Langsung ke konten utama

Podium 2, Seri-1 D'Event 2018 Sirkuit Sentul, Underbone 4tak, Non Plus


 Minggu, 11 Februari 2018

Ikut berpartisipasi pada ajang D' Event Fun Race Seri-1 - 2018 di Sirkuit Permanen, Sentul Karting atau Sentul Kecil.

Minggu ini cukup sibuk, karena di hari sabtu saya mengikuti tes bahasa inggris IELTS yang baru selesai sore menjelang maghrib. Kondisi fisik tidak fit 100% karena batuk, dan radang tenggorokan. Di perparah karena di porsir untuk tes bahasa inggris IELTS, malah jadi flu, sendi pinggang sakit sampai tidak bisa di tekuk. Panik karena esok hari, di hari minggu sudah daftar untuk balap motor, serta crew R-Flamboyan Racing Team, terutama Chief Mekanik, Bang Ale yang sudah mempersiapkan motor dengan baik.


Cukup memaksakan diri untuk tetap ikut karena tidak mau team kecewa, ditopang vitamin C dan obat batuk, pagi hari ditemani istri berangkat ke Sirkuit Sentul. Padahal malam hari nya tidak cukup tidur karena terganggu batuk yang bisa tiba-tiba membuat terbangun.

Sampai sirkuit sesi Latihan Bebas-1 sudah berlangsung, tidak tergesa-gesa, bersiap memakai wearpack, stretching sebentar. Cek secara cepat saja kondisi motor Yamaha Jupiter Z saya.

Latihan Bebas Sesi-1 selesai, saya tidak bisa bergabung, jadi harus menunggu giliran. Kondisi trek agak basah karena hujan.

Baru ikut bergabung di Latihan Bebas Sesi-2, masuk trek dengan kondisi trek setengah basah, membukukan 2-Lap dengan best time 1:08 (diukur dengan aplikasi RaceChrono), ada yang tidak beres dengan kondisi rem depan. Keluar track, kembali ke paddock R-Flamboyan Racing Team.

Di cek oleh Mekanik Bang Udjie dan Bang Phei, ternyata karena kampas rem masih baru jadi tidak ada cengkraman ke piringan cakram. Kedua mekanik kerja sangat cepat, kampas rem yang masih panas langsung di lepas dan di amplas, 5 menit, ya cuma 5 menit, sudah terangkai kembali dan saya memasuki track lagi, luar biasa memang kerja kedua mekanik ini. Selesai 6 Lap, best time tidak bergeming 1:08, cukup buruk, mengingat saya dan motor ini pernah membukukan 1:05...

Istirahat dan menunggu giliran untuk Latihan Bebas Sesi-3

Di sesi-3, kondisi trek lumayan kering, karena sesi terakhir, lebih ramai, dan bercampur dengan pembalap seeded. Latihan sesi terakhir bisa di bilang yang paling rusuh, banyak yang crash, dan celakanya di R-7 ada oli yang bercecer. 4 Lap saja saya lakukan, best time membaik 1:07.

Kira-kira jam 9, sesi latihan sudah selesai, Race saya di perkirakan jam 11. ini dia saat yang paling saya sukai, yaitu ngobrol-ngobrol dengan team sambil sarapan. Karena suasana santai, team ada beberapa yang bawa anak nya, jadi lebih seperti suasana piknik ketimbang balapan yang mencekam dan aura serius. Kondisi seperti ini menurut saya baik sekali untuk pembalap, karena mental yang baik dan suasana senang itu lebih bagus daripada kondisi mental tertekan. Ini akan pengaruh sekali dengan jalannya balapan nanti.

Disamping kondisi paddock yang happy, juga kondisi motor yang 100% fit, hampir semua race motor-motor yang dibuat R-Flamboyan tidak mengalami trouble, dan percaya atau tidak ada motor jupiter Z yang dipakai balap, sudah 2-tahun tidak pernah jebol atau harus ganti part yang berarti. Awetttt.

Race time, 11 starter, saya start di posisi ke 7, dikelas Bebek 4Tak, Non Plus, dikelas ini saya ditemani 2 rekan satu team, Bang Fadly dan Tiar. Jumlah Lap yang harus ditempuh 5 laps.
Lepas start saya langsung ke posisi 6. Di lap 3 berhasil ke posisi 3, sayangnya Tiar yang di posisi-1 terjatuh karena ceceran oli di tikungan ke - 7, saya dan fadly beriringan di posisi 3 dan 4. Saya duel cukup sengit dengan pembalap di posisi ke-2. Secara kecepatan, motor saya jauh lebih baik dari posisi-2, tetapi gaya balap si posisi-2 ini berbahaya, dan nekat, karena masih muda sepertinya, saya dan dia bergantian menduduki posisi-2.
Hingga di lap ke 4, di tikungan 12 dari 14 tikungan di Sirkuit Sentul, rival saya ini melakukan kesalahan. Saya sudah posisi didepannya dan masuk ke tikungan dari luar ke dalam, dia memaksakan untuk late braking dan berbenturan dengan saya, karena posisi dia didalam, dia tidak bisa berkutik dan terjatuh. Hasil race saya menduduki podium 2 dan Fadly rekan satu team saya di posisi 3.

Cuplikan balap onboard dari helmet camera saya ada dibawah.



Congrats R-Flamboyan Racing Team. 



#Roadrace #Jupiter #Yamaha

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pompa Air Booster Shimizu PS 135 E Otomatis Bermasalah & Cara Menangulangi nya

Pengunaan pompa air untuk Booster sering kali digunakan untuk rumah bertingkat. Biasanya pompa booster bekerja otomatis, bisa menggunakan pressure switch atau flow switch. Penggunaan pressure switch lebih banyak, karena lebih murah dan kebanyakan sudah merupakan fitur standar dari manufaktur pompa. Kali ini saya akan membagi pengalaman menggunakan Pompa Booster Shimizu PS-135 E menggunakan pressure switch. Pembelian pompa 11 April 2015 sudah cukup berumur 4tahun usianya. Problem yang biasa terjadi untuk pompa booster tipe pressure switch. 1. Pompa On-Off dengan jeda sangat pendek ketika keran di buka 1/4 atau setengah, bahasa lainnya cetak cetek, cetek cetek 2. Pompa On terus tidak pernah mati 3. Pompa tidak mau menyala Kita bahas satu persatu

Substitusi Tutup Arm Supertrack RX-King dengan Vixion

RX King 2001 pakai swing arm supertrack, saat jalan, tutup arm sebelah kiri lepas, karena getaran dan baut (sialnya hanya satu) lambat laun mengendur. Sial nya lagi saat itu saya tidak sadar, jadi hilang lah tutup arm sebelah kiri. Kesalahan saya yang lain adalah, lupa memasang baut double di setelan rantai RX King Supertrack saya, harusnya jika double, baut tidak akan mudah terputar. Saya coba cari apakah ada yang jual tutup arm persis atau produk sparepart supertrack, ternyata sangat sulit, yang tersedia hanya penjualan satu set swing arm, masa iya, hilang tutup arm saja, saya harus beli satu set. Setelah cari-cari dan membandingkan ternyata dimensi tutup arm supertrack RX king hampir sama dengan tutup arm Yamaha New Vixion kode part 1PA-F2174-00. Tes pasang, pas. Bagi teman-teman pengguna RX-King, jika mengalami hal yang sama, bisa jadi opsi, ganti ke tutup New Vixion. Seperti gambar dibawah, perbandingan dimensi tutup arm supertrack dan tutup arm Yamaha  New   ...

Berapa Lama Sih Daya Tahan Rekam Baterai GoPro Hero 4 5 6 7

Berapa daya tahan batre GoPro Hero normalnya saat merekam nonstop. Disadur dari https://gopro.com/ Sangat bergantung dari setting video yang anda pakai, semakin tinggi set nya, semakin cepat batre akan habis, dan kondisi dibawah adalah ideal saat GoPro di pakai di temperatur normal 25-30 derajat Celcius. Kondisi sangat panas atau sangat dingin akan menyebabkan baterai akan lebih cepat habis Saya sendiri lebih sering menggunakan setting 1080p60, karena saya rasa masih cukup untuk kebutuhan sekarang, 1080p60 setara dengan FULL HD. Saat proses editing juga tidak terlalu berat untuk spesifikasi komputer menengah/ laptop gaming mid. HERO 7 Black 1080p60 akan bertahan record selama 85-90 menit atau sekitar 1.5jam. HERO 6 Black 1080p60 akan bertahan record selama 100 menit. HERO 5 Black 1080p60 akan bertahan record selama 120 menit atau sekitar 2jam. HERO 4 Black 1080p60 akan bertahan record selama 80 menit atau sekitar 1jam 20menit. HERO 4 Silver1080p60 akan bertahan record s...

Catatan Noob Dad : Denver II Test Perkembangan Kemampuan Motorik, Bahasa, Sosial

Kalau Denver II ini guidance ilmiah, di umur berapa kita expect anak kita melakukan apa. Ya selaen kata orang tua, ini dia guidance nya, dan ga perlu di banding-bandingkan dengan anak tetangga. Karena test ini pun ada persentase nya.

Timing Belt Toyota Soluna Japan or Thailand?

9 Jul 2019 Baru ganti timing belt Toyota Soluna Posisi KM 200.000, setelah sebelumnya di tahun 2014 KM 120.000 diganti di auto 2000, sebenarnya ini kelewat interval anjuran dari AUTO2000 yang disarankan tiap 60.000km. Waktu di bongkar saya liat Timing Belt terpasang kode part nya 13568-16051, tidak tertera made in mana. Dari penjelasan mekanik timing belt nya masih bagus dan layak pakai. Tapi tetap saja saya ganti, mengingat sudah menempuh putaran yang mencapai 80.000km. Timing Belt yang terpasang