Langsung ke konten utama

Soluna Matic Tiba - Tiba tidak bisa distarter

13-Juni-17

Pagi hari setelah isi bensin, saya coba start soluna matic saya, wahh ga ada tanda tanda sama sekali.
Minta tolong petugas SPBU untuk dorong kepinggir.

Saya ingat-ingat apakah karena aki yang sudah berumur. Tapi di bodi aki, tahun 2016 yang ditulis penjual aki dengan spidol.

Setelah menunggu sekitar 15 menit, seperti yang disarankan petugas keamanan security "panas aja pak, tar juga bisa lagi".
Benar saja, saat kunci kontar di putar langsung bisa starter. Hah?wah aneh sekali.


Sampai dirumah saya cek kondisi aki, menggunakan Voltmeter saya ukur tegangan aki menunjukkan angka 13.8Volt, dan cenderung turun, kalau diatas 12Volt harusnya bagus, saya start mobil, angka naik ke 14Volt. Saya matikan mobil dan diamkan, Voltase aki turun dan stabil di angka 12.4Volt. kesimpulan Aki masih sangat baik.

Googling, cari-cari info, saya pun punya hipotesa kalau arang atau carbon brush di Motor starter sudah habis, mengingat mobil sudah berumur lebih dari 16 tahun, sangat memungkinkan.

Saya bawa saja ke tukang service dinamo start dan aki. Mobil di bongkar, montir menyatakan betul Arang mulai tipis. Diganti baru. 



Saya sekalian tanya apa solenoid switch harus ganti juga atau tidak, ya biar sekalian. Montir menyerahkan ke saya untuk keputusannya. Saya cari-cari sparepart di Pasar Onderdil BTC Bintaro, dapat yang KW, yang asli tidak tetrsedia, merknya ANZ part. Setengah yakin. saya coba goyang goyang bagian solenoid switch baru ini kok seperti oblak. dalam hati mungkin memang seperti itu

Dipasang.
Test Start, kok malah jadi ada bunyi tok tok tok tiap starter. Saya curiga motor starter KW ini yang bermasalah. Untuk verifikasi, pasang saja motor starter yang lama.

Benar saja, pakai solenoid switch orisinal yang lama, malah starter lancar, berdesing mulus.
Solenoid switch baru saya kembalikan saja ke tokonya. Tidak terpakai.

Prinsip kerja starter mobil
Bagian atas itu namanya solenoid switch, bagian bawah itu motor starter.
Gir yang berputar akan memutar gigi crankshaft / roda gila mobil
Arang itu bagian hitam di kiri bawah


Komentar

  1. saya beberapa kali ada gejala starter kosong seperti yang disebutkan di atas, tapi lucunya sering kejadian kalo abis isi bensin full tank. dan lucunya lagi, kalo mendadak gabisa dinyalakan, solusinya pindahin dari P ke N, voila si soluna nyala normal seperti sedia kala ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah aneh juga tu gan, kalau di posisi D sih memang starter harusnya ga bisa, karena ada interlock, tapi kalau kadang bisa kadang nggak di P, itu aneh, apa ada kabel di daerah dashbord yang terkelupas ya, tapi apa hubungannya dengan bensin full tank ya, misteri ini.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pompa Air Booster Shimizu PS 135 E Otomatis Bermasalah & Cara Menangulangi nya

Pengunaan pompa air untuk Booster sering kali digunakan untuk rumah bertingkat. Biasanya pompa booster bekerja otomatis, bisa menggunakan pressure switch atau flow switch. Penggunaan pressure switch lebih banyak, karena lebih murah dan kebanyakan sudah merupakan fitur standar dari manufaktur pompa. Kali ini saya akan membagi pengalaman menggunakan Pompa Booster Shimizu PS-135 E menggunakan pressure switch. Pembelian pompa 11 April 2015 sudah cukup berumur 4tahun usianya. Problem yang biasa terjadi untuk pompa booster tipe pressure switch. 1. Pompa On-Off dengan jeda sangat pendek ketika keran di buka 1/4 atau setengah, bahasa lainnya cetak cetek, cetek cetek 2. Pompa On terus tidak pernah mati 3. Pompa tidak mau menyala Kita bahas satu persatu

Catatan Noob Dad : Denver II Test Perkembangan Kemampuan Motorik, Bahasa, Sosial

Kalau Denver II ini guidance ilmiah, di umur berapa kita expect anak kita melakukan apa. Ya selaen kata orang tua, ini dia guidance nya, dan ga perlu di banding-bandingkan dengan anak tetangga. Karena test ini pun ada persentase nya.

Macam-macam ukuran ban sepeda 2024 reference Schwalbe

16 April 2024 Drop Bar & Hybrid Ban 700C RB Gravel Komuter Ban nya roadbike , tapi sepeda komuter dan sepeda gravel juga Pada umumnya ban 700c yang tipis dan slick (tanpa pola) bagus untuk kecepatan di jalan yang mulus. Ukuran 23mm, 25mm , 32mm biasa terpakai di roadbike, saya sendiri menggunakan 28mm karena jalanan Indonesia tidak terlalu mulus, dari pengalaman jarang bocor karena ban lebih tebal daripada 23mm (pure roadbike).  

Berapa Lama Sih Daya Tahan Rekam Baterai GoPro Hero 4 5 6 7

Berapa daya tahan batre GoPro Hero normalnya saat merekam nonstop. Disadur dari https://gopro.com/ Sangat bergantung dari setting video yang anda pakai, semakin tinggi set nya, semakin cepat batre akan habis, dan kondisi dibawah adalah ideal saat GoPro di pakai di temperatur normal 25-30 derajat Celcius. Kondisi sangat panas atau sangat dingin akan menyebabkan baterai akan lebih cepat habis Saya sendiri lebih sering menggunakan setting 1080p60, karena saya rasa masih cukup untuk kebutuhan sekarang, 1080p60 setara dengan FULL HD. Saat proses editing juga tidak terlalu berat untuk spesifikasi komputer menengah/ laptop gaming mid. HERO 7 Black 1080p60 akan bertahan record selama 85-90 menit atau sekitar 1.5jam. HERO 6 Black 1080p60 akan bertahan record selama 100 menit. HERO 5 Black 1080p60 akan bertahan record selama 120 menit atau sekitar 2jam. HERO 4 Black 1080p60 akan bertahan record selama 80 menit atau sekitar 1jam 20menit. HERO 4 Silver1080p60 akan bertahan record s...

DIY [Do It Yourself] Perbaikan Kisi - kisi Blower AC Mobil Soluna yang patah

Mau share sedikit ilmu yang didapat dari browsing - browsing di internet, Cara hemat dan murah memperbaiki kisi - kisi AC mobil Soluna atau mobil lain yang tipe nya sama / mirip (keluaran tahun 2000 an). Biasanya kisi - kisi jenis ini problemnya adalah sudu - sudu pengarah arah anginnya sudah tidak bisa di perintah bergerak kiri atau kekanan, dan problemnya karena batang penyatu semua sudu - sudu getas dan patah.