Langsung ke konten utama

[DIY] Ganti Motor Fan Radiator Hyundai Atoz

23 Nov 2014,
Setelah mencari info di beberapa forum, akhirnya saya melaksanakan hipotesa pertama mengapa Atoz saya ketika macet parah disiang hari dalam keadaan AC menyala temperatur hampir menunjukkan setengah. Saat AC dimatikan indikator temperatur turun tapi masih di atas 1/4.




Ada yang memberi info kalau menggunakan fan motor KW / Merk New Star untuk si atoz, problem diatas akan terjadi, mengingat Atoz saya memang menggunakan fan motor New Star (250-300rb) saya pun mencari toko yang menjual motor fan orisinil Atoz. Ada yang bilang merknya KAMCO, ternyata merknya adalah HVCC (Halla Visteon Climate Control Corp) dan tulisan kuning KAMCO ada terdapat di bagian belakang motor fan tersebut dilengkapi dengan statement licensed by BOSCH wah makin yakin nih kalo motor fan ini bakal mengobati penyakit si ATTOZ.

Lanjut mencari toko yang menjual, beberapa toko di fatmawati jaksel saya tanya bisa pesan Fan Motor Orisinil Hyundai dengan harga 1,1juta, wah sama aja dengan di dealer resmi hyundai 1,15jt, berat juga kalo beli dengan harga itu.

Setelah search google dengan keyword Fan Motor Atoz KAMCO, keluar toko optimus auto part, di web nya harga tertulis klik disini, wahh sudah hampir setengah harga nih penghematannya.

Singkat cerita karena penasaran sama tokonya hari sabtu kemarin 22/11/14 saya langsung menyambangi toko yang bersangkutan di atrium senen lantai 5, alamat lebih lengkapnya silahkan googling sendiri atau buka web nya. Ternyata harga beli langsung ada potongan dari harga yang di tulis di web, wihh syukur dah, makin hemat.

Hari minggu sore sempat juga bongkar - bongkar sendiri fan motor, dulu juga pernah ganti sendiri, jadi masih cukup pede buat bongkar.

Sebelum bongkar saya bandingkan dulu fan motor asli dan kw, wah memang jelas sekali perbedaannya



Alat yang diperlukan
1. Kunci Pas Ring 10 (kunci ratchet 10) kalo ada cukup membantu
2. Tang ukuran sedang
3. Obeng kembang sedang
4. Obeng min
5. Sealant untuk hose




Ada 4 baut ukuran 10 dibagian dudukan motor fan (lingkar merah digambar bawah),  2 baut bagian atas cukup gampang, untuk 2 baut dibagian bawah agak sulit apalagi yang bagian kanan, untuk mempermudah bisa dengan cara mendongkrak mobil bagian kanan, agar saat "ngolong" lebih leluasa.



Lanjut membuka selang hose radiator bagian atas menggunakan tang untuk menekan klip penjepit, letakan agak mendongak keatas agar air radiator tidak terbuang terlalu banyak.



Selanjutnya buka klip fan motor dengan obeng min. Setelah terbuka buka 3 baut kembang(lingkar biru gambar diatas) yang mengait motor fan ke dudukannya.



Setelah itu pasang fan motor dengan urutan terbalik dari saat membongkar.

Semoga masalah overheat alias temperatur indikator diatas setengah mobil bisa teratasi dengan penggantian fan motor yang asli. Kalau hal tersebut tidak juga menjadi solusi, maka ada kemungkinan bagian lain yang rusak yaitu;

1. Radiator mulai mampet (Daya pendinginan kurang)
Biasanya radiator mulai mampet karena umur dan juga ditambah ketidak tahuan pengguna mobil bahwa mengisi atau menambah air radiator harus menggunakan demin (demineralized) water yaitu air yang sudah di hilangkan kandungan mineralnya. Kenapa? karena mineral dalam air akan mengendap akibat perubahan temperatur ekstrim yang terjadi di dalam radiator. Demineralized water biasanya juga digunakan untuk air penambah aki (distilled water) tapi jangan sampai tertukar dengan accu zuur (ini bersifat asam) bisa langsung wassalam semua metal yang terdapat di dalam radiator.
Harusnya indikator temperatur cenderung selalu naik dalam kondisi apapun.
2. Water Pump Rusak (impeller atau sudu pompa nya keropos & habis).
Posisi dari water pump biasanya dibawah timing belt, proses pengecekan & penggantian lumayan ribet, menurut saya memang harus ke bengkel, karena ada beberapa seal - seal yang harus diganti ketika dibongkar.

3. Thermostat Macet (katup satu arah)
Thermostat macet karena umur dan timbunan deposit, akibatnya thermostat tidak membuka dan mesin tidak mendapat aliran air yang sudah didinginkan oleh radiator.

4. Terjadi kebocoran di sambungan hose air radiator atau radiatornya sendiri, dengan indikasi air radiator secara konstan berkurang

5. Tutup radiator yang sudah rusak

Semoga bermanfaat.

Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. gan gmn hasilnya setelah pake kemco motor fannya? mobil saya jg sma kyk gtu

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada perbaikan gan, tapi kalau macet parah tetap panas juga, kayaknya radiator juga sudah banyak tersumbat, harus ganti, saya liat radiator atos ini tipis2, ga bisa di service kayaknya

      Hapus
  3. oke gan terima kasih infonya saya coba dulu ganti motor fannya dulu saja soalnulya pake kw jg hehe

    BalasHapus
  4. 1 lg gan barang dari optimus autopart ori kemco kan itu ya gan? sama trusted? mau coba pesen online soalnya saya di bandung makasih gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. gan, yang aman via bukalapak aja, si optimus autopart juga ada lapaknya saya cek ni link buat motor fan nya https://www.bukalapak.com/p/mobil-part-dan-aksesoris/mesin-mobil/radiator/17tf2c-jual-motor-fan-radiator-atoz-visto-merk-hcc?from=product_owner&product_owner=normal_seller

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pompa Air Booster Shimizu PS 135 E Otomatis Bermasalah & Cara Menangulangi nya

Pengunaan pompa air untuk Booster sering kali digunakan untuk rumah bertingkat. Biasanya pompa booster bekerja otomatis, bisa menggunakan pressure switch atau flow switch. Penggunaan pressure switch lebih banyak, karena lebih murah dan kebanyakan sudah merupakan fitur standar dari manufaktur pompa. Kali ini saya akan membagi pengalaman menggunakan Pompa Booster Shimizu PS-135 E menggunakan pressure switch. Pembelian pompa 11 April 2015 sudah cukup berumur 4tahun usianya. Problem yang biasa terjadi untuk pompa booster tipe pressure switch. 1. Pompa On-Off dengan jeda sangat pendek ketika keran di buka 1/4 atau setengah, bahasa lainnya cetak cetek, cetek cetek 2. Pompa On terus tidak pernah mati 3. Pompa tidak mau menyala Kita bahas satu persatu

Substitusi Tutup Arm Supertrack RX-King dengan Vixion

RX King 2001 pakai swing arm supertrack, saat jalan, tutup arm sebelah kiri lepas, karena getaran dan baut (sialnya hanya satu) lambat laun mengendur. Sial nya lagi saat itu saya tidak sadar, jadi hilang lah tutup arm sebelah kiri. Kesalahan saya yang lain adalah, lupa memasang baut double di setelan rantai RX King Supertrack saya, harusnya jika double, baut tidak akan mudah terputar. Saya coba cari apakah ada yang jual tutup arm persis atau produk sparepart supertrack, ternyata sangat sulit, yang tersedia hanya penjualan satu set swing arm, masa iya, hilang tutup arm saja, saya harus beli satu set. Setelah cari-cari dan membandingkan ternyata dimensi tutup arm supertrack RX king hampir sama dengan tutup arm Yamaha New Vixion kode part 1PA-F2174-00. Tes pasang, pas. Bagi teman-teman pengguna RX-King, jika mengalami hal yang sama, bisa jadi opsi, ganti ke tutup New Vixion. Seperti gambar dibawah, perbandingan dimensi tutup arm supertrack dan tutup arm Yamaha  New   ...

[JUAL] KYT Alpha Venom Special Edition Doni Tata Pradita #7

28-Feb-2018 Helm yang saya beli dari tahun 2014, cukup awet, dulu dipakai harian dari Fatmawati ke daerah Megakuningan. Tahun itu pilihan helm lokal tidak terlalu banyak, dan KYT Alpha Venom ini salah satu pioner double visor. Kenapa saya memilih double visor, karena terkadang saat pulang kerja ada beberapa jalan yang benar-benar menghadap ke barat, dimana matahari terbenam. Sila

Catatan Noob Dad : Denver II Test Perkembangan Kemampuan Motorik, Bahasa, Sosial

Kalau Denver II ini guidance ilmiah, di umur berapa kita expect anak kita melakukan apa. Ya selaen kata orang tua, ini dia guidance nya, dan ga perlu di banding-bandingkan dengan anak tetangga. Karena test ini pun ada persentase nya.

DIY [Do It Yourself] Perbaikan Kisi - kisi Blower AC Mobil Soluna yang patah

Mau share sedikit ilmu yang didapat dari browsing - browsing di internet, Cara hemat dan murah memperbaiki kisi - kisi AC mobil Soluna atau mobil lain yang tipe nya sama / mirip (keluaran tahun 2000 an). Biasanya kisi - kisi jenis ini problemnya adalah sudu - sudu pengarah arah anginnya sudah tidak bisa di perintah bergerak kiri atau kekanan, dan problemnya karena batang penyatu semua sudu - sudu getas dan patah.