya balap si posisi-2 ini berbahaya, dan nekat, karena masih muda sepertinya, saya dan dia bergantian menduduki posisi-2.
Hingga di lap ke 4, di tikungan 12 dari 14 tikungan di Sirkuit Sentul, rival saya ini melakukan kesalahan. Saya sudah posisi didepannya dan masuk ke tikungan dari luar ke dalam, dia memaksakan untuk late braking dan berbenturan dengan saya, karena posisi dia didalam, dia tidak bisa berkutik dan terjatuh. Hasil race saya menduduki podium 2 dan Fadly rekan satu team saya di posisi 3.

Cuplikan balap onboard dari helmet camera saya ada dibawah.



Congrats R-Flamboyan Racing Team. 



#Roadrace #Jupiter #Yamaha

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pompa Air Booster Shimizu PS 135 E Otomatis Bermasalah & Cara Menangulangi nya

Pengunaan pompa air untuk Booster sering kali digunakan untuk rumah bertingkat. Biasanya pompa booster bekerja otomatis, bisa menggunakan pressure switch atau flow switch. Penggunaan pressure switch lebih banyak, karena lebih murah dan kebanyakan sudah merupakan fitur standar dari manufaktur pompa. Kali ini saya akan membagi pengalaman menggunakan Pompa Booster Shimizu PS-135 E menggunakan pressure switch. Pembelian pompa 11 April 2015 sudah cukup berumur 4tahun usianya. Problem yang biasa terjadi untuk pompa booster tipe pressure switch. 1. Pompa On-Off dengan jeda sangat pendek ketika keran di buka 1/4 atau setengah, bahasa lainnya cetak cetek, cetek cetek 2. Pompa On terus tidak pernah mati 3. Pompa tidak mau menyala Kita bahas satu persatu

Catatan Noob Dad : Denver II Test Perkembangan Kemampuan Motorik, Bahasa, Sosial

Kalau Denver II ini guidance ilmiah, di umur berapa kita expect anak kita melakukan apa. Ya selaen kata orang tua, ini dia guidance nya, dan ga perlu di banding-bandingkan dengan anak tetangga. Karena test ini pun ada persentase nya.

ETL Extract Transform Load

Complete the  transform_avg_rating()  function by grouping by the  course_id  column, and taking the mean of the  rating  column. Use  extract_rating_data()  to extract raw ratings data. It takes in as argument the database engine  db_engines . Use transform_avg_rating() on the raw rating data you've extracted. Mencari kesamaan antar user 1 2 3 berdasarkan rating yang di input di sistem Now that you have a grasp of what's happening in the  datacamp_application   database, let's go ahead and write up a query for that database. The goal is to get a feeling for the data in this exercise. You'll get the rating data for three sample users and then use a predefined helper function,  print_user_comparison() , to compare the sets of course ids these users rated. Complete the connection URI. The database is called  datacamp_application . The host is  localhost  with port  5432 . The username is  repl  and t...

Ganti Oli Matic Soluna 2001 Oli Castrol Dexron III - 7April2017

7 April 17 Hampir aja lupa ganti oli si Luna, nanti pengaruh ke performa lagi, mengingat umur si Luna yang tidak lagi belia hehehehe. KM170.000 harusnya udah ganti oli, ehh 173.000KM baru inget ganti gara-gara baru liat penanda oli. Meluncur ke bengkel Worner Matic di seputaran Bintaro, disamping Pasar Modern Bintaro. Sudah telpon dulu sebelumnya ke nomor yang ada di Google 0812-1015-018. Janji jam 1 siang untuk penggantian oli. Sebelum penggantian ada tanya jawab singkat dulu dengan sang pemilik bengkel, orangnya sangat informatif dan mengerti pemilihan oli matic untuk mobil - mobil, dari tahun 1990 - 2000, 2000-2010 , sampai dengan 2010-2017 (sekarang). Untuk Soluna disarankan menggunakan ATF seri Dex III (tiga). Luna masih belum CVT, masih matic konvensional. Dua macam merk oli ditawarkan 1. Prestone Multi-Vehicle Synthetic ATF Rp.85.000,- (harga tidak mengikat dan merupakan hak bengkel untuk menaikkan atau menurunkan) 2. Castrol ATF Dex III Harga Rp.80.000,- (harga...

Macam-macam ukuran ban sepeda 2024 reference Schwalbe

16 April 2024 Drop Bar & Hybrid Ban 700C RB Gravel Komuter Ban nya roadbike , tapi sepeda komuter dan sepeda gravel juga Pada umumnya ban 700c yang tipis dan slick (tanpa pola) bagus untuk kecepatan di jalan yang mulus. Ukuran 23mm, 25mm , 32mm biasa terpakai di roadbike, saya sendiri menggunakan 28mm karena jalanan Indonesia tidak terlalu mulus, dari pengalaman jarang bocor karena ban lebih tebal daripada 23mm (pure roadbike).