Langsung ke konten utama

ECU OBD interface test Toyota Etios Valco 2015 & Toyota Soluna Matic 2000 [DIY]

12 April 2016

Iseng coba interface OBD-II (2 dua) scanner yang di lengkapi dengan bluetooth, awal mula saya test ke Toyota Soluna Matic Tahun 2000.

Posisi Colokan Diagnose Toyota Soluna ada di bawah kap mesin didekat aki, ada semacam cover bertuliskan diagnose. Setelah dibuka ada pin OBD dengan jumlah 17, sayangnya OBD-II scanner yang saya punya cuma memiliki 16 pin. Okay setelah browsing cari - cari info, dikatakan bahwa untuk Toyota keluaran lama memang seperti itu jadi harus beli adaptor 17pin to 16pin. Fiuhhh



17 pin OBD 2 Interface Toyota Soluna



Sialnya setelah order adaptor saya baru mendapati dari forum - forum otomotif bahwa si Toyota Soluna ini walaupun keluaran 2000, tidak menggunakan protocol OBD-II khususnya untuk mobil-mobil yang dijual di Indonesia (semacam di downgrade kasarnya). Pesimis bisa digunakan untuk Soluna, dan benar saja, setelah adaptor 17 pin ke 16 pin di tangan dan saya coba konek, tidak ada apapun yang terjadi T_T.

Sepertinya, memang diagnose soluna ini masih agak primitif, hanya sekedar menyatakan kerusakan/error dengan cara menyalakan lampu, tapi bukan merupakan alat baca temperatur / tekanan, jadi benar benar cuma on - off saja. Contohnya, jika temperatur coolant terlalu tinggi (melewati ambang batas, lampu akan menyala, tapi tidak akan menginfokan berapa derajat celcius)


Mulai ragu jangan - jangan OBD-II scanner nya yang tidak normal....

Selanjutnya saya coba ke Toyota etios Valco 2015 punya kerabat saya, pertama kali cari-cari dulu letak soket OBD2 /OBD-II nya, karena malas mencari buku manual jadi cari sendiri. Untungnya lokasi nya mudah di temukan, yaitu di dashboard pengemudi, dibawah kolom setir






Posisi OBD 2 Soket Etios Valco


Lanjut pasang OBD-II scanner, lampunya menyala semua (karena posisi lampu ada di arah sebaliknya, saya pakai kaca untuk melihat)

Selanjutnya saya siapkan Smartphone android dengan bluetooth (Aplikasi di download dari google play);
1. Aplikasi pertama yang saya coba Dashcommand; tidak bisa synchronize bluetooth, OBD-II scanner tidak terdeteksi.
2. Alternatif aplikasi yang biasa digunakan orang kebanyakan yaitu Torque, tapi sebelumnya anda harus set sendiri gauge gauge yang ingin ditampilkan, terdapat 5-6 halaman yang bisa anda penuhi dengan gauge. Bluetooth dapat tersynchron dengan Aplikasi torque dan hampir semua gauge berfungsi, gauge kompatibel bergantung pada kelengkapan komunikasi ECU sendiri, jadi kita tidak bisa memaksakan semua gauge harus berfungsi, harus kembali lagi ke kemampuan ECU dan OBD-II communication nya.

Dibawah tampilan aplikasi torque, harap diketahui, semua urutan dan tata letak gauge harus disetting sendiri, tiap pengguna bisa melalukan setting yang berbeda-beda

Jika tertarik bisa juga order ke melalui saya di 
whatsapp 0-818-0900-8615 atau line:27augusta27
Harga 300rb
pengiriman dari jakarta via JNE reg









Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pompa Air Booster Shimizu PS 135 E Otomatis Bermasalah & Cara Menangulangi nya

Pengunaan pompa air untuk Booster sering kali digunakan untuk rumah bertingkat. Biasanya pompa booster bekerja otomatis, bisa menggunakan pressure switch atau flow switch. Penggunaan pressure switch lebih banyak, karena lebih murah dan kebanyakan sudah merupakan fitur standar dari manufaktur pompa. Kali ini saya akan membagi pengalaman menggunakan Pompa Booster Shimizu PS-135 E menggunakan pressure switch. Pembelian pompa 11 April 2015 sudah cukup berumur 4tahun usianya. Problem yang biasa terjadi untuk pompa booster tipe pressure switch. 1. Pompa On-Off dengan jeda sangat pendek ketika keran di buka 1/4 atau setengah, bahasa lainnya cetak cetek, cetek cetek 2. Pompa On terus tidak pernah mati 3. Pompa tidak mau menyala Kita bahas satu persatu

[JUAL] KYT Alpha Venom Special Edition Doni Tata Pradita #7

28-Feb-2018 Helm yang saya beli dari tahun 2014, cukup awet, dulu dipakai harian dari Fatmawati ke daerah Megakuningan. Tahun itu pilihan helm lokal tidak terlalu banyak, dan KYT Alpha Venom ini salah satu pioner double visor. Kenapa saya memilih double visor, karena terkadang saat pulang kerja ada beberapa jalan yang benar-benar menghadap ke barat, dimana matahari terbenam. Sila

Catatan Noob Dad : Denver II Test Perkembangan Kemampuan Motorik, Bahasa, Sosial

Kalau Denver II ini guidance ilmiah, di umur berapa kita expect anak kita melakukan apa. Ya selaen kata orang tua, ini dia guidance nya, dan ga perlu di banding-bandingkan dengan anak tetangga. Karena test ini pun ada persentase nya.

Substitusi Tutup Arm Supertrack RX-King dengan Vixion

RX King 2001 pakai swing arm supertrack, saat jalan, tutup arm sebelah kiri lepas, karena getaran dan baut (sialnya hanya satu) lambat laun mengendur. Sial nya lagi saat itu saya tidak sadar, jadi hilang lah tutup arm sebelah kiri. Kesalahan saya yang lain adalah, lupa memasang baut double di setelan rantai RX King Supertrack saya, harusnya jika double, baut tidak akan mudah terputar. Saya coba cari apakah ada yang jual tutup arm persis atau produk sparepart supertrack, ternyata sangat sulit, yang tersedia hanya penjualan satu set swing arm, masa iya, hilang tutup arm saja, saya harus beli satu set. Setelah cari-cari dan membandingkan ternyata dimensi tutup arm supertrack RX king hampir sama dengan tutup arm Yamaha New Vixion kode part 1PA-F2174-00. Tes pasang, pas. Bagi teman-teman pengguna RX-King, jika mengalami hal yang sama, bisa jadi opsi, ganti ke tutup New Vixion. Seperti gambar dibawah, perbandingan dimensi tutup arm supertrack dan tutup arm Yamaha  New   ...

Tabel Dinamo Tamiya Mini4WD STB Side Damper STO

Sedikit sharing data tabel dari motor guide tamiya Dibawah tabel tamiya single shaft alias as satu STB Pro boleh memakai tuned series tanpa boleh mengganti brush / arang Side Damper hampir sama tuned series, rev tuned, atomic atau torque tuned, boleh mengganti brush menggunakan batu karbon, terkadang ada beberapa kelas membolehkan light dash Rev tuned biasa digunakan chassis S2 dinamo belakang Torque Tuned digunakan oleh chassis Super FM dinamo depan Dinamo Dibawah adalah untuk double shaft, alias dinamo tengah hanya ada 6 pilihan dari official TAMIYA. STO menggunakan Hyper Dash atau Mach Dash, baik STO pivot atau anchor Tentunya semua dinamo di break-in dulu supaya didapat potensi RPM tertinggi dari dinamo tersebut, dan semua dinamo tidak akan sama persis, tergantung dari kualitas sampai detail terkecilnya, makanya untuk pembalap tamiya yang benar-benar pro, biasanya tiap event akan beli langsung 2 lusin dinamo, alias 24 dinamo, dan di breakin, dan biasanya hanya sekitar 30% yang bisa...