Langsung ke konten utama

Toyota Soluna Water Pump ByPass Hose Bocor

Rabu, 18 Juli 2018

Rutin cuci mobil sendiri sambil perhatikan keadaan komponen di bawah kap. Sudah jadi kebiasaan cek-cek jumlah cairan dan lubrikasi, item nya biasanya;
1. Cek ketinggian oli power steering
2. Cek ketinggian minyak rem
3. Cek kondisi oli mesin dari dipstick
4. Cek kondisi oli transmisi matic dari dipstick
5. Cek ketinggian coolant di tabung reservoir
6. Cek ketinggian coolant di dalam radiator

Sebenarnya simple dan tidak sulit, cuma terkadang kita alfa atau malas saja. Padahal manfaat nya besar, bisa menghindarkan kita dari keluar uang sampai jutaan rupiah. Apalagi kalau sampai mogok di jalan karena overheat(radiator kering/oli kurang/oli jelek). 

Apalagi kalau mobil matic, tidak bisa ditarik, harus digendong, gendong mobil itu dari pengalaman saya tarifnya diatas 700k T_T area jabodetabek dan bertambah tergantung jarak.

----------------------------------------
Si Soluna yang udah mulai remaja (umurnya udah menginjak 18 tahun), saat pengecekan coolant di tabung plastik reservoir berkurang dibawah low, saya tambah saja.

Keesokan hari nya saya cek lagi, reservoir plastik ketinggian air berkurang lagi cukup banyak sekitar 3jari, cuma dalam sehari dan perjalanan total hari itu cuma 20km sekitar 1jam.

Hari ketiga, saya baru ngeh, di carport atau garasi, memang normalnya selalu ada bekas tetesan air, biasanya di posisi dekat ban kiri, ini tetesan AC. Tapi si luna ada dua posisi tetesan air, di dekat ban kiri dan ban kanan.

Cukup was-was mengingat posisi di kanan adalah posisi waterpump. Wah ini harusnya berhubungan dengan berkurangnya ketinggian coolant di tabung plastik reservoir. Tetap berangkat kerja saja, karena coolant sudah saya tambah. Sore hari sepulang bekerja, mobil diparkirkan dan matikan mesin, saya cek lagi coolant di reservoir berkurang lagi, iseng saja coba melongok di area dekat waterpump, pakai lampu dari handphone.

Wahh ternyata selang karet sudah retak dan mulai ada tetesan coolant dari area ini seperti gambar dibawah.






Hasil baca-baca grup facebook Toyota Soluna, khususnya tulisan dari ahli om Paul. Bypass Hose atau selang karet bypass ini bisa pakai selang radiator saja, nanti tinggal di potong sesuai kebutuhan (sekitar 8-9cm). Desain selang radiator ini normalnya ada serat benang yang berfungsi semacam penguat struktur karetnya, dibandingkan dengan selang bypass asli nya yang cuma karet saja, tidak ada serat benangnya. Logika nya sih benar, jadi lebih tahan. Disamping itu lebih gampang dapat nya di toko sparepart.

Berangkat cari sparepart, biasanya yang jadi langganan di area ciputat adalah Harapan Motor
Jl, Aria Putra No.7, Serua Indah, Ciputat, Tangsel




Dapat selang radiator, awalnya saya diberi yang kecil (hose radiator atas), untung bisa tukar, hose yang benar seperti dibawah, 3-5mm lebih kecil diameter luarnya dibandingkan dengan hose bypass water pump bawaan, tapi diameter dalamnya cukup.

Di sebelahnya sekitar 20meter ada bengkel mobil APM, yang depannya ada cucian mobil, jadi sekalian aja, bengkel ini sepertinya banyak jadi langganan mobil great corolla, saya liat dari sticker-sticker klub yang tertempel di kaca pintunya.

Awalnya karena lokasi sempit mekanik estimasi harus buka waterpump, okelah, saya juga tidak buru-buru, tapi setelah di cek lagi, ternyata tidak perlu, karena bisa buka koneksi antara blok mesin dan hose, cukup lama juga proses lepasnya. Proses lepasnya dan pasang bisa dilakukan semua dari atas saja, jadi tidak perlu ke kolong. Tapi kembali lagi ke tools atau peralatan yang tersedia.


Gambar diatas, selang radiator masih belum di potong, sisanya bisa jadi spare.


Kondisi koneksi antara water pump dan blok mesin.


Kondisi hose/selang karet berumur 18tahun, awet juga.


Iseng foto tutup radiator Soluna, mobil saya kebutulan transmisi automatic, jadi tutup radiatornya 1.1bar atau 108kPa. Kalau soluna manual 0.9bar atau 88kPa. Hasil baca grup FB Toyota Soluna. https://www.facebook.com/groups/toyotasoluna/

Kalau luna sedang bermasalah, grup FB ini salah satu rujukan saya, sebelum melempar pertanyaan yang sama dan berulang, saya biasanya melakukan "search this group" atau "cari di grup ini" untuk kasus saya kata kunci yang saya gunakan "air radiator kurang" jangan lupa klik all post/semua kiriman, saya baca saja satu-satu pengalaman serupa dengan saya, asli banyak ilmu bermanfaatnya.





Selesai terpasang rapih kembali seperti foto diatas. Kebetulan saya juga bawa cadangan satu jerigen coolant 5liter. Coolant yang tumpah sekitar tigaperempat jerigen atau 3.5-4liter. Selesai di isi lagi. Pekerjaan semua selesai, lama pengerjaan sekitar 3jam, biaya total dibawah 250k.
------------------------------------- Hari ini 20-Juli-2018, saya cek reservoir berkurang sekitar setengah jari sudah saya tambah lagi. Kemungkinan karena sirkulasi saja. Besok akan di cek lagi apakah masih ada pengurangan, jika iya berarti ada kebocoran ditempat lain.
Untuk kondisi hose di area water pump sekarang semua kering, tidak ada tetesan coolant lagi. 
-----------
24-Juli-2018
Ketinggian Cairan coolant tidak berkurang, berarti selesai sudah perbaikan nya, tidak ada kebocoran di tempat lain.


Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Macam-macam ukuran ban sepeda 2024 reference Schwalbe

16 April 2024 Drop Bar & Hybrid Ban 700C RB Gravel Komuter Ban nya roadbike , tapi sepeda komuter dan sepeda gravel juga Pada umumnya ban 700c yang tipis dan slick (tanpa pola) bagus untuk kecepatan di jalan yang mulus. Ukuran 23mm, 25mm , 32mm biasa terpakai di roadbike, saya sendiri menggunakan 28mm karena jalanan Indonesia tidak terlalu mulus, dari pengalaman jarang bocor karena ban lebih tebal daripada 23mm (pure roadbike).  

Tujuan Manusia diciptakan adalah untuk beribadah kepada Allah dan mengharapkan Ridho Allah semata

7 Apr 2025 Pernah ada fasa memikirkan apa guna nya hidup di umur kepala 2x, kalau dulu s.d masa kuliah masih no clue, ya banyak impian apalagi hasil tontonan film 90an s.d 2000, hidup menarik sekali, jadi superhero, jadi kaya, bisa beli mainan apa saja. Banyak kegiatan menantang yg bisa di coba, tiap hari bangun punya drive baru untuk dilakukan, punya target baru yg harus dikejar. Semakin tua banyak impian yg bisa, tidak bisa dan ada yg mustahil dicapai, apalagi dari kecil terbiasa result driven, kalau nda dapat apa2 buat apa berusaha. Sulit sekali nanti hanya utk sekedar bangun tidur hari itu saja sudah tidak ada drive apa2 lagi. Nanti ada masa nya, semua drive atau tujuan dunia tidak memenuhi dahaga lagi, disini lah peran agama, ya yg idealnya harus di pupuk sedari kecil, tapi tidak ada kata terlambat, kapan pun kita mulai mendekat ke agama itu memang waktu yg terbaik dan memang Allah yg memberikan hidayahnya. Sekarang ambisi dan agresifitas sudah berkurang di diri saya, kondisi seka...

Tahap 2 of 2 Submit Dokumen Bikin Akte Lahir dan KK update , Disdukcapil Tangerang Selatan, Tanpa Perlu RT RW Kelurahan Kecamatan

22 Januari 2019 Lanjutan dari post  http://www.27augusta.com/2019/01/tahap-1-of-2-bikin-akte-lahir-anak.html Datang ke disdukcapil Tangerang Selatan, keluar tol BSD, perempatan giant, belok kiri, kiri lagi. Jam 9.00 saya sampai, antrian untuk ngambil nomor antrian panjang ada sekitar 10orang. Modal daftar online tulisannya antrian nomor-4, tidak berlaku, sesuai kedatangan dan ambil nomor antrian lagi. Tanya ke meja informasi LUAR di kiri harus antri ambil nomor antrian walaupun pendaftaran online, kayaknya karena sudah banyak yang tahu dan pakai fasilitas online ini. Okelah Tibalah saya dapat nomor antrian, bilang akte lahir daftar online , dapat nomor antrian B018 Loket 2, antrian yang belum di panggil 15 lagi, berarti baru berjalan antrian B003. Waduh  LESSON LEARNED 1. Datang lebih pagi lagi kalau tidak mau antri lama, jam 7.30 sudah di lokasi Masuk kedalam, ke arah kiri, saya duduk menunggu di depan area loket 2. Jam 10.30 Akhirnya antrian B018 dipa...

Share : Perbaikan Kaki - kaki Toyota Soluna September 2014

3 September 2014 Setelah ga nyaman dengar suara gluduk-gluduk dari bagian roda kiri dan kanan si luna, akhirnya menyempatkan juga buat jajan part kaki - kaki.  Kebetulan sebelumnya setelah servis 140.000km di Auto2000 cilandak, di kasih masukan oleh technical advisor Pak Oleh kalo balljoint getas & shockbreaker sudah lemah juga boot drive shaft kanan robek. Terimakasih juga sudah di kasih list sparepart yang mesti di ganti, berhubung di auto2000 ga ready stock, jadi beli sendiri aja, disamping itu kalo beli sendiri ada selisih harga. Setelah dapet referensi dan search - search di google, diputuskan untuk beli sparepart nya di Alam Motor Duta Mas ITC Fatmawati Jakarta Selatan, sebelum kesana telpon dulu ke Pak Sugeng di 02172793719 buat estimasi harga dan biar partnya di siapin. Oh iya biar ga bingung, posisi alam motor itu gampang banget, di bagian terluar dari toko - toko onderdil.

Wifi GoPro Hero 4 5 6 7 Tidak Menyala

Paling sering di tanyain, wifi saya ga mau nyala, LED biru(hero4) ga idup dll dll. Kadang pas kita simpan GoPro, dengan keadaan batre terlepas, wifi identification didalam GoPro itu terhapus, karena batre CMOS di mainboard GoPro sudah habis atau ada error minor di hape atau gopro nya. Sama hal nya dengan Wifi yang coba di on, eh tau tau balik off sendiri (ini karena wifi tidak ada identitas maka dia tidak mau di hidupkan sebelum di pairing lagi, ga usah panik, biasa ajaa hehehe. Solusinya simple; Hidupkan GoPro, masuk ke setup (gambar gear) Reset Camera Reset Wifi Di smartphone (forget smua hasil wifi pairing gopro), khusus utk Iphone, forget juga pairing bluetooth dengan gopro. Selanjutnya; Masuk Ke setup - wifi, Pair, to gopro app Lakukan proses Pairing seperti biasa Masukkan Pin Code yang tertera di LCD depan atau LCD belakang Pair Accepted Kasih nama baru dan password baru Selesai  Error lagi? ulangi aja cara di atas sampai bosan hehehe Khusus untu...