Langsung ke konten utama

Tips Ganti Bohlam Lampu Dashboard Soluna

Lampu Dashboard Toyota SOLUNA mati, jadi agak gelap di bagian knob AC.
Ternyata Lampu T5 nya mati atau lampu bayonet atau lampu tusuk.
Jumlah Lampu hanya ada satu dan posisi nya dibalik lambang LO - HI dari kecepatan fan.







Tahap awal posisi kan perseneling di posisi N untuk mobil matic, kalau mobilnya manual posisi persneling tidak akan mengganggu jadi bisa ke step selanjutnya.

Step selanjutnya yaitu melepas knob termostat dan knob venting serta knob pengaturan kecepatan fan. 
Triknya jangan menggunakan obeng atau pisau atau benda tajam lain, karena beresiko membuat plastik dashboard tergores, cukup siapkan tali bangunan atau pita atau tali rafia.


Untuk kasus saya, karena ada tali pita, saya pakai tali pita, selipkan di belakang knob dan tepat di bagian tengah knob, tarik dengan perlahan, dan knob akan terlepas, tanpa resiko merusak atau mematahkan knob.



Selanjutnya lepaskan frame dashboard, lanjut tarik/congkel dengan tangan panel termostat, disitu ada lampu T5 yang harus di ganti, cabut dan pasang lampu baru, sebelum di rapihkan seperti semula tes dulu, hidupkan lampu kecil/ lampu kota.




Selesai. Semoga Bermanfaat.

Video komplit nya ada dibawah

Komentar

  1. Sdh saya cb dan sukses...saya mo minta infonya lg soal tombol Hazard Soluna,apakah ada lampu t5 jg? Krn biasa nya mobil tombol Hazard nya ada lampunya,gmn cara bongkar tombol Hazard Soluna nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nahh ini belum sampai ilmu saya gan, sharing2 ya kalau sudah dapat caranya

      Hapus
  2. Sama siapa yg punya ilmu ganti lampu Hazard soluna..Krn klo dari kolom tape mobil susah dan jangkau...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bersihin Head Mesin Nouvo Z 2006 dan cek kondisi internal

Hobi saya sejak lama ya bongkar motor, akhirnya baru sempat ni bersihin head + piston si nouvo yang tiap hari menemani dari rumah ke tempat kerja oh iya sebelumnya kenapa saya iseng bersihin head karena, baut exhaust (alias knalpot) patah di dalem waduhhh, satu2 nya jalan di bawa ke tukang bubut, yaudah deh kita bongkar For Info jangan pakai baut kuning buat knalpot, baut jenis ini gampang patah, beli baut baja yang warna nya abu2 itu lebih kuat menahan panasnya knalpot siapin kunci dan tools Kunci Sok 12 T 12 Obeng Kembang buat buka baut bodi nouvo yang seabrek Tang Fuller Gage buat setel klep clearance Sikat Besi Amplas Pasien yang di eksekusi

DIY [Do It Yourself] Perbaikan Kisi - kisi Blower AC Mobil Soluna yang patah

Mau share sedikit ilmu yang didapat dari browsing - browsing di internet, Cara hemat dan murah memperbaiki kisi - kisi AC mobil Soluna atau mobil lain yang tipe nya sama / mirip (keluaran tahun 2000 an). Biasanya kisi - kisi jenis ini problemnya adalah sudu - sudu pengarah arah anginnya sudah tidak bisa di perintah bergerak kiri atau kekanan, dan problemnya karena batang penyatu semua sudu - sudu getas dan patah.

Do It Yourself Ganti Roller CVT Nouvo/Mio

26 Maret 2014 Ada waktu senggang lagi buat oprek motor, melalui discuss di group kaskus, ada yang memberi masukan, untuk menggunakan roller 9gram agar tarikan bawah / akselerasi lebih bagus. Saya tebus aja roller KTC 9gram di mandala motor mampang, seharga Rp.67.500. Oh iya, sebelumnya si nouvo pake roller kombinasi 12gram dan 7 gram (rencananya roller nya mau dijual kali laku :P)  ini linknya Oke langsung ke main action Bongkar2 CVT Tools yang diperlukan, kunci L, kunci sok 17, karena saya mendukung safety jadi pake sarung tangan, biar keren

Podium 3 Seri Perdana Mesin Potong Rumput GP, Balap Gokart, Exhibition Class

Sabtu, 3 Februari 2018 Bale Kota Mall Tangerang, Jakarta, di Sirkuit Lamtoro Karting, saya mengikuti kejuaraan Balap Gokart, MPRGP, kelas exhibition. Kelas ini diramaikan oleh 12 starter, lomba dijalankan dua sesi, Heat-1 atau Kualifikasi dan Final. Gokart dan grid start di dapat dengan sistem random dari acakan laptop (microsoft Excel) asik juga cara panitia mesin potong rumput GP buat sistem undiannya. Seingat saya, saya mendapatkan gokart dengan nomor 8, kondisi setir kurang baik, tetapi performa mesin oke,

API Human Factor 2005

Saat anda mendesain suatu peralatan teknis yang memerlukan interface dengan operator. Seperti Panel, Control Station, HMI (Human Machine Interface), Push Button, Valve, anda harus mempertimbangkan human factor atau usernya. Jika peralatan tersebut dipasang di Asia atau di Eropa tentunya tinggi akses akan berbeda karena tinggi average atau rata-rata personel di area tersebut ditentukan oleh faktor genetika nya. Hadirlah API Human Factor menjadi guideline (tapi ini tentunya terbatas di US saja datanya, untuk asia silahkan di sesuaikan), bisa menggunakan data di bps.go.id melihat data statistik morfologi manusia khususnya di Indonesia.