Langsung ke konten utama

Las, Gerinda, Bearing, Cat dan Safety langsung praktek

Libur Akhir Tahun 24-31 Desember 2020

Disamping PSBB dan WFH eh dapat rejeki libur panjang pula, punya waktu banyak sekali, Alhamdulillah.

Tiap Pagi dan Sore main dengan anak keliling komplek, tapi kok lihat alat-alat permainan banyak yang rusak hmmm, kayaknya bisa nih di perbaiki.

Seenggaknya saya yang sekarang belum berani bawa jalan-jalan anak saya ke tempat-tempat main atau wisata, anak saya bisa main di fasilitas komplek.

Target pertama adalah jungkat jungkit yang karam, yes karam, ditimbun-timbun, entah.


Mumpung bentuk masih ada, lihat satu dua kali, ukur-ukur pakai meteran dan jangka sorong (yes gw punya jangka sorong alias vernier caliper, what a geek).

Buat rencana. (Engineering)

Dimulai dari shaft (as) shockbreaker yamaha nouvo bekas, disimpan sejak lama, akhirnya dia menemukan tujuan besar hidupnya hahaha , shaft ini jadi ini titik mulai desain nya.

Shaft terbuat dari stainless steel, tebal, diameter luar 25mm


Drawing buat ke tukang las, untuk dudukan bearing, tukang las minta 50rb (mahal itungannya) tapi gpp sedekah, karena saya malas dan ga punya alat bending plat.


Pengadaan (Procurement)

Coba beli bearing 6205 dgn ukuran lubang 25mm terlalu peret, malas kalau harus di heating dulu buat buka, jadi beli lagi bearing 6206 diameter 30mm, nanti di las titik saja di shaft nya. Harga bearing cuma 10rb/pcs




Tahap rencana banyak banget ide, tapi yg paling utama adalah cost optimization, ya, yang termurah.

Mau beli pillow block bearing, sebiji udah 70-100rb, mahal. Dicoret plan pillow block dari list.


Sedikit intermezo
cara baca bearing di sederhanakan

Jadi arti angka bearing 6206-2RS yang saya beli adalah
62 = light
06 = ukuran lobang dalam yaitu 06 x 5 = 30mm
2RS = dua non contact seal, itu plastik penutup bearingnya
https://www.nodeshk.com/img/timken/deep/nomenclature.png
https://www.nodeshk.com/img/timken/deep/nomenclature.png


oh iya lupa kadang ada bearing nulis C3 C2 diakhir, itu toleransinya.
dulu pas masih dablek, kirain C3 itu racing, ternyata ya artinya loose, alias longgar, lebih lancar berarti.




Bisa bayangin ga kalo ga di standarisasi? ada orang buat shaft ukuran as ukuran 11mm, mau dipasangin bearing apaan coba, kecuali emang mau oplak2 atau di las kayak saya (shaft ukuran 25 pake bearing ukuran 30mm)


Konstruksi atau Fabrikasi (Construction)

Lanjut eksekusi, dengan mesin las pinjaman, sambil belajar-belajar, dulu udah pernah pas kuliah pakai mesin las, dan kalau sekarang-sekarang lebih sering pakai solder, ternyata mirip-mirip, cuma kalau las lebih seram saja.

Full proteksi;

1. Glove kulit
2. Topeng Las / Kacamata Las
3. Sepatu (baiknya sepatu semata kaki)

Ya kalau dilihat kayak kurang rock and roll ya kalau pake proteksi, tapi gpp, saya bukan mau terlihat keren, tapi yang penting selamat sehat, ga kurang satu jari pun setelah kerja, dulu pas masih bodoh-bodohan udah pernah kena mata gerinda, kena bunga api las ampe melepus, jadi kalau sekarang no thanks. Mana udah kerja kantoran juga, malu kalau ada koreng-koreng.

Sedikit video tentang pentingnya menggunakan safety glass saat gerinda [safety moment]

gerinda nancep safety glass, bayangin kalo ga pake.


Kalau di universitas las listrik ini dikategorikan sebagai SMAW alias Shield Metal Arc Welding.

Ya las yang common banget, buat railing tangga, buat besi-besi di rumah kita.

Selain itu ada juga las karbit itu Oxy-Fuel Welding or Cutting namanya. biasa buat pelat-pelat yang lebih tipis thickness 1-2mm masih bisa di las.


Pakai las listrik alias SMAW susah-susah ngeri, disamping panas kena bunga api, kalau kelamaan malah besi nya jadi meleleh dan bolong, salut lah sama tukang-tulang las. Hebattt, full skill banget ngelas ini.

Makanya ada sertifikasinya kalau di dunia kerja.


Setelah pekerjaan hot work, lanjut pekerjaan surface protection alias di cat, biar ga cepat ancur karena karat. Pakai cat sisa dengan metode kuas hahaha.

Cat semprot lebih gampang sebenarnya tapi mahal in total.




Selesai.

All work done dan paid off dengan senyuman si junior. Dikasih saran ama istri juga, kasih ban bekas buat damper biar ga terlalu sakit pas jungkat jungkit, nice idea, implemented incorporated.


Oh iya gambar bintang dan matahari itu pesanan anak saya.


Tahap Pengetesan (Commissioning)

Aman di loading sama saya dengan berat 70kg +

Perawatan (Maintenance and Preservation)
sekali-sekali juga saya cek lubrikasi di bearingnya, jangan sampai rusak dan hancur, dikasih gemuk atau oli. Oh iya kebetulan bearing 6206 yang saya beli ada shieldnya, jadi lebih awet, shield nya saya pasang.

Ya sesuai dengan bidang kerja saya tahapannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Qatar Karting Championship 2024 Round 4, Highspeed with M-Shape Track Layout

3-4 Jun 2024 Favorite M-Shape layout by Miss Paige, personally I don't really like it, since I will be dive brake there and everyone will not be happy, I cannot battle the temptation, all my life, and my riding style is late braking, so If you saw me behind you at "warzone" and I'm in battle mode, be cautious, karting is a little "too safe" for me, little scrub will happened. However, if I'm in friendly mode, when battle for 0 zero points, I will let you pass or let you take the turn too safely. During QTT, I got kart no 17, the most fast kart, problem, QTT need to slow down, I want to go to below 10 group, easy group. So I will be able to score some points. Pre final race Warzone, chaos, everybody bumping, just enjoying the ride. Grand Final Honestly I got very bad kart (not trying to make excuse here), position 11 until 20 is ZERO points, so what to do? just finish the race, I have nothing to chase, so next round last round 5, I will do it my way. I al...

Tujuan Manusia diciptakan adalah untuk beribadah kepada Allah dan mengharapkan Ridho Allah semata

7 Apr 2025 Pernah ada fasa memikirkan apa guna nya hidup di umur kepala 2x, kalau dulu s.d masa kuliah masih no clue, ya banyak impian apalagi hasil tontonan film 90an s.d 2000, hidup menarik sekali, jadi superhero, jadi kaya, bisa beli mainan apa saja. Banyak kegiatan menantang yg bisa di coba, tiap hari bangun punya drive baru untuk dilakukan, punya target baru yg harus dikejar. Semakin tua banyak impian yg bisa, tidak bisa dan ada yg mustahil dicapai, apalagi dari kecil terbiasa result driven, kalau nda dapat apa2 buat apa berusaha. Sulit sekali nanti hanya utk sekedar bangun tidur hari itu saja sudah tidak ada drive apa2 lagi. Nanti ada masa nya, semua drive atau tujuan dunia tidak memenuhi dahaga lagi, disini lah peran agama, ya yg idealnya harus di pupuk sedari kecil, tapi tidak ada kata terlambat, kapan pun kita mulai mendekat ke agama itu memang waktu yg terbaik dan memang Allah yg memberikan hidayahnya. Sekarang ambisi dan agresifitas sudah berkurang di diri saya, kondisi seka...

Soluna Matic Tiba - Tiba tidak bisa distarter

13-Juni-17 Pagi hari setelah isi bensin, saya coba start soluna matic saya, wahh ga ada tanda tanda sama sekali. Minta tolong petugas SPBU untuk dorong kepinggir. Saya ingat-ingat apakah karena aki yang sudah berumur. Tapi di bodi aki, tahun 2016 yang ditulis penjual aki dengan spidol. Setelah menunggu sekitar 15 menit, seperti yang disarankan petugas keamanan security "panas aja pak, tar juga bisa lagi". Benar saja, saat kunci kontar di putar langsung bisa starter. Hah?wah aneh sekali.

GoPro Hero 8 Kena Air Laut, Apa Kabarnya?

 29 Jan 2021 Ini punya salah satu customer dia punya hero 7 dan 8. GoPro Hero 7 & 8 yang katanya tahan air laut tanpa casing tambahan, dibawalah berenang di laut. GoPro Hero 7 & 8 are said to be air and sea resistant without additional casing, they can be taken for swimming in the sea. Blepp Tau-tau ga mau nyala lagi it wont turn on anymore GoPro dikirim ke saya untuk di cek, apa isi nya? silahkan disimak. Gopro being sent to me for checking, we will see what inside? keep up with me dear readers. Nah itu dia kondisinya Those picture is the condition Mainboard berkarat putih-putih, utk hero 8 cenderung mainboard saja White rust in the mainboard, for hero 8 tend the rust on the mainboard only. Kalau hero 5 6 7, sering tapi ga selalu, mainboard kena, dan juga LCD juga kena. For hero 5 6 7, often but not always, mainboard damaged and also the LCD screen damaged due to seawater. Solusi? Solution? Kalau sudah begini sih ga ada cara lain selain ganti mainboard, karena percuma di g...

DIY [Do It Yourself] Perbaikan Kisi - kisi Blower AC Mobil Soluna yang patah

Mau share sedikit ilmu yang didapat dari browsing - browsing di internet, Cara hemat dan murah memperbaiki kisi - kisi AC mobil Soluna atau mobil lain yang tipe nya sama / mirip (keluaran tahun 2000 an). Biasanya kisi - kisi jenis ini problemnya adalah sudu - sudu pengarah arah anginnya sudah tidak bisa di perintah bergerak kiri atau kekanan, dan problemnya karena batang penyatu semua sudu - sudu getas dan patah.